Cara Mengatasi PC tidak bisa Mengakses Internet lewat Modem Wifi

Kasus yang admint alami beberapa hari yang lalu adalah seluru PC atau Komputer kantor tidak bisa Mengakses Internet lewat Modem Wifi. Kasus cukup unik karena Akses Internet PC tidak ada masalah jika menggunakan Tethering Smartphone . Disamping itu modem yang digunakan adalah modem baru, jadi kecil kemungkinan masalah disebabkan oleh modem.

lebih detail, kuota modem banyak, jaringan mode pun hijau dan tidak ada masalah saat digunakan di hp. Jadi spekulasi saya masalahya memang terdapat pada PC atau komputer kantor. 

Komputer atau PC mendeteksi jaringan wifi Modem dan status Connect pun muncul tapi tetap tidak bisa mengakses internet. Google Crome tetap memunculkan game dino lompat yang mengisyaratkan tidaka da akses internet. Di logo jaringan di pojok kanan bawah monitor (systray) muncul tanda segitiga berwarna kuning dengan tanda seru di tengahnya yang kian membuat saya bertanya-tanya apa maunya ?

Nah, itu tadi kasus yang saya alami. Jika anda juga mengalami kasus yang serupa atau mirip berikut langkah yang bisa anda coba untuk mengatasinya. langkah ini terbukti berhasil untuk mengatasi kasus saya diatas. 

Ada dua penyebab hal tersebut terjadi. Hal tersebut adalah :

    Coba satu persatu.

    Driver Wifi PC/laptop Bermasalah


    Untuk hal ini, coba uninstall driver wifi anda. Caranya :

    1. Buka windows Explorer, ringkasnya dengan menekan tombol Windows + E. (tombol windows itu tombol dengan logo windows di samping tombol fn (biasanya).
    2. Klik kanan pada my computer kemudian pilih menage.


    3. Lanjut, Kemudian pilih Device Manager, lalu pilih Network Adapters dan klik kanan pada driver wiraless Network Adapters komputer anda dan pilih uninstal. 


    4. Setelah itu klik kanan beberapa kali sampai muncul opsi scan for hardware changes dan tunggu sampai computer mendeteksi dan menginstall ulang diver Wiraless Networrk Adapters.

    Sekarang coba test, apakah sekarang pc anda bisa konek ? jika masih belum lanjut ke langkah kedua.

    Masalah IP adress PC


    Masalah kemungkinan besar disebabkan karena IP adress anda terseting manual. Untuk itu anda harus mengubah nya ke atomatis. Caranya :
    (Tutorial ini menampilkan windows 7, jika anda menggunakan windows lain secara umum langkahnya hampir sama yang membedakan cuma lokasi tiap pengaturan)

    1. Masuk ke control panel.
    2. Pilih network and internet, kemudian pilih network anda sharing center.

    3. Next, pilih change adapter setting di bliah kiri jendela. kemudian pilih dan klik kanan pada wireless network connection dan Pilih Properties


    4. Akan muncul jendela properties. Lanjut pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

    5. Kemudian centang pada obtain an IP address automatically.


    6. Langkah pamungkas tekan ok. dan test lagi

    Apakah Masih bermasalah ??

    Seharusnya dengan cara ini masalah  PC tidak bisa Mengakses Internet lewat Modem Wifi sudah teratasi. 

    Jika anda langkah yang kurang jelas atau anda mempunyai pertanyaan silahkan ajaukan pertayaan anda di kolom komentar dibawah postingan. Sekian danterimah kasih.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon