Cara Memperbaiki Jaringan Hp Android Tidak Bisa Terganti Hanya Edge

 Masalah Koneksi Internet Kadang begitu memusingkan. Salah satunya adalah masalah jaringan perangkat android yang selalu Edge dan tidak bisa terganti ke mode jaringan lainnya (H, H+ 4G). Dampaknya adalah speed internet menjadi melambat karena di jaman teknologi sekaran Edge atau di simbolkan dengan E merupakan jaringan yang paling lambat jika dibandingkan jenis lainnya.

Hp Android Always EDGE
Menyangkut masalah jaringan Hp android yang hanya EDGE duduk masalah dapat dipetakan menjadi 2 hal yang pertama menyangkut koneksi jaringan yang tersediah di lokasi anda dan yang kedua adalah berasal dari pengaturan hp android anda. 

Pastikan Jaringan selain EDGE tersedia Di lokasi Anda


Pertama Pastikan bahwa Provider yang anda gunakan mendukung jaringan lain selain EDGE untuk lokasi anda saat ini. Karena bisa jadi Jaringan Edge hp anda  tidak bisa terganti disebabkan karena hanya jaringan EDGE yang ada di lokasi anda. 

Untuk mengatahui apakah lokasi anda Ada jaringa Selain EDGE anda Bisa membacanya di Link berikut :


Cara mendeteksi Sinyal provider yang ada di suatu lokasi

Pasikan Anda mengunakan Slot Sim yang support 3G/4G


Kedua, pastikan anda mengunakan Slot kartu sim yang mendukung Band 3G/4G. Karena kebanyakan smartphone dual sim hanyak dapat mengunakan jaringan 3G atau 4G di SIm 1 sementara Sim 2 nya hanya dilengkapi dengan Band 2G atau EDGE
Cara berikutnya adalah anda dapat melakukan beberapa pengaturan pada Hp Android anda. Berikut beberapa Cara untuk mengatasi Jaringan Hp Android yang selalu Edge.

Cara Pertama - Restart Jaringan.


Cara ini memang terdengar sepele dan biasa tapi beberapa pasal error pada hp di sebabkan karena terjadi kesalahan proses pada system perangkat yang dapat diatasi dengan mereboot ulang perangkat. 


Untuk merestart jaringan anda bisa memanfaatkan mode Pesawat. Cukup dengan mengakifkan mode pesawat kemudian menonaktifkannya kembali maka jaringan akan terefresh dengan sendirinya.

Cara Kedua - Setel Jenis jaringan lewat Info telpon

Caranya gunakan dial Up 

*#*#4636#*#*
Kemudian pada bagian bawah jendela info telpon pada opsi pilih jaringan yang anda sukai milih opsi jaringan lain. Untuk ini anda dapat memilih WCDMA Prepare atau LTE/WCDMA. 

Kasus yang saya pernah Alami Masalah jaringan yang tidak bisa terganti dan hanya EDGE di sebabkan karena Pada Info telpon saya mengunakan GSM Only.

Cara Ketiga - Sesuaikan APN dengan Provider

APN atau juga dikenal dengan istilah Acces Point Name berfunsi untuk mengakses jaringan dengan menyesuaikan Acces point yang berebeda tergatung provide yang anda gunakan. 

APN

Untuk mengatur APN anda bisa mengases Pengaturan > Setelan Jaringan seluler > nama Titik akses ( dalam Bhs indo). 

Kemudian ubah beberapa bagian dan sesuaikan dengan provider yang anda gunakan. Berikut APN untuk beberapa jenis Provider



Telkomsel APN: telkomsel atau internet
Username: wap
Password: wap123
3 APN: 3gprs
Username: 3gprs
Password : 3gprs
xL APN: www.xlgprs.net
Username: xlgprs
Password: proxl
Indosat APN: indosatgprs
Username: indosat
Password: indosat
SmartFren APN: #999
Dial number: #777
User name: M8
Password: M8


Beberapa cara tesebut dapat anda coba. Namun beberapa masalah khusus mungkin menjadi biang masalah jaringan selalu EDGE. Untuk itu jangan sungkan untuk bertanya via kometar di blog ini.

Sekian dan terimah kasih semoga bisa mengatasi masalah anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon