Peran Bahasa pemograman Dalam Kemajuan Teknologi Saat Ini



Bahasa pemograman merupakan bahasa yang digunakan oleh komputer, seorang progammer akan memberikan perintah terhadap sebuah komputer untuk mengolah data yang diinginkan dengan menggunakan bahasa pemograman tertentu, seperti C++ Java Python PHP dan lainya yang masih banyak sekali bahasa pemograman yang telah diciptakan.

Seorang progammer tidak bisa menggunakan bahasa manusia yang digunakan sehari hari, untuk memerintah kepada sebuah komputer jika ingin menghasilkan apa yang diinginkan. Karena bahasa yang digunakan berbeda, sehingga seorang progammer harus mempelajari bahasa pemograman tersebut, jika progommer telah membuat rancangan program sesuai dengan struktur dan metode yang ditetapkan, maka komputer akan melakukan perintah yang telah dibuat tersebut. Kumpulan perintah tersebut harus bisa dimengerti oleh komputer yakni berstruktur tertentu atau Syntax dan bermakna.

Pada dasarnya bahasa pemograman dibagi menjadi beberapa tingkatan, ada yang yang mudah dan hingga tingkat yang sulit, berikut tingkatan bahasa pemograman terbagi menjadi 4 kelompok :
1. Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
2. High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
3. Middle Level Language (seperti bahasa C),
4. Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

Dari tingkatan bahasa pemograman diatas, semakin rendah maka semakin sulit untuk dipelajari, karena bahasa yang digunakan merupakan bahasa mesin yakni "0" dan "1". Tingkatan paling rendah kerap sekali untuk membuat kesalahan, karena sukar untuk dihafal dan dipahami.

Saat ini tingkatan bahasa yang sangat populer untuk diprlajari dan mudah dipahami adalah bahasa pemograman generasi keempat atau High level, seperti Java, PHP, Python, C++, C, Dan lainya yang masih banyak lagi. Bahasa Pemograman generasi keempat ini memiliki keunggulan yakni bahasa yang digunakan hamoir mendekati bahsa manusia yang digunakan sehari hari, umumnya bahasa inggris.

Dan sekarang semakin maju sebuah teknologi, programing juga memiliki kemajuan, saat ini telah ada bahasa pemograman generasi kelima, saat ini sering digunakan untuk membuat sebuah kecerdasan buatan atau sering disebut AI. Contoh bahasa pemograman generasi kelima adalah Prolog dan LISP. 

Fungsi bahasa pemograman sangat banyak sekali, jika diperhatikan dari waktu ke waktu, saat ini banyak teknologi disekitar kita yang menggunakan bahasa pemograman untuk mengoperasikan benda tersebut, misal Lampu lalu lintas, Telphone genggam (hp), Satelit, kalkulator, dan juga sebuah website, aplikasi, dan game.


Benda benda dan software tersebut diberikan perintah dengan menggunakan sebuah data pemograman yang tersruktur, sehingga bisa berfungsi seperti yang diinginkan dan menampilkan sesuai perintah yang diberikan.

Pada tahun 90an mungkin teknologi belum semaju saat ini, dan hp belum secanggih yang kita pakai, seiring dengan berjalanya waktu, semakin berkembang pula fitur yang terdapat dalam smarthphone kita. Dan itu semua tidak terlepas dari adanya bahasa pemograman yang digunakan, semakin banyak inovasi teknologi yang dibuat semakin berkembang pula bahasa pemograman yang digunakan.

Sekian tentang peran Bahasa Pemograman dalam kemajuan teknologi, kamu juga bisa baca info lainya di website Kualitasjos, semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon