Ulasan Alur dan Deskripi Anime Yakusoku No Neverland S2

Tags

Anime berjudul Yakusoku No Neverland ini menurut saya cukup menarik. Menariknya Ada pada bagian alur cerita yang tidak bisa ditebak yang dibubuhi misteri memberikan stimulus kepada penonton untuk menunggu kelanjutan episodenya. 


Prolog awal



Fokus perhatian ditujukan kepada 3 orang karakter utama yaitu emma, ray dan norman yang merupakan 3 anak berkarakter unik yang lahir dan dibesarkan di sebuah panti asuhan terpencil yang lambat laun mereka sadari bahwa ternyata itu bukanlah panti asuhan melainkan peternakan manusia.

Pada jadwal tertentu satu persatu teman-teman mereka di panen dengan alibi akan dialih asuhkan ke orang lain. Termasuk salah satu karakter utama yaitu norman jugaa turut dipanen. Singkat cerita Akhirnya mereka memutuskan untuk melarikan diri dan di season 1 yang telah rilis mereka terlah berhasil melarkan diri dari peternakan.

Petualangan emma dan Ray dimulai bersama belasan anak-anak panti asuhan lainnya yang turut melarikan diri bersamanya. 

Mereka terus bergerak dan bertahan hidup dengan guide dari Pena berhologram yang ditinggalkan oleh wiliiam minerva, dan buku berisikan informasi tentang dunia yang disamaran dalam bentuk buku petualangan fantasi.


Dunia yang disebut Neverland


Misteri yang akan terungkap bahwa mereka berada pada dunia neverland, dunia para iblis. Jadi, dahulu kala, 1000 tahun yang lalu Manusia dan Iblis saling bermusuhan. 

Peperangan kala itu terjadi terus menerus, iblis yang memburu manusia untuk dijadikan makanan dan manusia yang mempertahankan dirinya dari pemangsa membuat konflik berkelanjutan. 

Akhirnya perjanjian antara kedua pihak diadakan. Hasil perjanjiannya Dunia dibagi 2, zona manusia dan iblis. Selain itu iblis tidak boleh lagi memburu manusia. Sebagai peninggalan perjanjian, iblis mengambil beberapa manusia yang kemudian akan  diternakkan.

Untuk menjalankan dan mengawasi perjanjian ini, ditunjuklan dari ras manusia yaitu clan patri untuk tinggal di zona iblis untuk menjaga perjanjian ini.

William Minerva



Sekumpulan petunjuk berupa kode morse pada buku perpustakaan panti asuhan dan pena hologram berisikan peta merupakan petunjuka satu satunya bagi emma dkk untuk mencari manusia pesan itu ditinggalkan oleh william minerva.

Siapa william Minerva ?

Dia ini adalah tujuan Emma DKK yang membuat mereka berani melarikan diri. Tapi ahkirnya Emma akan mengetahui kenyataan bahwa Sosok yang dia cari, William Minerva Ini telah Meninggal sejak lama. 

William Minerva adalah salah satu bekas pemimpan klan patri yang tidak tahan lagi melihat manusia diternakkan dan dijadikan makanan iblis dan memutuskan untuk membebaskan manusia. 

Tapi, ada penghianat di klannya yang mengagalkan rencananya yang tak lain adalah adiknya sendiri.

Perjalan mereka tidak mudah, vegetasi dan lingkungan yang ektrim menanti mereka. Selain itu pengejar dari ras iblis tidak berhenti melepaskan mereka begitu saja.




Hingga suatu waktu di tengah hutan  Emma Dkk terdesak oleh klan iblis pengejar tadi, tapi akhirnya diselamatkan oleh dua sosok yang ternyata merupakan iblis. Mereka sosok iblis yang unik, mereka tidak memakan manusia karena dasar kepercayaan yang mereka anut. Merka bernama musica dan sonjo. 

Seiring bergulirnya cerita sosok musica dan sonjo kelak menjadi sosok yang sangat penting bagi tujuan emma Dkk. Tapi saat pertemuan pertama mereka Emma DKK belum menyadarinya. 


Tujuan Pertama B 06-32


Kordinat pertama yang ditunjukkan oleh pena hologram adalah posisi B 06-32. Inilah tujuan awal yang hendak dituju Emma Dkk. 

B 06 -32 terlatak ditengah padang luas tanpa pohon. Di suatu titik di padang luas tersebut terdapat ruangan bawah tanah sebagai tempat perlindungan dengan air, makanan, senjata dan fasilitas bertahan hidup lainnya.

Begitu Emma Dkk menemukan tempat perlindungan  tersebut, ternyata sudah ada sosok pria parubaya di dalamnya. Kelakuanya agak buruk dan tidak bersahabat.

Usut punya usut pria parubaya yang awalnya tidak mau memberitahukan namanya itu merupakan pelarian dari salah satu panti asuhan. Pada saat beretemu dengan Emma Dkk dia sudah bertahan hidup selama 13 tahun sendirian.

Kemampuan fisik, skill dan pengalaman yang sagat banyak membuat pria parubaya ini sangat tangguh. Awalnya dia sempat kles dengan emma Dkk karena beberapa hal yang berkaitan dengan pribadinya, tapi lambat laun diapun tergugah dengan kebaikan hati emma dan berbalik membantu tujuan emma Dkk.

Tujuan Kedua, "Hope"


Untuk melanjutkan tujuan awal emma Dkk memutuskan untuk menuju kordinat berikutnya yang muncul di pena dengan kode Hope. Bersama Rey dan Pria Parubaya tadi emma menuju ke kordinat beriutnya.

Perjalan tidak mudah, Hewan iblis tidak berakal bermunculan memburu mereka dari segal penjuru. Dari situ emma dan ray belajar banyak soal bertahan hidup dan morfologi iblis dengan kelemahan satu-satunya dibagian mata.

Mendekati titik kordinat tujuan mereka, Emma tetangkap oleh sosok misterius.

Pas sadar emma berada di suatu lokasi dengan banyak rumah layaknya permungkiman manusia. Dia menemukan banyak anak-anak sama sepertinya di tempat tersebut.

Tapi ada peraturan di tempat tersebut. Setiap music terdengar seluru manusia ditempat tersebut harus bertahan hidup karena bersamaan dengan alunan musik, para pemburu datang untuk berburu.

Emma pun harus bertahan hidup dari serangan iblis berakal. Iblis-iblis yang berburu di tempat tersebut bukan sembarang iblis, mereka adalah par ponggawa iblis yang sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun, bahkan beberapa diataranya adalah iblis yang turut ikut dalam perjanjian manusia-iblis 1000 tahun silam.

Iblis yang berburu adalah iblis bangsawan. Mereka pintar dan kuat berbeda dengan iblis binatang yang emma jumpai dihutan. Tujuan berburu mereka tak lain untuk memenuhi hasrat bereburu mereka.

Di tempat ini pula emma akan bertemu sekelompok anak-anak yang terorganisir untuk membunuh iblis. Mereka telah berlatih bertarun selama 13 tahun. 

Mereka dilatih oleh sosok paru baya yang telah kehilangan satu tangan dan kaki, dia tak lain adalah teman sesama pelarian pria parubaya yang ditemukan emma di tempat perlindungan. Keduanya tidak tahu bahwa teman mereka masih hidup.

Di tempat ini pula emma menemukan rahasia yang di tinggalkan Wiliam Minerva dan kenyataan bahwa wiliam minerva telah mati. Emma juga menemukan bahwa jalan menuju zona manusia salah satunya ada di dalam peternakan mereka dulu.

Bersama Kelompok tersebut dan bantuan dari rey dan pria parubaya emma bertarung dengan iblis pemburu dan dengan susah payah mereka berhasil mengalahkan iblis tersebut.

Sebagai bayaran emma terluka parah. Takut ketahuan oleh prajurit iblis yang lain mengharuskan Seluru manusia di tempat tersebut harus melarikan diri menuju tempat perlindungan B 06 -32.

Perubahan Tujuan Hidup dan Penyergapan


Sempat beberapa saat Emma dkk dengan tambahan anggota anak-anak yang mereka selamatkan sebelumnya merasa aman di tempat perlindungan. Mereka hidup dengan bereburu dan mengumpulkan makanan dan terus mengumpulkan informasi tentang dunia neverlan dan kaum iblis.

Tujuan awal mereka untuk menemukan wiliam minerva tidak bisa tewujud setelah mengetahui kenyataan bahwa yang dicari telah meninggal. Tujuan mereka pun berubah yaitu mereka harus menyebrang ke zona manusa bagaimanapun caranya. Untuk itu mereka harus mencari "Seven Walls'

Seven Walls adalah tempat tinggalnya iblis tertinggi yang memegang kuasa perjanjian manusia-iblis 1000 tahun yang lalu. Informasi seven walls di beritahukan oleh musica kepada emma bersamaan dengan cincin bermotif dragon eye.

Mereka terlalu fokus kepada iblis dan sampai-sampai lengah dan disergap oleh sekelompok tentara manusia bersenjata yang menyebu kedalam tempat persembunyia.

Opsi satu-satunya saat itu adalah melarikan diri. Dengan susah payah mereka melarikan diri. Tapi, 2 orang pria parubaya yang telah menjadi teman mereka mati setelah melakukan serangan bunuh diri untuk menghabisi para tentaran manusia.

Tentara manusia yang menyerang mereka berasal dari clas patri yang diperintahkan oleh pemimpin clan patri yang tak lain adalah adik william minerva.

Sosok yang mengatas namakan William Minerva

Persembunyian mereka yang telah ketahuan memaksa emma dkk untuk menuju dunia luar mencari tempat perlindungan yang baru. Acuan mereka adalah informasi samar-samar tentan "rahan singan".

Ditangah perjalanan mereka menyelamatkan dua orang anak manusia yang di serang  hewan iblis.

Ternyara mereka adalah dua orang utusan dari orang yang menyebut dirinya wiliam minerva untuk mencari kelompok emma DKK. Dua orang ini mengantar emma dkk menuju tempat pelindungan kelompok mereka.

Tiba di lokasi perlindungan, mereka menemukan bayak sekali anak-anak manusia di suatu lokasi diatara pohon besar. Tempat tersebut adalah bekas peninggalan ras iblis kuno.

Emma pun segera pergi untuk menemui pimpinan ditempat tersebut. Terkejutnya Emma saat mengetahui pemimpin kelompok tersebut yang menyebut dirinya william minerva adalah Norma, teman emma di panti asuhan dulu yang sempat dipanen.

Norman dipanen tetapi tidak untuk dimakan, karena kejeniusannya dia dijadikan pekerja di sebuah panti asuhan penelitia manusia. 

Norman berhasil kabur dan membebaskan beberapa hasil penelitian dari tempat tersebut. Anak dari hasil penelitian mempunyai kemampuan fisik yang setara dengan iblis manusia. 

Tentang Iblis

Tujuan norman adalah memunahkan ras iblis. Caranya adalah dengan menghancurkan peternakan manusia yang menjadi makanan wajib kaum iblis.

Iblis adalah makhluk yang bisa berevolusi dengan cepat dari genetik yang dia komsumsi. Awalnya iblis merupakan makhluk tidak berebentuk. Tapi setelah memakan mahkluk hidup mereka bisa menyerap kemampuan dari mahluk hidup tersebut.

Iblis hewan berevolusi dengan memakan hewan. Iblis manusia yang cerdas berevolusi dengan cara memakan manusia.

Konsekuensi dari kemampuan iblis manusia ini adalah mereka harus terus rutin mengkomsumsi manusia untuk menpertahankan wujud iblis manusianya.

Inilah yang menjadi landasan berfikir norman bahwa dengan menghancurkan peternakan manusia mereka bisa memusnakan ras iblis.

Tapi setelah beretemu Emma dan Rei norman mengetahui ada celah dalam rencananya ini. Celah tersebut adalah kehadiaran Musica dan sonjo, iblis yang pernah menyelamatkan emma DKk.

Musica adalah iblis dengan darah terkutuk, dikatakan darah terkutuk karena dia mampu mertahankan wujud manusianya walapun tanpa memangsa manusia dan musica mampun menularkan kemampuannya ini hanya dengan membiarkan iblis lain meminum darahnya.

Kehadiran Musica bisa mengagalkan rencana Norman. Normanpun bermaksud untuk memburu dan membunuh musica namun ditentang keras oleh Emma.

Emma memutuskan untuk menempu  cara lain, dia tidak ingin memusnahkan iblis. Karenanya bersama rei, emma kembali ketujuannya untuk mencari seven Walls dan mengubah perjanjian 1000 Tahun lalu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon