Langkah-langkah Menyusun butir Soal Berdasarkan Revisi Taksonomi bloom


Untuk menyusus soal diperlukan Prosedur atau langkah-langkah sistematis. Langkah-langkah penyusunan soal yang benar sangat penting untuk diketahui bagi guru atapun calon guru yaitu para mahasiswa yang saat ini berjuang di jurusan pendidikan. Termasuk Kami tentunya.

Ada pembaruan pengetahuan yang kami peroleh mengenai langkah-langkah membuat soal yang benar dan terupdate saat ini. Awalnya yang saya ketahui, langkah-langkah untuk membuat soal itu sangat sederhana yaitu KD kemudian dari KD dirumsukan indikator kemudian dari indikator dibuatlah soal. Tapi ternyata itu sudah ketinggalan jaman dan saya baru mengetahuinya kemarin setelah belajar Assesmen Pendidikan di kelas oleh salah satu dosen kami.

Semoga Dosen kami senang tiasa dilimpahkan kesehatan untuk terus mengejar dan semoga ilmu yang kami terimah dari beliau bisa berberkah dan bermanfaat bagi kami aamiin. 

jadi sebelum ilmu kami kemarin menguap di panasi dosa kami menshare dalam bentuk artikel, semoga ada yang baca, bisa mendatangkan tambahan pengetahuan dan semoga bisa bermanfaat untuk kami  dalam rangka menguatkan ingatan

Lanjut gan. Aturan atau pedoman untuk membuat soal untuk keperluan Assesmen pembelajran di sekolah pada K13 adalah RTB. RTB adalah singkatan dari Revisi Taksonomi Bloom. Berbeda dari Taksonomi Bloom sebelum revisi pada RTB ini pengetahuan dipisah dari dimensi kognitif. jadi untuk ranah kognitif sekarang menjadi dua yaitu dimensi Proses kognitif dan dimensi pengetahuan.


    Dampak nyatanya dalam pembuatan soal denan acuan RTB ini adalah variasi soal menjadi 4 kali lipat dibanding jika menggunakan taksonomi sebelumnya. Pada taksonomi sebelum revisi ranah kognitif hanya 6 yaitu C1, C2, C3, C4, C5 dan C6 jadi variasi soal cuman 6 tapi pada RTB karena kehadiran 4 dimensi pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi) sekarang variasi soal menjadi 16 . Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel dibawah ini 

    Related image

    dari tabel sekarang bukan hanya bentuk Soal C1-C6 tetapi ada FC1, KC1, PC1, MC1 dan begitu pulah C2-C6 jadi ada 16 kan. 

    Jadi sekarang pembuatan soal bisa lebih spesifik untuk mengukur hal yang ingin di ukur dan sekaligus menjad lebih rumit bagi guru. tapi tah ini kan kewajiban guru ya jadi mau tidak mau harus belajar lagi yaa. 
    Sejak awal memang menjadi guru artinya siap tidak berhenti untuk belajar

    Langkah-langkah Menyusun Soal Berdasarkan Revisi Taksonomi bloom

    jadi bagaimana langkah-langkahnya ? Tentunya karena kita menggunaka RTB maka terlebih dahulu perlu dibangun pemahaman tentang ranah Kognitif pada taksonomi Bloom. Untuk itu anda bisa mempelajarinya melalui dokumen di link berikut: (RTB dan Pengembangan Butir Soal)

    Saya rasa di dokemen tersebut sangat jelas dan rinci dipaparkan tentang RTB jadi baca dulu ya biar bisa paham.

    Dimulai dari Perumusan Indikator

    Lanjut gan. Jadi pertama dalam menyusun soal tentu saja harus mengacu Pada Standar Kompetensi (SK) kemudian dari SK dirumuskan Indikator pembelajaran, indikator pembelajaran ini bisa dibuat 2-3 atau lebih menyesuaikan cakupan materi. 

    Setelah Indikator pembelajaran Jadi selajutnya Merumuskan IPK

    IPK disini bukan indeks prestasi Komulatif yaa .. IPK adalah Indikator Pencapaian Kompetensi. bagaimana cara merumuskan IPK ? IPK dirumuskan dengan mengacu pada KD  dan merumuskanya berdasarkan RTB ranah kognitif.

    kata Ulama contoh memperkuat teori. Jadi sebagai contoh saya adakan contoh KD SD. 

    Kompetensi dasar : Memahami Siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar

    Untuk merumuskan IPK kita harus tahu tentan tingkatan Proses Kognitif dan Dimensi proses kognitif dan juga KKO yang mewakili tiap jenjang dimensi pengetahuan. Berikut daftar KKO nya :

    Image result for KKO RTB

    Pertama dilihat pada pada KD diatas mengunakan KKO memahai jadi proses kognitifnya jelas C2 yaitu memahami. Kemudian memahami apa ? ternyata memahami Siklus hidup. Siklus hidup termasuk pengetahuan consep so dimensi pengetahuanya masuk kedalam Konseptual. Kesimpulannya IPK adalah C2 Konseptual.

    untuk membelajarankan konseptual tentu saja di perlukan faktual makanya perlu tambahan IPK yaitu C2 Faktual. jadi

    IPK : C2 Konseptual dan C2 Faktual.

    Sudah IPK buat indikator soal...

    Kok indikator lagi kan tadi udah.. ?ya tadi itu Indikator pembelajaran kan kali ini indikator soal. jadi dari IPK tadi sudah diketahui bahwa kita harus membuat indikator soal C2 konseptual dan C2 faktual. contoh indikator yaitu 

    Indikator
    Siswa dapat menjelaskan daur hidup pada Kupu-kupu (C2 Konseptual)
    Siswa dapat menyebutkan hewan-hewan yang bermetamorfosis (C2 Faktual)


    Terakhir tinggal buat soal

    soalnya bisa objektif bisa subjektif tergantung siskon. 

    contoh soal :
    jelaskan daur hidup pada nyamuk ?
    berikut ini hewan yang daur hidupnya melewati tahapan metamorfosis adalah ..
    a. Kumbang
    b. Nyamuk
    c. Ayam
    d. burung

    akirnya kelar yaa.. bagi guru yang telah mengikuti pelatihan mungkin tidak asing lagi dengan hal ini yaa. tapi bagi kita-kita yang masih berpusing ria di bangku perkuliahan ini adalah tambahan pengetahua pastinya. 

    akhir kata sekian gan. Semoga bisa bermanfaat yaa. jangan lupa sempatkan dishare yaa kalo tidak keberatan sih. dan juga jika punya komentar entah itu saran atapun kritik jangan sungkan untuk menuliskanya di kolom komentar.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon