Tips Memilih Judul Skripsi Pendidikan yang mudah

Tips Memilih Judul Skripsi Pendidikan yang mudah
Tips Memilih Judul Skripsi yang mudah

artikel ini membahas tentang beberapa tips dalam memilih judul skripsi jurusan pendidikan untuk diteliti agar cepat selesai yang ditujukan kepada para mahasiswa yang saat ini sedang mencari referensi untuk judul tugas akhir skripsi.

semua sarjana pasti sepakat bahwa Mata kuliah paling susah selema 4 tahun adalah Skripsi. hal tersebut karena skripsi menuntut mahasiswa untuk secara mandiri mempelajari sendiri seluk beluk penelitian. ada banyak sekali elemen-elemen yang harus otodidak dipelajari dari sebuah sekripsi, mulai dari tata cara penulisan yang benar, pemilihan metode penelitian, bagaimana memilih dan menggunakan statistik untuk mengelolah data dan  analisis teori untuk membahas hasil penelitian.

Poin utama agar anda bisa menyelesaikan skripsi anda dengan cepat dan tepat waktu terutama bagi anda yang dikerja waktu dan tidak mau membayar UKT lagi maka kuncinya ada pada pemilihan judul.  yaa tegantung dari judul yang pilih untuk anda teliti. 

kita dapat membedakan tingkat kesusahan penelitian dengan melihat pada judulnya. dengan kata lain ada judul penelitian yang memang relatif lebih mudah dibandingkan judul penelitian lainnya, terutama dalam bidang pendidikan. untuk itu agar anda tidak terjerumus kepada judul penelitian yang susah maka ada baiknya anda mengetahui beberapa tips dalam memilih judul skripsi yang pendidikan yang mudah.

sebelum itu, bagi anda yang mencari referensi untuk judul penelitian jurusan pendidikan fisika berikut beberapa judul penelitian plus contoh jurnalnya yang dapat anda baca pada link artikle berikut :

lanjut, setidaknya ada 5 tips adalam memilih judul penelitian pendidikan agar lebih mudah menyelesaikan study anda. apa saja itu yuk kita bahas


    1. Ambil Judul Penelitian yang ada contoh skripsinya

    Apapun itu kalau ada contoh yang mirip pasti lebih mudah untuk membuatnya. ya kan ? kalian pasti setuju dengan poin ini.

    tapi terkadang banyak mahasiswa yang karena terpicu meilhat temannya seminar porposal akhirnya tanpa pikir panjang mengambil judul secara gegabah. hendaknya sebelum mengamambil judul skripsi pendidikan untuk diteliti anda sudah mempunyau file contoh skripsi agar nantinya bagian-bagian yang bersifat umum pada sebuah penelitian tidak anda pikirkan lagi conothnya bab 3 yaiitu metode penelitian, bagian ini bersifat umum jadi bisa langsung anda contohi.

    2. Untuk pendidikan Pilih judul skripsi dengan sedikit variabel.

    apa itu variabel ? dalam penelitian yang dimaksud variabel adalah "apa yang hendak diteliti". contohnya pada judul " Pengaruh Model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa" variabel dari judul tersebut adalah Model Pembelajaran dan hasil belajara.

    baik guys, yang menjadi poin pembahasan kita adalah Jumlah dari variabelnya. banyak mahasiswa awam yang salah pilih judul karena kepincut judul yang panjang-panjang yang mengandung lebih dari dua variabel. 

    loh memang kenapa kalau variabelnya banyak ?

    baik. coba perhatikan salah satu judul skripsi pendidikan yang kami dapat di internet. 

    " Penerapan strategi pembelajaran aktif  tipe peer lessons untuk meningkatkan aktivitas, kemampuan berfikir kritis dan kreatif  siswa pada materi suhu dan kalor"

    dari judul tersebut ada 4 variabel penelitiannya yaitu varibel bebas adalah Strategi pembelajaran aktif  tipe peer lessonss, dan  3 variabel terikat yaitu 
    1. Aktivitas siswa
    2. kemampuan berfikir kritis siswa
    3. kemampuan berfikir kreatif siswa 
    dalam skripsi para pembimbing menuntut mahasiswa untuk mengembankan instrumenya sendiri. jadi, jika anda mengambil judul diatas setidaknya ada harus menyusun 4 instrumen penelitian yaitu RPP strategi pembelajaran aktif tie peer lessons, angket aktivitas, soal tes kemampuan berfikir kritis dan soal tes berfikir kreatif.

    belum lagi anda harus menganalisis data dan membahasnya sebanyak 3 kali. 

    lama kan ? 

    jadi intinya guys, jangan terlalu tamak dengan variabel, seperti yang pemerintah katakan 1 atau 2 anak eh maksudnya variabel lebih baik.

    3  Pilih Jenis penelitian Survei

    Nah jenis ini yang saya kemarin ambil dan bisa selesai dengan capat, cukup 6 hari turun ke sekolah sudah datanya. 

    sebelumnya apakah anda tahu yang dimaksud penelitian survei apa ? 

    sekefo dan sekedar untuk recall ingatan anda saat kuliah Metodologi Penelitian bahwa sanya yang dimaksud penelitian survei adalah penelitian yang meneliti dalah keadaan natural tanpa adanya perlakuan khusus di lapangan.

    mengapa survei bisa lebih cepat ?

    baik, pertama seperi definisnya penelitian survei adalah penelitian tanpa perlkauan khusus jadi anda tinggal datang ke sekolah langusung ambil data. berbeda dengan penelitian eks-perimen misalnya penerapan model maka anda mau tidak mau harus mengajar dengna model anda sebelum mengambil data.

    kedua, tidak perlu waktu tambahan untuk membuat RPP dan semacamnya. cukup kontruk soal tes atau angket saja.

    ciri-ciri dari penelitian survei ini adalah biasanya didahului oleh Kata " analisis, profil atau identifikasi. 

    contohnya penelitian survei yang telah saya teliti adalah profil kemampuan berfikir tingkat dasar Hots (C4) peserta didik SMAN 1 Makassar"

    4. Hindari Jenis Penelitian Kualitatif

    kalau bisa jangan ambil penelitian kualitatif, ambil kuantitatif saja. memang sih ada judul penelitian kualitatif yang pengambilan datanya cepat namun permasalahan yang akan memperlama saat pembahasan hasil penelitiannya.

    Pembahasan hasil penelitian dari data kualitatif sangat lama karena peneliti harus mencari teori banyak yang bisa mendukung apa yang dia temukan dilapangan. kemudian penelitian kualitatif sangat mudah dibantah, misalnya saat ujian seminar hasil.

    berbeda dengan penelitian kuantitatif yang dibahas dan disimpulkan berdasarkan angka, pada penelitian kualitatif pembahasan hasil cenderung bersifat subjektif jadi akan muncul banyak sekali celah untuk dipertanyakan.

    jadi, kuantitatif saja ya bro..

    5. takar diri anda sebelum Memilih judul

    Maksudnya, saat anda memilih judul fahami bentul seluk beluk judul tersebut dan pelajari apa dan bagaimana penelitian yang akan anda lakukan nantinya. Dari hal itu anda bisa mengukur apakah anda bisa menyelesaikannya dengan capat atau tidak.

    ini sangat penting.

    Sedikit bercerita , saya sebenarnya tidak setuju jika ada dosen yang memberikan judul khusus untuk diteliti mahasiswa bimbingannya. ini diluar regulasi kan ?

    ada beberapa orang kenalan saya yang kemudian ditranfer ke swasta gara-gara tidak mampu menyelesaikan skripsinya karena dosen yang terlalu mengekang agar mahasiswa harus mengikuti maunya.


    ok para calon sarjana. demikan senggal kalimat yang kami sampaikan dari pengalaman kami pribadi. semoga bisa bermanfaat untuk anda.


    sekian dan terimakasih.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon