Cara Menampilkan Garis Tepi (margin) di Ms. Word 2007, 2010, 2013 dan 2016

Baik Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu... 


seperti judulnya guys, pada artikel yang anda baca saat ini akan membahas tentang bagaimana cara menampilkan atau memunculkan garis tepis /garis margin di ms word versi 2007, 2010, 2013 dan 2016. 




mungkin anda berntanya-tanya apa fungsi atau manfaat menampilkan garis tepi/garis margin ini ? baik, garis tepi atau garis margin atau bahasa yang digunakan di word sendiri adalah text boundari adalah garis bantu yang membantu kita dalam merapikan struktur tulisan agar tidak melewati margin yang kita inginkan.

memangsih, dalam format teks saja secara otomatis akan mengikuti batas margin meskipun penbatas margin tidak ditampilkan. saat anda mengetik dan melewati batas margin kanan layar teks akan otomatis turun ke baris berikutnya. namun untuk format khusus misalnya tabel, garfik ataupun gambar yang anda gunakan di word hal ini tidak berlaku. 

Saat anda menggunakan tabel, grafik atau gambar sistem ms word akan mengbaikan batas margin entah itu batas atas, bawah, kanan maupun kiri. jadi agar tulisan anda tetap rapi tidak melewati margin hendaknya anda menampilkan garis tepi ini. 


    Menampilkan garis Tepi

    Versi awal setelah mengistall ms. word entah itu versi 2007, 2010, 2013 ataupun 2016, pokoknya semua versi tidak menampilkan garis tepi. Pokonya lembar kerja awal ms. word putih polos kayak manusia baru lahir. 

    untuk menampilkan garis tepi perlu pengaturan khusus yang sangat mudah. sebenarnya step-step untuk menampilkan garis tepi sama untuk semua versi entah itu versi 2007, 2010, 2013 ataupun 2016. Bagian yang membedakan hanyalah posisi dan icon. 

    namun untuk lebih mempermudah anda dalam rangka menyesuaikan dengan versi Ms. word yang terinstall di perangkat komputer atapun laptop anda kami akan menjelaskan caranya untuk setiap versi Ms. Word. anda tinggal pilih dan ikuti sesuai dengan Versi MS. word anda.

    Menampilkan garis Tepi pada Ms. Word 2007

    1. Klik icon MS. word di sudut kiri atas lembar kerja, kemudian pilih Word Options


    2. Kemudian Pilih Tab Advance, lalu cari dan centang pada tulisan Show Text Boundaries. Terahir klik ok.


    Maka sekarang seharusnya pada lembar kerja ms word anda suda muncul garis tepi pada bagian marginnya.

    Untuk Versi 2010 sampai 2016 

    Untuk versi ms. word mulai dari 2010 - 2016 baik itu icon maupun posisi pengaturanya tex boundarinya sama. adapun langkah-langkah untuk menampilkanya sebagai berikut :

    1. Pilih tab file tepat di sudut kiri atas lembar kerja Ms. Word anda. 
    2. Kemudian Pilih options

     3. Pada jendela Word Options Pilih Advance lalu pilih dan checklist Show Text Boundaries. 
    4. Lalu terakhir tekan ok. 

    Dengan langkah-langkha tersebut seharusnya sekarang lembar keja ms word anda telah muncul garis bantu untuk membantu anda merapikan struktur text. 

    Itu lah tadi beberapa langkah yang bisa anda coba terapkan untuk menampilkan garsi tepi untuk semua versi Ms. Word. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar. sekian dan terimah kasih.

    Akhir kata Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon