Contoh Soal Fisika Faktual C1 - Faktual C6

Berikut contoh soal fisika c1 faktual sampai c6 faktual. Untuk keperluan Penilaian, Assesmen ataupun evaluasi di sekolah, membuat soal untuk menguji hasil belajar merupakan bagian dari kewajan guru selaku pendidik. Tak Terkecuali untuk Guru mata pelajaran Fisika di SMA.

Nah, pada kurikulum 2013 ini pedoman untuk merumuskan indikator dan soal adalah mengacu pada Revis taksonomi Bloom. Hal paling mencolok yang membedakan pembuatan soal dengan Revisi taksonomi Bloom ini dengan versi lama adalah mengenai dimensi kognitif yang terpisah dengan dimensi pengetahuan.  Sehingga Sekarang variasi soal yang bisa dibuat guru menjadi 4 kali lipat lebih banyak.

Pada artikel ini sesuai dengan judul yaitu "Contoh Soal Fisika Faktual C1 - Faktual C6" akan disajikan contoh soal fisika untuk mengukur Pengetahuan Faktual siswa untuk Dimensi Kognitif C1 - C6. 



    Pengetahuan Faktual

    Sebelumnya perlu sedikit penjelasan mengenail Pengetahuan Faktual. Jadi kalau anda buka taksonomi Bloom maka pada rana kognitif ada dua pembagian yaitu Proses Kognitif (C1, C2, C3, C4, C5 dan C6) dan dimensi pengetahuan (Faktual, Konspetual, Prosedural dan Metakognisi). Pengetahuan Faktual pada dimensi pengetahuan adalah basic atau pengtahuan paling dasar.

    Pengetahuan faktual adalah pengetahuan siswa tentang fakta. Fakta yang dimaksud adalah potongan informasi ataupun informasi paling dasar dalam sebuah disiplin ilmu. Contoh fakta dalam fisika seperti Satuan massa adalah Kg, Kg adalah satuan SI, Newton adalah nama ilmuan dan lain-lain yang pokoknya merupakan hal paling mendasar.

    Sebelumnya untuk tahu bagaimana menyusun indikator dan soal sesuai taksonomi bloom anda bisa membacanya di postingan kami melalui Link berikut.

    Langkah-langkah Menyusun butir Soal Berdasarkan Revisi Taksonomi bloom

    Contoh Soal Fisika Faktual C1

    C1 dalam proses kognitif adalah  Mengigat. Jadi simpel saja Faktual C1 adalah Mengigat fakta. Contoh soalnya dapat berupa Pilihan Ganda ataupun essai. Berikut contohnya :

    Indikator Soal : Siswa dapat menyebutkan satuan SI untuk Massa

    Catatan. indikator soal dan soal tidak bisa dipisahkan dalam penilaian. Karena soal dirumsukan dengan acuan indikator.

    Soal

    Satuan international yang digunakan untuk Massa benda adalah..

    a. Cm
    b. Second
    c. gram
    d. Kg

    Contoh Soal Fisika Faktual C2

    C2 adalah Memahami, menyangkut pemahaman. Pemahaman yang dimaksud adalah kemampuan siswa dalam memahami sesuatu ilmu. Memahami ini masih ada kaitannya dengan C1 yaitu mengingat. memahami hanya bisa terjadi jika ada ilmu yang diingat. karena suatu pemahaman melibatkan 1 atau dua fakta yang saling berkaitan.

    Siswa di indikasikan sudah bisa memahami jika siswa tersebut bisa menjelaskan suatu hal dengan kata-kata sendiri, bisa memberi contoh, bisa membandingkan dua atau lebih hal, bisa meringkas dan bisa menggolongkan. 

    Indikator : Siswa dapat memberikan contoh GLBB dan GLB dalam kehidupann sehari-hari

    Soal

    Fenomena berikut ini yang termasuk GLBB dipercepat adalah..
    a. Buah kelapa jatuh dari pohon
    b. peswata yang tinggal landas
    c. mobil yang ngerem
    d. mengayuh sepeda dijelan tanjakan

    Contoh Soal Fisika Faktual C3

    C3 adalah Penerapan. Berarti Faktual C3 adalah Penerapan Fakta. Penerapan fakta dalam fisika di indkasikan apabila siswa sudah bisa mengimplementasikan rumus untuk menjawab soal.

    Indikator : Siswa dapat menghitung Besar Energi Potensial pada suatu benda diketinggal tertentu.

    Soal 

    Buah kelapa yang masih menggantung dipohon dengan massanya 1,5 kg. Jika ketinggian pohon kelapa tersebut 10 meter. Berapa energi potensial buah kelapa tersebut? (g = 10 m/s2)

    Untuk menjawabnya siswa harus memiliki dua hal yaitu Tahu fakta (yakni rumus EP) dan kemudian bisa menerapkan rumus tersebut untuk mencari solusi dalam hal ini solusi yang dimaksud adalah apa yang ditanyakan soal.

    Contoh Soal Fisika Faktual C4

    C4 ini adalah kemampuan Menganalisis. Jadi C4 faktual adalah kemampuan siswa menganalisis menggunakan fakta. C4 ini sudah masuh ranah HOTS, High Order thinking Skills jadi maklum klo membuat soalnya pun mulai susah.

    Soal Fisika Tingkat Kognitif C4 (menganalisis ) materi Hukum Gravitasi Newton

    Menganalisis Berdasarkan fakta adalah kemampuan untuk memisahkan fakta-fakta dalam suatu persoalan kemudian mencari hubungan dari fakta-fakta tersebut. jadi soal yang harus dibuat adalah soal yang ada fakta tersiratnya yang untuk mengetahuinya siswa harus menganalisis keseluruhan soal.

    Indikator : Siswa dapat menganalisis fakta (tabel) untuk menentukan hambatan jenis suatu bahan.

    Contoh soal :

    Tabel di bawah ini merupakan lima jenis kawat yang mempunyai hambatan yang sama:



    R=roh (l/A)  dengan R = hambatan kawat (Ω); ρ = hambatan jenis (Ωm); l = panjang kawat (m); A = luas penampang (m2 ) 

    Berdasarkan tabel di atas, kawat yang mempunyai hambatan jenis terbesar adalah… 

    A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) 


    Pada soal diatas faktanya telah disajikan yaitu dalam bentuk tabel hubungan atara panjang gelombang dengan luas penampang. kemdudian untuk bisa menentukan yang mana kawat dengan hambatan jenis terbesar siswa harus menganalisi fata satu persatu menggunakan rumus yang telah disediakan.

    Memang tidak salah kalau anda berfikir ini soal penerapan karena membutuhkan rumus dan prosedur penyelesaian soal. tapi ingat bahwa C1 -C6 ini adalah Proses konitif berjenjang artinya bahwa jejang lebih tinggi memerlukan kemampuan jenjang dibawahnya. Contoh C2 memahami untuk memamahi anda butuh kemampuan mengigat. Sama halnya dengan soal ini dimana untuk menganlisis (C4) anda perlu kekampuan C1, C2, dan C3.

    Contoh Soal Fisika Faktual C5

    C5 adalah mengevaluasi. Mengevaluasi bisa diartikan melakukan penilaian untuk menenukan suatu kondisi berdasarkan kriteria. Jadi, Faktual C5 adalah kemampuan siswa untuk menilai berdasarkan Fakta.

    Indikator : Siswa dapat memilih spesifiasi kawat terbaik berdasarkan fakta tentang hambatan jenis kawat

    Contoh soal :


    Fakta 1.

    Dalam instalisasi listrik diketahui bawah kabel dengan kawat dengan hambatan jenis rendah lebih tahan terhadap suhu sehingga lebih aman untuk digunakan.

    Tabel di bawah ini merupakan lima jenis kawat yang mempunyai hambatan yang sama:


    R=roh (l/A)  dengan R = hambatan kawat (Ω); ρ = hambatan jenis (Ωm); l = panjang kawat (m); A = luas penampang (m2 ) 

    Berdasarkan tabel di atas, yang mana kawat yang paling baik untuk digunakan dalam instalasi listrik dirumah ?

    A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) 

    Data dalam soal ini sama dengan soal C4 sebelumnya. hanya saja di berikan suatu fakta tambahan yang bisa dijadikan kriteria untuk menarik kesimpulan. tentu saja untuk mengevalusi adalam hal ini memberikan kesimpulan yang mana kabel yang paling baik digunakan terlebih dahulu perlu diadakan analisis untuk mencari yang mana di antara lima kawat yang memiliki Hambatan jenis terendah.

    Contoh Soal Fisika Faktual C6

    C6 adalah mencipta/membuat. faktual C6 artinya menggunakan fakta untuk membuat sesuatu. Mencipta bukan berarti harus menghadirkan sesuatu yang belum pernah ada tetapi lebih kebada merancang sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. karena ini Faktual C6 maka kriteria yang dimaksud adalah fakta.

    Indikator : Siswa dapat merangkai rangkai berdasarka kriteria tertentu


    Soal

    Rangkailah Sebuah rangkaian seri-paralel dengan arus listrik sama besar di setiap percabangan dengan mengunakan 12 buah resistor masing-masing 5, 8, 12, (satuan Ohm)

    Nah itu tadi penjelasan mengenai Faktual C1- C6 semoga bermanfaat untuk anda.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon