Perbandingan Antara Elektrostatik dan Magnetostatik

Apa berbedaan antara Elektrostatik dan Magnetostaik ? dan apa yang sama antara Elektrostatis dan Magnetostatis ? Pada artikel ini akan dibahas perbandingan antara Elektrostatis dan Magnetostatis. Mari Belajar ..

Kalau berbicara tentang perbandingan antara dua hal maka arahnya akan menjadi dua yaitu apa perbedaan dan apa persamaannnya. 


Elektrostatis dan Magnetostatis dalam ilmu fisika tergabung dalam suatu pokok pembahasan yaitu Listrik magnet. Sesuai dengan Teori Maxwell yang mengatakan perubahan medan listrik akan menimbulkan medan magnet maka . dapat dikatakan bahwa listrik dan magnet saling berhubungan.

Pesamaan Elektrostatik dan Magnetostatik

Apa persamaan antara elektrostatik dan magnetostatik ?

hal ini jarang menjadi pembahasan karena memang keduanya berbeda. elektrostatik membahas mengenai kasus medan listrik dan magnetostatik membahas mengenai medan magnet. 

Namun tetap saja ada kesamaan diatara keduanya. Persamaan keduanya adalah sama-sama dihasilkan atau berasal dari kehadiran suatu partikel elementer pembawa muatan yaitu proton atau elektron.

Perbedaan Elektrostatik dan Magnetostatik

Meskipun sama-sama berasal dari efek kehadiran muatan tetapi ada kondisi yang berbeda untuk  keduanya.

Objek Kajian 

Objek kajian pada elektrostatis berpusat pada kehadiran muatan listrik yang tidak bergerak. Kehadiran Muatan listrik ini menimbulkan sebuah efek yang bekerja dalam cakupan area yang disebut medan listrik dan mempengaruhi muatan listrik lainnya di dalam area tersebut.


Misalnya mengenai gaya coloum, itu hanya bisa terjadi jika ada satu atau lebih partikel yang berada pada cakupan medan listrik suatu partikel.

jadi kalau kita berbicara tetang Elektrostatik maka kajiannya tak jauh dari medan listrik. 

sementara untuk Magnetostatik objek kajiannya membahasa bagaimana muatan-muatan listrik yang bergerak pada arah tertentu menghasilkan cakupan area dengan efek magnet konstant disekelilingnya yang kemudian disebut medan magnet dan efek yang ditimbulkan oleh medan magnet tersebut.

Kesimpulan lain yang bisa kita peroleh adalah elektrostatik berarti kasusnya adalah muatan yang statis atau tidak bergerak sementara untuk Magnetostatik medan magnetnya yang statik atau konstant. 

Sumber

Kita sekarang sepakat bahwa elektrostatik membahas medan listrik dan magnetostatik membahas medan magnet. Lalu dari mana sumber dari medan listrik dan medan magnet ?

Medan listrik bersumber dari muatan listrik yang diam. Entah itu elektron atau proton. Sementara medan Magnet bersumber dari gerakan partikel bermuatan secara konstant. Gerakan Partikel bermuatan dalam suatu penghantar disebut arus listrik. Jadi Medan magnet muncul dari konduktor beraliran listrik.

Arah medan.
 
Medan listrik dan medan magnet adalah besaran vektor yang tidak hanya memiliki besar tetapi juga memiliki arah. 

Arah medan Listrik yang tak lain adalah fluks litrik per satuan luas digambarkan dengan garis lurus yang radial dari  partikel bermuatan. Untuk partikel bemuatan positif arahnya keluar dan untuk partikel bermuatan negatif arahnya kedalam. Fluks listrik keluar dari muatan postif dan masuk pada muatan negatif.


Untuk medan magnet arahnya adalah melingkar membentuk loop tanpa asal dan akhir hanya melingkar dengan arah searah atau berlawanan arah jarum jam.
 Adapun Perbedaan lainya dapat anda lihat melaui tabel dibawah ini :


Bagaimana ? itulah beberapa perbedaan paling fundamental dari Elketrostatik dan Magnetostatik. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon