Gerakan Indonesia Mengajar, Gaji dan Manfaat Bagi Pendidik

Gerakan Indonesia Mengajar yang kemudian di singkat menjadi GIM merupakan nama sebuah lembaga non profit dengan tujuan utama untuk merekrut para sarjana untuk bersama berbakti kepada bangsa dengan memberikan pengajaran ke pelosok sisi Tumpah dara satu, tanah air indonesia. 



Gerakan yang diprakarsai oleh gubernur DKI Jakarta saa ini telah eksis terbilang sejak 2009 lalu dan selama rentang waktu sampai saat ini telah banyak menghasilkan Alumni pendidik Indonesia Mengajar. 

Tak hanya merekrut,para calon pendidik akan diberikan sejumlah bekal berupa pelatihan skill dan keterampilan mengajar salama 7minggu sebelum pemberangkatan. Pelatihan meliputi pelatihan softskill dan hardskill yang dapat membantu pendidik ketika telah di daerah penempatan nantinya.

Sasaran Gerakan Indonesia Mengejar


Landasan dari Indonesia Mengajar ini sesuai dengan tujuan kemerdekaan yang tercantum dalam pembukaan UUD 45 yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang difokuskan pada pendidikan dasar. Jadi, target atau sasaran dari Indonesia Mengajar adalah anak-anak usia Sekolah dasar yang berada di daerah kategori rendah pendidikan. 

Daerah Sasaran Indonesia Mengajar

Hingga saat ini sudah ada lebih dari 600 lokasi target pengiriman para rekrutan indonesia mengajar yang tersebar di 17 kabupaten yang meliputi (sumber wikipedia)

  1. Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh
  2. Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau
  3. Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan
  4. Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan
  5. Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung
  6. Kabupaten Lebak, Provinsi Banten
  7. Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur
  8. Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat
  9. Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur
  10. Kabupaten Kep. Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara
  11. Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat
  12. Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah
  13. Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat
  14. Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  15. Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara
  16. Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku
  17. Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat

Manfaat Ikut Indonesia Mengajar


Banyak sekali manfaat yang akan dan bisa didapatkan dari program indonesia mengajar. Mengesampingkan manfaat untuk diri pribadi, ternyata masih banyak orang-orang yang ikut indonesia mengajar samata-mata sebagai bentuk pengabdian terhadap bangsa sebagai realisasi dari dorongan nasionalisme dan jiwa sosial. 

Beberapa Manfaat yang dapat diperoleh adalah pengalamanyang di buktikan dengan sertifikat Indonesia mengajar, Ilmu pas peletihan oleh para pendidik professional, tunjangan dan tentu saja pengalaman di daerah yang akan menjadi salah satu pengalaman indah di dalam hidup. 

Tujangan atau Gaji Pendidik Indonesia mengajar


Para rekrutmen pendidik yang dinyatakan lolos akan dikirim dan ditempatkan pada salah satu daerah penempatan. Mereka akan terikat kontrak selama 1 tahun penuh untuk mengabdi dan memberikan pengajaran kepada anak-anak usia sekolah dasar. 

Selema 1 tahun para pendidik akan diberikan tunjangan berupa gaji perbulan dengan jumlah sekitar 3 - 5 Juta rupiah. Selain itu fasilitas lainnya seperti tempat tinggal akan ditangangi oleh pihak lembaga. 

Bagaimana apakah anda tertarik ?

Tahap pendaftaran dapat anda cek di alamat resmi Indonesia Mengajar denngan tahap perektrutan berupa Seleksi, pelatihan dan pengiriman.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon