Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
A. KOMPETENSI INTI
KI .1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI .2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI .3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI .4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Bertambahnya keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteistik benda titik dan benda tegar, fluida, gas dan gejala gelombang.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.2 Mengevaluasi pemikiran dirinya terhadap keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton.
4.2 Menyajikan data dan informasi tentang satelit buatan yang mengorbit bumi dan permasalahan yang ditimbulkannya.
Indikator :
1.1.1 Siswa memperlihatkan kekaguman dengan mengucapkan rasa syukur dengan adanya pengetahuan yang siswa peroleh.
2.2.1 Siswa memperlihatkan rasa ingin tahu dengan mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran.
2.2.2 Dengan cermat, siswa mengamati lembar kegiatan peserta didik
2.2.3 Siswa menunjukkan sikap proaktif selama kegiatan diskusi.
3.2.1 Menjelaskan keteraturan gerak planet dalam sistem tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton.
4.2.1 Siswa mempresentasikan hasil kegiatan diskusi.
4.2.2 Siswa menanggapi kegiatan presentasi.
4.2.3 Siswa bertanya dalam kegiatan presentasi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui LKPD, siswa mampu menjelaskan hukum-hukum Keppler. (C3)
2. Melalui studi pustaka, siswa mampu menjelaskan penyebab terjadinya keseimbangan gerak planet dalam sistem tata surya berdasarkan hukum Keppler dan hukum gravitasi Newton. (C3)
3. Melalui LKPD, siswa dapat menentukan konsep Gaya gravitasi dua buah benda berdasarkan hukum gravitasi universal Newton. (C4)
D. MATERI
Hukum Newton tentang Gravitasi
Hukum Keppler
1. Hukum I Kepler
...
UNTUK SELENGKAPNYA SILAHKAN DONWLOAD DI LINK DIBAWAH :
EmoticonEmoticon