Soal Pilihan 1 dan Pembahasan

Tags


Pada sebuah pabrik, jumlah produk rusak pada bulan Januari adalah 7% dari seluruh produk yang dihasilkan, dan pada bulan Februari adalah 8% dari seluruh produk yang dihasilkan. Jika persentase produk rusak pada ke dua bulan tersebut digabungkan adalah 7.8%. Berapakah jumlah produk yang dihasilkan dalam bulan Januari dibandingkan dengan jumlah produk yang dihasilkan dalam bulan Februari?



Solusi
Pembahasan yang kami sajikan untuk menyelesaikan soal ini agak panjang karena bertujuan untuk memberikan pemahaman jadi silahkan diamati dan apabila ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar dibawah postingan.
Diketahui :
·         Jumlah produk rusak pada bulan januari adalah 7% dari seluruh produk, jadi misalknya seluru produk pada bulan januari adalah X maka Jumlah produk yang rusak Adalah 7%X.
·         Jumlah produk rusak pada bulan Februari adalah 8% dari seluruh produk, jadi misalknya seluru produk pada bulan januari adalah Y maka Jumlah produk yang rusak pada bulan februari Adalah 8%Y.
·         persentase produk rusak pada ke dua bulan tersebut digabungkan adalah 7.8%.
Ditanyakan :
Berapakah jumlah produk yang dihasilkan dalam bulan Januari dibandingkan dengan jumlah produk yang dihasilkan dalam bulan Februari
X : Y
Penyelesaian
Yang ditanyakan adalah X : Y yang akan dicari melalui produk gagal dari X dan Y dan juga gabungan dari produk gagal X dan Y yaitu 7.8 %. Untuk menyelesaikannya dapat menggunakan persamaan berikut :

Jadi jawabanya adalah 1 : 4 atau 1/4.

Bagiamana ? sekali lagi kalau ada pertanyaan silahkan ditanyakan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon