Penyebab Kucing Muntah-muntah dan Cara Mengobatinya



Salah satu penyakit yang sering menyerang kucing peliharaan adalah masalah pencernaan yang dapat di indikasikan dengan kucing sering muntah.

Gejala ini meruapakan gejala umumtapi tetap perlu penanganan agar tidak berdampak serius pada kucing peliharaan anda. Berhubungan dengah hal 

tersebut pada kesemapatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengobati kucing yang muntah-muntah.

Penyebab Kucing muntah


Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara mengobati kucing muntah-muntah pertama-tama perlu diketahi penyebab kucing anda  muntah-muntah. Hal ini juga merupakan bagian penting untuk menentukan cara mengobati si kucing.

Berikut ini ada beberapa hal yang sering menjadi penyebab muntahnya seekor kucing, yaitu :

Virus Panleukopenia

Keberadaan virus tersebut jangan dianggap remeh.  Karena adanya virus ini bisa menyebabkan kucing tersebut muntah cairan kuning dan mencret.

Bulu tertelan

Muntah bulu atau Hairballs menjadi hal yang cukup umum yang menjadi penyebab kucing muntah. Biasanya kalau bulu mati pada kucing itu akan tertelan pada saat kucing menjilati badan ataupun setelah self grooming. Dimana bulu itu bisa menyangkut di lidah kucing setelah kucing menjilati bulunya.

Faktor Makanan

Cara mengobati kucing muntah bisa Anda lakukan apabila Anda bisa mengetahui penyebab dari muntah tersebut. Makanan kucing bisa juga menjadi salah satu penyebab dari kucing muntah.

Ada beberapa kasus yang bisa menyebabkan kucing muntah disebabkan karena makanan, misal kucing tersebut mengkonsumsi makanan berlebihan sehingga kekenyangan. Akibatnya kucing tersebut tidak mau makan, dan bisa untuk memuntahkan makanannya.

Alergi dengan Makanan

Alergi makan juga merupakan penyebab kucing muntah dan jangan terlalu disepelekan karena alergi itu bisa berkepanjangan. Anda harus cermat dalam hal memilih makanan kucing yang bagus.

Kucing Hamil

Muntah ini bisa disebabkan karena hormon esterogen yang terus meningkat membuat cairan asam lambung yang ada dalam perut si kucing ikut meningkat. Kemudian jikalau sesudah makan, maka kucing akan mual dan bisa muntah.

Keracunan

Bahaya sekali kalau kucing keracunan dan bisa terancam hidupnya. Kalau Anda punya kucing yang sering dibebaskan untuk bermain diluar maka bisa ada kesempatan seperti ini.

Misal saja kucing yang telah haus tapi kita gak sediakan air minum, terus kucing tersebut mencari air dan ketemu tapi ternyata itu adalah air bekas cucian baju. Kalau diminum, maka bisa kucing muntah berbusa putih.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengobati kucing yang muntah, yaitu :

Cara Untuk Mengatasi Kucing Muntah yang Bersifat normal

Jika kitten maupun kucing dewasa telah menunjukkan gejala muntah biasa seperti halnya muntah karena sedang hamil, muntah bulu, ataupun makanan yang tidak cocok maka Anda masih bisa untuk menangani kucing muntah dengan cara yang cukup mudah.

Cara mengobati kucing muntah yang normal yaitu jauhkan kucing Anda tersebut dari benda asing, rumput, mainan kecil dan lain sebagainya. Hal ini bisa dilakukan supaya kucing tidak sengaja untuk memakannya. Anda juga bisa untuk mencoba tidak memberikan kucing makanan dan minuman dalam waktu yang minimal 12 jam.

Kalau kucing seperti mengeong kehausan mencari minum setelah 12 jam, maka berdoalah supaya  penyakit muntahnya sembuh dan Anda bisa segera beri kucing Anda air minum. Kemudian berikan kucing makanan yang rendah lemak dan juga dalam porsi kecil. Jikalau Anda melihat kucing sudah beraktifitas seperti biasa, maka Anda bisa kembali merawatnya seperti biasa.

Cara Untuk Mengobati Kucing Muntah yang Sudah Berbahaya

Jika Kucing Anda sudah menunjukkan muntah-muntah selama lebih dari 24 jam. Terlihat menunjukkan seperti halnya muntah dikarenakan penyakit maka untuk hal ini Anda harus segera minta bantuan dokter hewan ataupun medis.
Inilah beberapa penyebab dari kucing muntah dan cara mengobati kucing muntah yang bisa Anda ketahui. Anda tidak perlu panik jika kucing muntah jadi kenali dulu penyebabnya. Setelah itu Anda bisa menanganinya sesuai dari penyebab yang terlihat. Untuk mengetahui tips tips seputar binatang Anda bisa mengunjungi Sudut Hewan.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon