Cara Mangatasi Stuck 99% Pada Emulator ( Koplayer, Memu, Nox)

Stuck 99 %

Masalah yang sering dialami user ketika mengunakan emulator misalnya nox adalah Stuck 99%. Stuck 99 % yang dimaksud adalah loading emulator terhenti di status 99 %. Tak cuma nox beberapa emulator yang lain seperti koplayer dan memu juga tidak terhindar dari masalah ini. Nah untuk itu pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara mengatasi stuck 99 % pada emulator.

Emulator sendiri seperti yang kita ketahui bersama adalah sofware yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi misalnya game dengan base platform berbeda di perangkat komputer (laptop dan pc) berbasis windows. Saya pribadi sampai saat ini menggunakan emulator untuk memainkan game base android di perangkat komputer, alasanya karena pc anti lowbat.

Baca juga : Alat Pendukung Bermain mobile lagend yang anda harus miliki

Masuk ke fokus pembahasan kita tentang bagaimana caranya mengatasi emulator (koplayer, Memu, nox) yang terhenti di status 99 %. Untuk ini sebelum anda mengistall jenis emulator tertentu di perangkat anda sebaiknya anda mengecek spesifikasi perangkat anda dan sesuaikan dengan minimal requit specs pada emulator. 


    Install emulator yang sesuai


    Ada 3 jenis emulator yang cukup populer dikalangan pengguna windows sistem yaitu :
    1. Nox
    2. Memu
    3. koplayer
    Ketiga jenis emulator mempunyai minimum spesifikasi yang berbeda-beda. Stuc 99 % sebagian besar disebabkan karena spesifikasi minimum emulator tidak disanggupi perangkat anda. Jadi salah satu cara atau langkah mengtasi Stuc 99 % pada emulator ini adalah dengan mengistal emulator yang sesuai dengan perangkat komputer anda. Berikut spesifikasi minimun pc untuk menjalankan emulator.


    Jenis Emulator Spesfikisi Minimum
    Nox OS (Windows XP SP3 / Windows 7 / Windows 8 / 8.1 / Windows 10).
    Prosessor Intel / AMD Dual Core dan sudah support Virtualisasi.
    RAM 2 GB ( Direkomendasikan lebih dari 2 GB ).
    Directx : 9.0c.
    Memu OS (Windows XP SP3 / 7 / 8.1 / 10)
    Prosesor Intel / AMD.
    RAM 2 GB.
    Ruang Kosong Hardisk 5 GB.
    Koplayer Minimum RAM 512mb.
    Setidaknya menyediakan ruang hard disk 3GB untuk menginstal KOPLAYER, dan terkadang mungkin perlu 8GB atau lebih.
    OS (Windows XP SP3 / 7 / 8.1 / 10)
    Kartu Grafis mendukung OpenGL 2.0.
    Prosesor Intel / AMD.

    Dalam sejumlah kasus di dapatkan emulator tetap saja mengalami stuck meskipun spesifikasi minimumnya telah terpenuhi. Beberapa cara yang bisa anda coba untuk mangatasi hal ini adalah sebagai berikut :


    Baca juga : Tabel Spesifikasi dan harga Asus Zenfone Ares terupdate

    Reinstall Emulator

    Tekadang Proses isntall emulator tidak sempurna dan beberapa registry tidak terpasang dan menyebabkan perangkat tidak sycs secara sempurna. Untuk itu anda bisa mencoba menginstall ulang emulator anda.

    Gunakan troubleshooter pada Emulator

    Untuk ini anda dapat mengaksesnya dengan mengklik kanan pada icon emulator anda kemudian pilih propeties. Selajutnya pada jendela propeties pilih tab Compatibility kemudian pilih Run Compatibility troubleshooter.

    fix Stuck 99 dengan run compatibility
    Tunggu sampai proses getting issues selesai. Selanjutnya pilih Try recommended Setting .

    troubleShooter

    Kemdudian pilih test program. tunggu sampai proses 100 %. Seharusnya dengan cara ini stuck 99% pada emulator anda akan teratasi.
    Anda bisa mencoba beberapa opsi diatas untuk mengatasi masalah stuck 99% pada emulator anda. Cara tersebut dapat di coba pada semua jenis emulator. sebagai opsi tambahan anda juga bisa mengunakan windows repair google untuk mendeteksi masalah terkai stuck 99 % ini. Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk anda.



    Artikel Terkait

    1 komentar

    Bang, kalau iffline tetep bisa nggak?


    EmoticonEmoticon