Perbedaan pengetahuan, skill dan ability dalam pendidikan


Apakah perbedaan antara pengetahuan, skill dan ability.  Apakah ketiga hal ini merupakan hal yang sama ? melalui artikel ini akan diulas mengenai pengertian pengetahuan skill dan ability yang sering digunakan dalam dunia pendidikan.

bagi para mahasiswa saat ini menekuni kuliah di jurusan pendidikan ataupun para guru sebagai sosok pionir penggerak bangsa istilah ini yaitu skill, pengetahuan dan ability merupakan istilah yang tidak asing lagi karena ketiga istilah ini erat kaitannya kegiatan asesmen atau penilaian hasil belajar peserta didik. 

Baca juga : Cara Menentukan KKM suatu Mata Pelajaran (langkah + contoh)


 sering kali ketiga istilah ini di  bolak-balik kan terutama untuk skill dan ability seringkali dianggap merupakan hal yang sama Padahal sejatinya berbeda. untuk memahami perbedaannya pembahasan berikut Sampai Akhir.

Pengetahuan, Skill (keterampilan) dan Ability (kemampuan)

1.      Pengetahuan

Apa pengetahuan itu ? singkat saja pengetahuan adalah apa yang seseorang ketahui tentang suatu hal. dimensi pengetahuan ini merupakan hal utama setelah karakter yang diupayakan untuk ditumbuhkan pada siswa melalui pendidikan.  Dalam Taksonomi Bloom revisi Anderson yang dijadikan acuan pendidikan pada kurikulum 2013 ini dimensi pengetahuan dibagi menjadi 4 yaitu pengetahuan tentang faktual,  pengetahuan tentang konseptual,  pengetahuan tentang prosedural dan terakhir yang merupakan tingkat pengetahuan yang paling kompleks adalah pengetahuan tentang metakognisi yang sering diartikan sebagai kesadaran terhadap diri sendiri ataupun berpikir tentang berpikir.

Baca juga : Apa sih Pengetahuan Metakognisi itu ?

2.      Skill

skill ini masih merupakan bahasa asing atau  bahasa Inggrisnya lah.  terjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah keterampilan.  ciri utama dari keterampilan adalah dapat ditumbuhkan dan merupakan hal yang berkaitan dengan  kinestetik. keterampilan yang saat ini sering dituntut di kelas adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang sering disingkat HOTs.  jadi soal hots seharusnya mengukur tingkat keterampilan siswa bukan pengetahuan.

3.      ability

Ability ini kalau diterjemahkan  ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah kemampuan.  apa sih kemampuan itu ? Kemampuan adalah kapasitas seseorang dalam mengerjakan suatu tugas tertentu.  kalau mau diurutkan berdasarkan tingkatannya ability atau kemampuan ini lebih tinggi daripada keterampilan.

Pengetahuan,  skill  dan ability  ini pernah dibahas Saat saya kuliah di kampus.  awalnya juga saya tidak mempunyai pengetahuan untuk memberikan pembeda yang tegas terutama antara skill dan ability.  tapi setelah belajar dari bangsa di kampus Ternyata ada pembeda yang sangat tegas dan jelas antara ability ini.  untuk lebih memahami  memberi pemahaman mengenai pembeda antara skill dan ability Coba anda cermati contoh berikut ini.

kita ambil kasus di luar pendidikan terlebih dahulu agar dan mudah untuk dipahami.  jika anda melihat resep makanan,  misalnya resep membuat tumis kangkung secara anda baca dan tahu apa yang mau dilakukan maka anda sudah mempunyai pengetahuan, berpengetahuan.

 selanjutnya saat anda memulai mempraktekkan resep dan mengikuti prosedur tersebut satu demi satu dan akhirnya Anda bisa membuat masakan tumis kangkung maka keseluruhan proses pembuatan tersebut dinamakan keterampilan. anda sudah bisa dikatakan terampil dalam membuat tumis kangkung  namun belum bisa dikatakan mempunyai kemampuan atau ability dalam memasak tumis kangkung. 

seseorang yang dikatakan mempunyai kemampuan menumis kangkung adalah orang yang mempunyai pengetahuan luas mengenai masakan tumis kangkung dan berbagai jenis variasi makanan tumis kankang kemudian telah melakukan praktek berulang-ulang kali dan menghasilkan masakan tumis kangkung berulang-ulang klai. jika dengan pengetahuan dan prakteknya tersebut ia dapat membuat suatu resep baru Maka saat itu seseorang tersebut  dapat dikatakan mempunyai kemampuan untuk memasak tumis kangkung.

kesimpulannya di sini adalah yang menjadi pembeda tegas dan jelas antara skill dan ability atau antara keterampilan dan kemampuan adalah bahwa ambiguity adalah penggabungan antara pengetahuan dan skill.  bahasanya hubungan pengetahuan yang skill dikatakan kemampuan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon