Sebuah Korelasi Antara Terkonologi dan Desain

Desain dan Tekno

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang membuat Anda tertarik dengan iPad baru, smartphone baru, atau gadget modern lainnya? Apakah itu karena teknologinya yang menarik atau kesederhanaan desainnya? Desain telah menjadi alat komunikasi yang penting dan sulit untuk mencitrakan teknologi tanpa adanya desain tampilan yang menarik. Saya ingin melihat garis waktu sejarah untuk menentukan korelasi antara teknologi dan desain dan dampaknya satu sama lain. Saya menggunakan garis waktu sejarah seni untuk membandingkan evolusi kedua bidang.

1750-1850 Revolusi Industri dan Romantisisme.

 Interaksi pertama yang menonjol antara teknologi dan desain (seni pada waktu itu) dimulai dengan Revolusi Industri. Tak perlu dikatakan, Revolusi Industri adalah titik awal dalam pengembangan teknologi modern dan telah mengubah kondisi sosial, ekonomi dan budaya zaman.

Desain ada sebagian besar dalam bentuk seni pada waktu itu dan berada dalam transisi dari gerakan Barok (1600-1750) ke Neoklasikisme (1750-1850) dan kemudian - Romantisisme (1780-1850). Sementara Neoklasikisme diilhami dari seni dan budaya "klasik" Yunani Kuno dan Roma, Romantisisme sudah merupakan reaksi terhadap Revolusi Industri dengan pertumbuhan penduduknya, dan urban sprawl. Romantisisme menggambarkan pencapaian individualis dan seniman yang heroik, yang contoh-contoh perintisnya akan mengangkat masyarakat.

Sorotan periode:

1765 Mesin Uap.
1783 Balon udara panas pertama.
1796 Proses pencetakan litograf.
1816 Pertama negatif foto.
1835 Foto pertama.
1843 Mesin Ketik diciptakan.
1847 Mesin cetak rotary.
1850-1900 Revolusi Industri Kedua dan Realisme.

Bagian kedua dari Revolusi Industri juga dikenal sebagai zaman elektromekanis. Kemajuan teknologi dan ekonomi mengarah pada pengembangan kapal bertenaga uap, kereta api, pembangkit tenaga listrik, dan banyak lagi.

Seni visual periode itu tentang kebenaran dan ketepatan dan disebut Realisme. Banyak lukisan menggambarkan orang-orang di tempat kerja, menekankan perubahan yang dibawa oleh Revolusi Industri. Kemajuan dalam fotografi, dibuat melalui abad ke-19, membawa popularitas Realisme ke tingkat berikutnya, menciptakan keinginan bagi orang-orang untuk mencerminkan realitas sehari-hari. Seni selama paruh kedua abad ke-19 disebut Impresionisme dan menekankan penggambaran cahaya yang akurat yang bisa dipengaruhi oleh penemuan fotografi.

Sorotan periode:
1867 Dynamite.
1876 ​​Telepon.
1879 Bola lampu listrik.
1892 Mesin diesel.
1894 Gelombang radio.
1880-1914 Art Nouveau.

Pada akhir abad ke-19, produksi seni buatan mesin meningkat. Perangkat pertama yang dapat dengan mudah dan cepat menetapkan garis tipe lengkap untuk digunakan dalam mesin cetak - mesin Linotype (1886) - merevolusi seni mencetak. Penemuan ini meningkatkan permintaan dalam tipografi dan menghasilkan desain Akzidenz Grotesk (1898) - jenis huruf sans serif pertama yang digunakan secara luas.

1898 yang sama adalah tahun dari film komersial pertama. Segera diikuti oleh banyak orang lain, memprakarsai bentuk seni visual baru yang terpisah - Gambar bergerak.

Periode ini sangat penting dalam sejarah desain karena bercabang dari seni, membuat jalan ke semua jenis desain komersial. Gerakan yang disebut Art Nouveau memprakarsai desain grafis dan iklan dan pada tahun 1909 majalah telah menjadi saluran iklan utama. Seni terus berkembang dari satu gerakan ke gerakan lain - dari Post-Impresionisme, Ekspresionisme ke Kubisme dan lainnya.

Sorotan periode:

Mesin 1886 Linotype (pengaturan huruf).
1892 Generator arus bolak-balik.
1900 Kamera yang dipasarkan secara massal pertama - Brownie.
Pesawat bertenaga 1903.
1907 Fotografi warna dan helikopter.
1908 Produksi massal pertama mobil Ford Model T.
1910-1930 Art Deco.

Pertumbuhan industri desain grafis profesional telah tumbuh seiring dengan meningkatnya konsumerisme. Sementara teknologi terus meningkatkan dan memonetisasi penemuannya, desain berkembang menjadi alat komunikasi. Art Deco adalah gaya desain hias berdasarkan bentuk geometris yang terinspirasi oleh teknologi seperti penerbangan, radio, pencahayaan listrik, dan lainnya. Simetri liniernya merupakan langkah berbeda menuju kesederhanaan dari kurva organik asimetris yang mengalir dari gaya pendahulunya Art Nouveau. Desain Art Deco cocok untuk dibaca dari mobil yang melaju kencang.

Pada tahun 1919 model pertama sekolah seni modern didirikan di Jerman - Bauhaus. Sekolah ini memiliki pengaruh besar dalam seni, arsitektur, tipografi, dan semua bentuk desain, yang pada akhirnya menyediakan kerangka kerja untuk desain modern.

Sorotan periode:
1919 Layanan udara pertama dan mesin tik listrik pertama.
1920-an Siaran nirkabel reguler untuk hiburan.
1923 Televisi Elektronik dan film suara pertama.
1930-1945 Modernisme.


Teknologi Revolusi Industri menemukan jalannya ke dalam kehidupan sehari-hari orang-orang biasa. Listrik, telepon, radio, mobil menciptakan perubahan sosial yang paling terlihat pada periode itu. Kebutuhan untuk belajar, bekerja, dan hidup dengan tuntutan teknologi

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon