Cara Menguragi Ukuran File PDF berkas CPNS dengan Aplikasi Nitro

Bagaimana cara Mengurangi atau mengecilkan ukuran data suatu dokumen berformat PDF terkadang merupakan suatu informasi yang dibutuhkan sejumlah orang. Terutama bagi mereka yang hendak mengupload berkas misalnya untuk persyaratan pendaftaran CPNS dan sejenisnya. 

Kebanyakan perusahaan atau instansi pemerintah membatasi ukuran data pdf yang bisa diupload. Hal ini tentu saja bermasalah jika ternyata ukuran file PDF berkas anda  lebih besar dari standar pdf yang dipersyaratkan. 

Terus bagaimana caranya ? yang perlu dilakukan adalah fokus ke solusi. 

Salah satu cara yang bisa anda gunakan dan mudah adalah dengan memanfaatkan fitur dari sofware Bernama Nitro PDF. Sofware ini berbasis windows yang dapat anda jalankan di laptop ataupun komputer. 


Nitro PDF adalah software serbaguna bukan hanya sebagai PDF reader tetapi sangat berguna untuk pengeditan dokumen. bagi pelajar terutama mahasiswa sofware ini sanga direkomendasikan untuk anda istall di perangkat komputer anda.




Berikut cara mengecilkan File PDF dengan nitro.

Pertama, Tentu saja anda perlu mengistall software nitro pdf di perangkat anda. Jika anda sudah mengistall sebelumnya langkah pertama adalah jalankan nitro pDf tersebut.

Kedua, tekan Ctrl + O atau file fitur open pada tab file dan pilih File PDF yang ukurannya hendak anda kecilkan. 


Ketiga, Klik tab File, posisnya ada di pojok kanan atas lembar kerja. Kemudian pilih Optimize PDF. selanjutnya pilih Opsi Custom






















Nah, selajutnya anda perlu melakukan sedikit pengaturan untuk mengurangi ukuran File PDF anda.  



Untuk itu pilih Setting kemudian pada jendela berikutnya lakukan pengaturan seperti ss dibawah.

jika sudah selesai tekan ok lalu tekan optimize untuk mengkonfirmasi perubahan. Dan terakhir tunggu sampai proses reduce size selesai. Selanjutnya jangan lupa untuk mensave dokumen baru anda dan coba perhatikan perubahan sizenya.

Jika size yang anda butuhkan belum tercapai coba lakukan dengan cara yang sama hanya saja engan pengaturan setting yang lebih kecil dari pada angka ss diatas.




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon