Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Hasil dari sebuah proses pembelajaran mengindikasikan kualitas pembelajaran tersebut. Kendati demikian kemampuan awal setiap siswa merupakan variabel lain yang mempengaruhi capaian belajaran. Dalam belajar  banyak sekali faktor-faktor yang bisa mempengaruhi hasil belajaraan siswa. 



Apa saja Faktor-faktor yang memempengaruhi hasil belajaran tersebut ? Berikut pemaparannya. 

Setidaknya ada 3 faktor utama yang dapat mempengaruhi hasil belajar yaitu :
  1. Faktor Psikologis
  2. Faktor Keluarga
  3. Faktor Sekolah
Untuk lebih memperjelas berikut pemaparannya.


    Faktor Psikologis

    Faktor Psikologis adalah fakor yang dikatakan paling berpengaru. Faktor Psikologis dalam pembelajaran berhubungan dengan Prilaku belajar setiap siswa. Faktor psikologis tersebut berupa motivasi setiap siswa untuk belajar, minantnya pada pembelajaran dan juga Kebiasaan belajar mereka.

    Perlu diketahui, Motivasi Belajar dan minat belajar adalah suatu hal yang berbeda. berebeda. Motivasi belajar adalah dorongan yang membuat soerang siswa mau belajar. Semetara minat belajar adalah Keinginan belajar yang timbul akibat keterkaitan anak terhadap mata pelajaran tertentu. Motivasi membuat siswa merasa harus belajar sedangkan minat membuat siswa dengan suka rela belajar. Kedua faktor ini adalah hal yang penting untuk dimiliki anak dalam rangka mendukung pemebalajaran.

    Kebiasaan belajar adalah rutinitas belajar siswa sehari-harinya. biasanya diukur dalam indikator seberapa sering anak belajar, apakah sering, jaranga taua hanya belajar di sekolah. kebiasaan belajar yang sering dapat meningkatkan literasi ilmiah siswa, sehingga informasi yang dia dapatkan disekolah dapat di gabungkan dengan pemahaman awal yang dia dapatkan dari kebiasaan belajar.

    Faktor Keluarga

    Keluarga adalah bagian dari dunia belajar anak. Keluarga adalah media pembelajaran pertama dan utama bagi anak. Sehingga faktor lingkungan keluarga mempengaruhi hasil belajar anak.

    Dalam hal ini termasuk juga latar belakang pendidikan orang tua. orang tua dengan latar belakang pendidikan yang tinggi dapat memberikan bimbingan belajar kepada anaknya. Bukan hanya itu kecenderungan anak untuk mengikuti orang tuanya yang berpendidikan tinggi juga sagat berpengaruh kepada anak dalam belajar.

    Dari Penelitian menyatakan bahwa status orang tua tidak hanya mempengaruhi presetasi akademik peserta didik tetapi juga membuat mereka menumbuhkan rasa tidak mungkin anak-anak latar belakang sosial ekonomi rendah untuk bersaing dengan rekan mereka dari tempat latar belakang sosial ekonomi dibawah lingkungan akademik yang sama. Hal ini bisa menurunkan rasa kepercayaan diri mereka.

    Faktor Sekolah

    Pada faktor sekolah diketahui bahwa hasil belajar anak tidak hanya dipengaruhi oleh Guru sebagai motor belajar tetapi juga termasuk kondisi sekolah dalam hal ini sarana, prasarana dan juga teman-teman sekelas mereka.

    Bagaimana guru merancang dan mengaplikasikan rancangan pembelajarannya di kelas merupakan hal yang paling dominan dalam menunjuang prestasi hasil belajar anak. Pendekatan, model, metode dan juga gaya belajar peting untun di pilih dalam menyesuaikan karakteristik siswa. Pembelajaran yang baik tidak hanya dapat meningkatkan hasil belajar tetapi juga diharapkan dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam belajar.

    Dari sejumlah penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antara sarana dan prasaran dengan hasil belajar peserta didik. karenanya salah satu saran meningkatkat hasil belajar adalah perlu sarana dan prasaranan yang mendukung di sekolah. hal ini juga dikarenakan potensi IT saat ini sangat tinggi untuk kemudian dimanfaatkan dalam pembalajaran. 

    Ketiga faktor tersebut adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam menentukan kesuksesan anak selaku perserta didik di sekolah. Karenanya, penting untuk menaruh perhatian lebih kepada faktor-faktor tersebut. Peran guru tidak hanya tentang pembelajaran di kelas, tetapi juga untuk menyelidikai bagaimana siswa-siswanya dapat memperoleh hasil yang maksimal dari sekolah.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon