Kuasi Eksperimen Menurut Prof Sugiyono

Apa pengertian, Jenis dan bentuk paradigma dari desain penelitian Kuasi eksperimen Menurut Prof Sugiyono ? hal ini akan dibahas melalui artikel kali ini. 

Banyak guru-guru besar yang menuliskan teori penelitian yang kemudian dibukukan dan menjadi rujukan untuk para mahasiswa dalam melakukan penelitian. Salah satunya adalah buku prof sugiyono. 

Kuasi eksperimen adalah salah satu jenis desain penelitian yang sering diterapkan dalam penelitian, terutama jenis penelitian pendidikan yang menjadikan siswa sebagai sampel penelitian. 


Pengertian Kuasi Eksperimen

Kuasi eksperimen sekali lagi merupakan salah satu dari banyak jenis desain penelitian. Kuasi Eksperimen Menurut Prof Sugiyono dalam bukunya "Metode Penelitian Pendidikan" adalah bentuk pengembangan dari true eksperimen. Karena dilapangan ada banyak kondisi yang menyebabkan Penelitian true eksperimen sulit di lakukan. untuk itu solusinya adalah dengan menggunakan kuasi eksperimen.

Perbedaan True Eksperimen dan kuasi Eksperimen

Terus apa perbedaan antara true eksperimen dan Kuasi ekperimen ? perbedaannya adalah sampel pada kuasi eksperimen tetap bisa disampling tetapi tidak di acak sepenuhnya melaikan dipilih  dalam bentuk kelompok untuk mewakili keseluruhan. 

Maksudnya bagaimana ? 

baik untuk memperjelas kami berikan contoh penelitian. Misalnya anda hendak meneliti pengaruh Pemberian PR terhadap prestasi siswa. untuk itu anda meneliti seluru siswa di SMA X yang terdiri dari 18 Kelas. Karena sampelnya  banyak maka anda menggunakan teknik sampling dengan mengambil 8 kelas saja. 

pertanyaanya disini adalah apakah jenis penelitian ini adalah True Eksperimen atau kuasi ? 

jawabanya adalh kuasi eksperimen. 

Kenapa bukan true eksperimen kan disampling ? kalau disamplingkan acak ? 

itu karena di sekolah kita tidak bisa memberikan treatmen penelitian persiswa harus perkelas, begitulah aturannya. makanya pengacakan dilakukan bukan persiswa tapi perkelas meskipun subjek kajian penelitian adalah persiswa. 

Karena perngacakan samplingnya tidak sempurnah maka dinaman Kuasi eksperimen. 


Jenis-jenis Desain kuasi eksperimen

di bukunya prof sugiyono ada 2 jenis desain penelitian eksperimen yaitu Time Series Design dan Nonequivalen Control  Group Design.

1. Time Series Design

pada desain penelitian ini treatmen dan observasi dilakukan lebih dari 1 kali. Treatmen dan observasi berulang dilakukan untuk meningkatkan tingkat kreadibilitas data yang diperoleh.

Rancangan penelitian time series ini juga melibatkan satu kelompok saja. Dalam rancangan penelitian ini satu kelompok (tunggal) yang dilibatkan dalam penelitian diukur secara periodik dalam interval waktu tertentu, dalam perlakuan eksperimen yang dilaksanakan diantara dua interval waktu.

Paradigma penelitian ini bisa digambarkan sebagai berikut :

contoh penelitian desain ini seperti pernelitian yang berjudul " Pengaruh Pemberian Resitasi Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Fisika Berorientasi Modifikasi Jigsaw"


tujuan untuk penenlitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian metode resitasi terhadap kreativitas dan hasil belajar peserta didik fisika yang berorientasi pada modifikasi Jigsaw.

varibel yang diteliti adalah resitasi yaitu menyangkut ingatan, jadi untuk menelitinya observasi dilakukan lebih dari satu kali.


2. Non equvalen Control Group Desain

Dalam rancangan ini, subjek penelitian atau partisipan penelitian tidak dipilih secara acak untuk dilibatkan dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Dalam rancangan ini, ada dua kelompok subjek satu mendapat perlakuan dan satu kelompok sebagai kontrol. Keduanya memperoleh prates dan pascates. Perbedaan dengan kelompok nonekuivalen, bahwa kelompok tidak dipilih secara acak atau random. 

Demikianlah artikel kali ni yang berjudul  Kuasi Eksperimen semoga bermanfaat untuk anda sekalian. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon