SLO, Prosedur Pengurusan SLO, Biaya dan Pentingnya SLO bagi rumah anda.


Mungkin anda pernah Mendengar istilah SLO. Mungkin juga anda bertanya-tanya apa itu SLO ? seberapa petingkan SLO bagi anda ? berikut penejelasan seputar SLO.



    Pengertian SLO



    SLO adalah singkatan dari sertifikat layak Operasi yang dikerluarkan Sebagai bukti bahwa instalasi tenaga listrik di rumah/ kantor anda telah sesuai dengan ketetapan standar layak operasi yang ditetapkan pemerintah. 

    SLO ini dikeluarkan oleh lembaga inspeksi Teknik (LIT) sebagai lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah untuk melakukan pengecekan instalasi Listrik suatu bangunan, Temasuk rumah Anda. LIT yang diakui pemerintah saat ini antara Lain :


    1. Konsuil
    2. PPILN
    3. Jaserindo
    4. Serkolinas, dan
    5. Jasa Kelistrikan Indonesia
    Intinya kelima Lembaga inspeksi ini bertugas untuk melakukan pengecekan kelayakan Sistem instalasi listrik di tempat anda. Mereka akan melakukan pengecekan meliputi sistem operasi listrik, Standar pengamana, kelayakan bahan istalasi yang digunakan dan hal-hal lain yang termasuk dalam standar kelayakan operasi listrik.

    Manfaat SLO


    Banyak masyarakan yang masih meremehkan masalah SLO ini. tak heran sejak mulai diberlakukan 2009 lalu melalui Undang-undang no 30 tahun 2009 masih sangat minim yang rumah yang memiliki SLO.

    Padahal SLO sangat bermanfaat terutama dalam mencegah dan meminimalisir kasus kebakaran yang belakangan ini masih menjadi momok menakutkan di perkotaan padat bangunan. Data menunjukkan  sebanyak 72% penyebab kebakaran disebabkan karena penggunaan listrik yang tidak sesuai standar dan kaidah-kaihda semestinya.

    Dengan mengantongi SLO minimal anda telah menerapkan standar oprasi listrik dan pengamanannya. Dengan begini hidup anda dan keluarga akan lebih tenang.


    Prosedur dan Biaya Pengurusan SLO


    Pengajuan Pengecekan untuk pembuatan SLO dapat anda lakukan jika rumah atau bangunan anda telah terinstalasi Listrik. Pengajuan pengecekan dapat anda ajukan kepada salah satu dari 5 LIT yang diakui pemerintah sebagai lembaga pengecekan kelayakan operasi listrik.

    Jika instalasi Listrik anda sesuai dengan tandar operasi yang ditetapkan anda akan memperoleh sertifikasi lain operasi (SLO). Berikut contoh SLO :


    Adapaun biaya pengurusan SLO untuk skala rumahan sampai perkantoran disesuaikan besar Daya yang digunakan. Berikut daftar harga beserta besar Daya

    Daya tersambung s.d 450 VARp60.000
    Daya tersambung 900 VARp70.000
    Daya tersambung 1300 VARp85.000
    Daya tersambung 2200 VARp95.000
    Daya tersambung 3500 VA s.d 7700 VARp30/VA
    Daya tersambung 10.600 VA s.d 23.000 VARp25/VA
    Daya tersambung 33.000 VA s.d 66.000 VARp20/VA
    Daya tersambung 82.500 VA s.d 197.000 VARp15/VA
    Sekian dan terimah kasi. Semoga informasi mengenai SLO ini bisa bermanfaat untuk anda. 

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon