Sebelum terjuan dalam race memenuhi spesifikasi standar kelas semisal MP4 adalah hal wajib yang tidak boleh terlewatkan. Memastikan bahwa Motor yang anda hendak pakai masuk dalam spesifikasi kelas yang akan anda ikuti adalah hal yang utama.
salah saatu kelas populer dalam road race adalah Mp4. Sesuai dengan buku kuning 2019 yang dikeluarkan oleh IMI ada beberapa hal yang menjadi ketentuan umu dalam hal ini berlaku untuk semua kelas dan ada peraturan khusus untuk kelas-kelas tertentu berkaitan dengan Mesin dan perlengkapan Motor.
Dalam artikel ini akan dibawah spesifikasi dasar kelas Mp4, dengan acuan peraturan olah raga sepeda motor nomor : 40/ImI-posm/ptosm/i/2019. Jika anda membutuhkan spesfikasi untuk kelas MP5 anda bisa membacanya di link ini (Spesifikasi Motor Road Race Kelas Mp5)
atau anda bisa dowload buku kuning peraturan road race 2019 terbaru melalui link dibawah
Tipe Mesin Mp4
Tipe mesin horisontal
Cylinder Head harus standar Stock/bawaan motor, Porting, Polish, Welding, Altered
Valve Angle.
Mungkin lebih jelas kami tampilkan dalam bentuk daftar tabel. Perhatikan Kolom untuk Mp4-130cc
catatan tambahan
1. Apa yang tidak tercantum dalam spesifikasi diatas, tidak boleh diubah.
2. Nomor Rangka & Nomor Mesin harus ada.
3. Pengukuran kapasitas silinder dibawah 0,49cc dibulatkan kebawah dan
0,50cc dibulatkan keatas.
4. Keterangan tanda # :
#1 Standard Stock/bawaan motor, Porting, Polish, Welding, Altered
Valve Angle.
#2 Porting, Polish, Welding, Altered down Valve Seat, dudukan lubang
baut leher angsa tidak boleh dirubah dan dibubut.
Boss Klep & Seating Klep boleh diganti atau diubah.
#3 Ketentuan:
- Semua groove ring harus berfungsi sebagaimana mestinya.
- Groove ke-1 & ke-2 untuk ring kompresi.
- Groove ke-3 untuk ring oli.
#4 Crankshaft boleh diperkeras (pen boleh di-las).
#5 Ketentuan:
- Magnet standar boleh dibubut dan berfungsi.
- Clutch starter boleh dibubut.
#6 Bentuk luar standar.
Tidak boleh dipotong dan bagian luar tidak boleh ada lem/perekat.
Bagian dlm bebas
#7 Leher angsa standar, tidak boleh dipotong dan bagian dalam bebas.
#8 Rangka boleh dipotong dan dudukan atas shockbeker belakang boleh
diubah.
#9 Tersedia dan dijual bebas dipasaran (bukan merupakan produk
exclusive/prototype).
#10 Ketentuan:
- Tahun 2019, pemakaian dianjurkan.
- Tahun 2020, pemakaian diwajibkan.
#11 Ketentuan:
- Sesi QP, tanpa toleransi under weight.
- Sesi Race, toleransi under weight 1%.
#12 Jika terjadi under weight, ballast harus seberat 5 kg.
5. Penjelasan Peraturan Teknik MP4 dan MP6 tentang penggantian
komponen dengan ketentuan varian sejenis adalah sebagai berikut:
1. Jenis motor sama (moped/underbone).
2. Merk motor sama.
3. Type mesin sama (horizontal).
4. Stroke sama.
Varian sejenis jenis hanya berlaku untuk parts sebagai mana tersebut
dibawah ini:
1. Magnet
2. Primary gear dan secondary gear
3. Rumah kopling di secondary gear
4. Throttle body (karburator boleh diganti dgn sistem injeksi, tidak
boleh sebaliknya).
6. Penjelasan Peraturan Teknik Kelas 150cc Rookie:
a. Spool (sepul) harus terpasang (bebas boleh berfungsi atau tidak).
b. Intake Manifold:
- Harus memakai standar bawaan motor (stock production).
- Tidak boleh dibubut atau dipotong (dipendekkan).
- Tidak boleh ada lem (perekat).
- Arah intake manifold harus sesuai dengan aslinya.
- Tidak boleh disambung atau ditambah adapter.
EmoticonEmoticon