Cara menampilkan preview File PDF di blog dengan Google Dokumen

Tags

Tutorial Blogging Kali ini mengulas cara menampilkan preview File PDF di postingan blog anda. Preview yang dimaksud disini adalah tampilan Dokumen PDF yang bisa dibaca di halaman blog meskipun pengunjung tidak mengunduhnya. Preview dokumen akan muncul dalam bentuk Kotak baca dengan fungsi scroll dan Fullscreen.

Ada banyak alasan para blogger untuk menampilkan dokumen PDF di halaman  postingannya. Beberapa diantaranya adalah untuk menambah kelengkapan halaman suatu postingan agar meningkatkan SEO ataupun sebagai fitur mempermudah pengunjung mencari dan memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

Untuk beberapa jenis blog menampilkan preview dokumen PDF dan jenis lainnya seperti Doc, xls, ppt dan sebagainya sangat penting. Blog yang dimaksud adalah blog yang menyediakan doumen atau format dokumen seperti blog tukang cetak undangan dll.

Bagi agan-agan sahabat blogger yang hendak atau sedang mencari tutorial cara menampilkan priview dokumen PDF di blog berikut step-step yang bisa anda ikuti.


Cara menampilkan preview File PDF 


Langkah ke-1 : Silahkan akses Google Dokumen dan Upload File PDF anda

Cara akses Google Drokumen

Untuk mengaksesnya Google drive silahkan klik disini. Bisa juga dengan mengetikkan url https://docs.google.com di browser anda.

Cara Upload File PDF di Google Dokumen

Untuk mengupload File PDF, klik icon folder kemudian pilih File PDF di perangkat anda






kemudia cari dan pilih file PDF di perangkat anda dan tekan ok untuk mulai mengupload.

Langkah 2. Pengaturan File di google Drive

Sebelum menampilkan preview perlu beberapa pengaturan khusus pada file PDF anda. untuk itu
1. Pilih tab "terbaru" pada google drive anda, selanjunya klik kanan pada file PDF yang ingin anda buatkan Preview di blog. Kemudian Pilih bagikan


2. Selanjutnya klik pada icon drop down dan pilih lainnya.



3. Ok. Next pada opsi berbagi link yang muncul pilih opsi paling atas yaitu aktif - Publik di web. Tutup dengan menekan Simpan.

4. Selanjutnya silahkan saling link dengan menakan salink link kemudian tekan beres. Untuk point ini sebaikny anda pastekan linknya terlebih dahulu di Notepad 


langkah ke -3 Menampilkan file PDF di halaman postingan blog

Untuk menampilkan Preview file PDF di postingan paste kode file anda sebelumnya dan gantikan kode merah bertuliskan link file PDF pada script dibawa ini.

<iframe src="link file PDF" width="640" height="480"></iframe>

Kemdian kopy hasil pengabungan tadi dan pastekan pada postingan blog anda  pada bagian HTML bukan Compose ya) dan pada posisi yang anda inginkan pada artikel. 

Sebagai contoh penerapan :

link artikel PDF yang saya akan jadikan contoh adalah sebagai berikut :

https://drive.google.com/file/d/1p5DJazGRHvDV91lCfjzGe9dnjotbOIKz/view?usp=sharing

Setelah memadukan dengan scrip diatas sekarang menjadi :

<iframe src="https://drive.google.com/file/d/1yjUhhiTK0N3LnIh2t3Jh_mYV3JicpoIL/view?usp=sharing" width="640" height="480"></iframe>

dan selesai sekarang seharunsya file PDF tersebut sudah tampil di blog anda

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon