Cara Mengganti alamat blogspot ke Domain TLD dari Hostinger.


Cara Mengganti alamat blogspot ke Domain TLD dari Hostinger.co.id akan dibahas runut dan sistematik pada artike kali ini. Ini sebenarnya hanya menuliskan pengalaman saat kami menganti domain blogspot lama dengan menggunakan domain TLD yang kami sewa dari Hostinger.co.id.

Berikut 5 langkahnya yang kami sertakan dengan SS gambar untuk memudahkan

1.   Langkah paling awal adalah silahkan kunjungi alamat hostinger.co.id. lalu klik tombol loging di sebelah kanan atas halaman dan siahkan masuk dengan menggunakan gmail dan password yang sebelumnya anda gunakan untuk memesan domain.  Dalam tutorial ini saya mengangap masalah pembelian domain telah anda selesaikan.

2.   Setelah loging, pilih tab domain kemudian pilih DNS ZONE. Ada beberapa setinggan yang perlu anda atur dibagian DNS ZONE ini.



3.   Pengaturan pertama adalah mengatur A (host). Sebelum mengatur biasanya sudah ada A host awal atau A host default, silahkan hapus saja dengan menekan tombol close yang muncul saat anda menggerakan kusor ke tabel A host.

Selanjutnya isikan A host dengan menggunakan alamat domain (tanpa www) anda dengna 4 IP google. Silahkan copy paste 4 IP google dibawah ini dan sesuaikan dengan gambar dibawah.

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21











4.   Selanjutnya adalah setting CNAME (ALIAS). Untuk CNAME (ALIAS) ini anda perlu mengetahui CNAME dari blog anda. Untuk mengatahuinya buka tab baru pada browser anda jangan menutup tab hostinger dulu. Kemudian loging ke dashboard blogspot anda. Masuk ke setelan/setting kemudian Basic.

Pada bagian publising pilih "+set up a third-party URL for your blog" edit pada alamat blog dan ganti dengan alamat blog TLD anda. Kemudian klik save.




Setelah klik save akan muncul berapa baris informasi tambahan. Nah pada bagian tersebut akan mucul CNAME (ALIAS) yang anda akan gunakan di pengaturan setting CNAME di hostinger. (lihat Gambar)




Pastikan untuk mencetang redirect bla bla bla... (lihat gambar). Ini untuk memastikan bahwa blog anda nantinya bisa dibuka baik dengan menggunakan www. Ataupun tanpa www.

Selanjutnya kembali lagi ke Hostinger. Pada bagian CNAME (ALIAS) pilih atau klik tombol hijau Tambah baru. Kemudian isikan dengan Host CNAME dari blog anda tadi. Jangan lupa isikan keduanya. CNAME blog berbeda-beda tiap blog. Sesuaikan Seperti gambar dibawah.




5.   Berikutnya kembali lagi pengaturan alamt blog anda kemudian klik save.




Seharusnya sekarang alamat blog anda telah berubah.

Untuk menggunakan HTTPS dapat anda lakukan degan mengaktifkan opsi ya pada kolom HTTPS. Namum untuk domain baru anda perlu menunggu beberapa jam untuk menggunakan HTTPS. Jadi saat anda mengaktifkan HTTPS maka untuk sementara alamat Blog anda tidak bisa diakses.

baik itu tadi, tutorial singkat bagaimana menganti alamat blogspot dengan domain TLD dari hostinger. Semoga bisa membantu anda.

Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar 
(desuke :https://www.covic-19.com/)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon