Tahapan Lengkap Cara Melakukan Pendaftaran Maba ke Universitas Terbuka

Untuk Mendaftarkan diri sebagai Mahasiswa Baru di universitas terbuka dapat anda lakukan baik secara langsung maupun  secara online. bagi anda yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru universitas terbuka, berikut tata cara pendaftaran offline dan onlinenya : 




Cara Mendaftar UT secara Langsung


Untuk mendaftar secara langsung dapat anda lakukan dengan mengunjungi UPBJJ-UT di daerah anda. Hingga saat ini terdapat 39 kantor layanan Univesitas terbuka yang tersebar di seluru wilaya indonesia yang bisa anda datangi untuk registrasi secara langsung.


1. Melengkapi Berkas Pendaftaran ( cek daftar berkasnya disini


Pada saat melakukan pendaftaran, calon mahasiswa membawa berkas sebagai syarat pendaftaran, mengisi formulir Pendaftaran calon mahasiswa UT (Formulir F-lE) dan menentukan layanan yang harus dipilih (SIPAS atau NON SlPAS). 


2. Mencetak LIP (Lembar Informasi Pembayaran) 


LIP atau lembar infromasi pembayaran akan anda peroleh setelah membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,00. Pembayaran dapat dilakukan melalui mesin EDC Bank BRI, Mandiri, BTN; melalui teller Bank BRI, Mandiri, BTN, dan BNI; melalui ATM Bank BRI, Mandiri, BTN, atau melalui grup Alfa yaitu Alfa Mart, Lawson, dan Dan & Dan terdekat. 

Calon mahasiswa baru akan mendapatkan berkas pendaftaran yang akan dikirim langsung ke alamat mahasiswa. Selanjutnya  Calon mahasiswa baru akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) melalui e-mail setelah berkas pendaftaran divalidasi.  Calon mahasiswa baru dapat melakukan registrasi mata kuliah setelah mendapatkan NIM. Registrasi mata kuliah sesuai kalender akademik.



Cara Mendaftar Universitas Terbuka Secara online


Opsi pendaftaran untuk lebih memudahkan adalah dengan mendaftar secara online dengan mengakses (https://sia.ut.ac.id/). berikut step by step alur pendataran mahasiswa baru UT secara online.

1. Registrasi Akun


Pertama-tema silahkan akses ke halaman https://sia.ut.ac.id dengan perangkat anda. 

kemudian tekan tombol “REGISTER CALON MAHASISWA UT” dan melakukan pengisian data register. Perlu diperhatikan bahwa email yang diinput harus valid.



2. Konfrimasi Email


Selanjutnya, setelah anda mengisi data dibagian register maka secara otomatis Website akan mengirim link verifikasi ke alamat email yang anda gunakan untuk mendafatar sebelumnya.

Maka segerah dalam kurung waktu Tidak lebih dari 3 x 24 jam anda harus mengklik link tersebut untuk menlanjutkan proses pendaftaran.


Sekarang anda sudah memiliki akun Mahasiswa UT dan sudah dapat mengakses sistem. 



3. Mengisi data Pribadi


tahapan pendaftara selanjutnya adalah mengisi data pribadi anda sebagai calon mahasiswa dan dan mengunggah berkas sebagai syarat pendaftaran serta menentukan layanan yang harus dipilih (SlPAS atau NON SIPAS).

Berkas Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Terbuka

4. Mencetak LIP pembayaran


Bukti pembayaran dapat anda peroleh setelah melakukan pembayaran LIP Pendaftaran dengan biaya sebesar Rp 100.000,00 dan dapat dibayarkan melalui mesin EDC Bank BRI, Mandiri, BTN; melalui teller Bank BRI, Mandiri, BTN, dan BNI; melalui ATM Bank BRI, Mandiri, BTN, atau melalui grup Alfa yaitu Alfa Mart, Lawson, dan Dan & Dan terdekat.

Selanjutnya, Calon mahasiswa akan mendapatkan berkas pendaftaran yang akan dikirim langsung ke alamat mahasiswa

Calon mahasiswa baru akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) melalui e-mail setelah berkas pendaftaran divalidasi.

Sekian dan terimah kasih. jika ada pertanyaan anda bisa mengajukanya di kolom komentar dibawah postingan ini.

Artikel Terkait

1 komentar

kalo udah daftar OFFLINE(alias datang langsung ke gedung ) apakah daftar online?? mohon bimibngannya


EmoticonEmoticon