6 Produk Rekayasa Genetik yang berhasil dilakukan


pernah dengar dengan istilah Rekayasa genetik ? bagi yang belum tahu ini rekayasa genetika itu adalah sekumpulan dari teknik eksperimental dan penelitian yang memungkinkan para peneliti untuk melakukan isolasi atau mengubah dan melipat gandakan genetika makhluk hidup atau DNA nya ke dalam bentuk murninya istilah untuk orang awam adalah dengan mengubah gen atau DNA yang ada di dalam suatu makhluk hidup yang bisa manusia hewan ataupun tumbuhan, bakteri dan organisme lainnya. 

Tujuan dari rekayasa genetika adalah sebagai ilmu untuk membantu perkembangan dari berbagai bidang kehidupan bisa menjadi lebih baik .

Dalam sejarah ada beberapa jenis makhluk hidup yang sukses melewati penelitian rekayasa genetik.  apa saja makhluk hidup tersebut berikut penjelasannya :


    cucumelon 

    merupakan buah hasil rekayasa yang sungguh luar biasa karena buah ini terdiri dari 3 jenis buah yakni semangka mentimun dan jeruk nipis. ukuran buahnya itu seperti anggur tapi terlihat seperti semangka Mini dan Rasanya pun seperti mentimun dan jeruk nipis. Sering juga disebut disebut Melon meksiko karena memang asal buah ini juga datang dari Meksiko.

    lemato

    Mungkin kalian akan terkejut saat membelah buah yang satu ini karena bentuk buah yang 100% mirip dengan lemon ini punya tampilan yang agak berbeda ketika dibelah. Lemato adalah Persilangan antara lemon dan buah tomat uniknya bukan hanya persilangan sesama buah aja, teapi juga ada campuran mawar dan geranium yang juga ikut disertakan. 

    Hal yang menarik bahwa dalam  penanamannya lemato ini hanya butuh sedikit pestisida dan memiliki masa Simpan yang lebih lama dibandingkan tomat pada umumnya 

    Baca juga : Sebuah Virus Medusa ditemukan Peneliti Asal Jepang, Ngeri

    Anjing

    para ilmuwan korea selatan sukses melahirkan seekor anjing hasil kloning pertama di dunia anjing ini dengan tujuan ingin memiliki anjing yang sangat peka indra penciumannya.salah satu anjing hasil kloningan itu bernama SNovi diciptakan dengan menggabungkan gen dari anjing dewasa jenis Afghan Hound dan sel telur kosong satu sel yang diambil dari telinga anjing Afghanistan berusia 3 tahun

    Domba Dolly

    lahirnya domba ini yang bernama Dolly adalah merupakan salah satu contoh kemajuan teknologi rekayasa genetika yang disebut kloning. ini ditemukan pada tahun 1996 oleh seorang ilmuwan Skotlandia yang merekayasa seekor domba tanpa adanya perkawinan. hasil rekayasa ilmuwan Skotlandia tersebut diberi nama Dolly .Dolly merupakan peristiwa penting dalam sejarah kloning. Dolly direproduksi tanpa bantuan domba jantan melainkan diciptakan dari sebuah sel kelenjar susu yang diambil dari seekor domba betina. 

    kucing Menyala

    National University Korea Selatan berhasil menciptakan spesies kucing yang dapat bercahaya dalam kegelapan melalui proses kloning dan rekayasa genetika. untuk mengubah warna kulit kucing tersebut teknologi rekayasa genetik dan kloning itu juga yang nantinya dapat dikembangkan untuk membantu melestarikan hewan langka dengan cara mengkloning. 

    Para ilmuwan ini berhasil memasukkan gen ubur-ubur ke tubuh kucing. Jenis ubur-ubur yang digunakan adalah ubur-ubur yang habitatnya di laut dalam sehingga memiliki kemampuan untuk bercahaya.

    Padi emas

    awal mula ini diciptakan Berawal dari sebuah keprihatinan di negara berkembang di Amerika Latin Asia dan Afrika. jutaan anak-anak terancam buta karena kekurangan vitamin A. vitamin A ini banyak terkandung dalam buah-buahan sayuran yang berwarna merah kuning dan orange misalnya pepaya tomat dan wortel masyarakat miskin tidak mampu mengkonsumsi buah dan sayuran tersebut secara rutin. 

    Makanan yang memenuhi kebutuhan vitamin ini adalah padi transgenik hasil rekayasa genetika yang berasnya itu mengandung beta karoten pada bagian endosperma yang menyebabkan warna tersebut tampak kuning Jingga sehingga dinamakan beras emas. di dalam tubuh manusia betakaroten itu akan diubah menjadi vitamin A

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon