Contoh Soal Fisika C2 materi Usaha dan energi (indikator KD, Indikator Soal, Jawaban)

Berikut contoh soal fisika tingkat kognitif C2 untuk materi usaha dan energi. bentuk soal adalah pilihan ganda dilengkapi dengan indikator KD dan indikator soal dan juga jawaban. 

SOAL FISIKA C2

Soal Fisika C2 

C2 adalah singkatan dari kognitif 2 yaitu memahami, hal ini sesuai dengan taksonomi bloom revisi anderson yang dijadikan acuan untuk keperluan evaluasi dan assesemen pendidikan khususnya untuk kurikulum 2013. 

sesuai dengan taksnomi bloom aspek kognitif memahani (C2) terdiri dari beberapa indikator yaitu :
  1. Menafsirkan
  2. memberi contoh
  3. meringkas
  4. menarik inferensi
  5. membandingkan
  6. menjelaskan
Pada tingkatan ini peserta didik diharapkan tidak hanya mempunyai ingatan tekait materi tetapi juga dapat mengunakan ingatan tersebut untuk menjalaskan, menafsirkan, mencotohkan. 


untuk keperluan aplikasi dalam merumuskan indikator kemudian dirumuskan beberapa kata kerja operasional untuk soal-soal memahami C2. adapun kata kerja operasional tersebut adalah sebagai berikut :

Memperkirakan, Menjelaskan, Mengkategorikan, Mencirikan, Merinci, Mengasosiasikan, Membandingkan, Menghitung, Mengkontraskan, Mengubah, Mempertahankan, Menguraikan, Menjalin, Membedakan, Mendiskusikan, Menggali, Mencontohkan, Menerangkan, Mengemukakan, Mempolakan, Memperluas, Menyimpulkan, Meramalkan, Merangkum, Menjabarkan,

adapun Contoh Soal Fisika C2 materi Usaha dan energi  sebagai berikut :


    Soal 1

    indikator KD : Mencontohkan kegiatan yang melibatkan konsep usaha
    Indikator Soal : disajikan sejumlah pernyataan, perserta didik dapat menentukan kegiatan yang termasuk contoh usaha.
    Butir Soal :
    Perhatikan pernyataan berikut:
    1. Ami bersepeda dari rumah menuju lapangan dan kembali lagi ke rumah
    2. Suga mencetak gol dari tendangan jarak jauh
    3. Moni mendorong tembok dengan sekuat tenaga  
    4. Lisa mendorong meja sejauh 2 meter
    berdasarkan pernyataan diatas, kegiatan yang merupakan contoh usaha adalah ...
    A. 1) dan 2)
    B. 1) dan 4)
    C. 2) dan 3)
    D. 2) dan 4)
    E. 3) dan 4)

    Berdasarkan pernyataan di atas, contoh yang
    Jawaban :
    D. 2) dan 4)
    usaha di indikasikan oleh gaya dan perpindahan, pernytaan 1 ami tidak melakukan usaha karena perpindahannya 0, dan pernytaan 3 meskipun moni mengeluarkan gaya untuk mendorong tembok tetapi tetap tembok tidak bergerak (perpindahannya 0)

    Soal 2

    indikator KDMenjelaskan konsep energi dan jenisnya (energi kinetik dan energi potensial)
    Indikator Soal : Peserta didik dapat menjelaskan bentuk perubahan energi pada contoh kasus di kehidupan sehari-hari
    Butir Soal :
    bentuk perubahan energi yang terjadi saat kita bersepeda menurungi bukit
    tanpa mengayuh (kecepatan tetap) adalah ...
    a. kinetik menjadi potensial
    b. potensial menjadi kinetik
    c. potensial menjadi kalor
    d. kalor menjadi kinetik
    e. kinetik menjadi kalor
    Jawaban :
    b. potensial menjadi kinetik

    Soal 3

    indikator KDMenjelaskan konsep gaya konservatif dan non konservatif
    Indikator Soal : disajikan sejumlah pernyataan, perserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan konsep gaya non-konservatif
    Butir Soal :
    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
    (1) Energi mekanik benda yang diperngaruhi oleh gaya nonkonservatif besarnya tidak konstan
    (2) Kerja yang dilakukan oleh gaya nonkonservatif pada benda sama dengan nilai negatif perubahan energi potensial benda
    (3) Kerja yang dilakukan oleh gaya nonkonservatif pada benda bergantung
    pada lintasan gerak benda
    (4) Contoh gaya nonkonservatif adalah gaya Coulomb 
    Pernyataan yang benar tentang gaya nonkonservatif ditunjukan oleh nomor ....
    a. (1), (2), (3), dan (4)
    b. (1), (2), dan (3)
    c. (1) dan (3)
    d. (2) dan (4)
    e. (4)

    Jawaban :
    c. (1) dan (3)

    Soal 4

    indikator KD : Menjelaskan konsep hukum kekekalan energi
    Indikator Soal : disajikan sejumlah pernyataan mengenai hubungan antara energi kinetik, potensial dan mekanik, perserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar terkait hukum kekekalan energi.
    Butir Soal :
    Perhatikan pernyataan berikut ini!
    1) Energi kinetik dan energi mekanik mempengaruhi nilai dari energi potensial
    2) Energi mekanik dan energi potensial mempengaruhi nilai energi kinetik benda
    3) Energi mekanik merupakan perpaduan dari energi kinetik dan potensial dalam sistem yang sama
    4) Energi mekanik pada awal sistem akan sama dengan energi mekanik diakhir sistem 

    Pernyataan yang benar terkait hukum kekekalan Energi yaitu . . .
    a. 1) dan 2)
    b. 1) dan 4)
    c. 2) dan 3)
    d. 2) dan 4)
    e. 3) dan 4)

    Jawaban :
    e. 3) dan 4)

    Soal 5

    indikator KD : Mengasosiasikan hubungan antara gaya dan perpindahan serta besar sudut terhadap konsep usaha
    Indikator Soal : Perserta didik dapat menentukan besar usaha pada suatu benda yang dikenai gaya tegak lurus.
    Butir Soal :
    Jika diketahui gaya tegak lurus dengan perpindahannya atau α = 90º maka, usaha (W) bernilai …
    a. W = 0
    b. W = 1
    c. W = -1
    d. W = ½
    e. W = tak terhingga
    Jawaban :
    a. W = 0 (karena cos 90 = 0)

    Soal 6

    indikator KD : Menjelaskan konsep usaha
    Indikator Soal : Perserta didik dapat menentukan besar usaha yang dihasilkan suatu benda dengan kriteria tertentu
    Butir Soal :
    Jika suatu usaha yang dilakukan oleh gaya tidak menimbulkan adanya perpindahan maka usaha tersebut bernilai ….
    a. W = -1
    b. W = 0
    c. W = 1
    d. W = konstan
    e. W = tak terhingga

    Jawaban :
    b. W = 0 
    (w=f.s jika s=0 makan w =0)

    Soal 7

    indikator KD : Menghitung perubahan energi kinetik
    Indikator Soal : perserta didik dapat menghitung besar perubahan energi kinetik suatu benda akibat adanya penambahan kecepatan.
    Butir Soal :
    Sebuah balok bergerak dengan kecepatan v dan memiliki energi kinetik EK
    jika kecepatan balok diubah menjadi 2v, maka energi kinetiknya menjadi … 
    a. 1 kali semula
    b. 2 kali semula
    c. 4 kali semula
    d. 8 kali semula
    e. 16 kali semula

    Jawaban :
    c. 4 kali semula

    Soal 8

    indikator KD : Menjelaskan proses perubahan energi 
    Indikator Soal : Perserta didik dapat menentukan alur perubahan energi pada bohlam yang menyala sata dialiri listrik dari baterei.
    Butir Soal :
    Proses perubahan Energi yang terjadi pada sebuah bola lampu yang menyala saat dihubungkan dengan sumber tegangan berupa baterei adalah..
    a. energi kimia→ energi kalor→ energi listrik + energi cahaya
    b. energi listrik→ energi kimia→ energi cahaya + energi kalor
    c. energi listrik→ energi kimia→ energi kalor + energi cahaya
    d. energi kimia→ energi listrik→ energi cahaya + energi kalor
    e. energi listrik→ energi kalor→ energi kimia + energi cahaya

    Jawaban :
    d. energi kimia→ energi listrik→ energi cahaya + energi kalor

    Soal 9

    indikator KD : Memahami konsep usaha dan kaitanya dengan perpindahan
    Indikator Soal : disajikan gambar berupa kubus yang ditarik pada bidang miring dengan ketinggian yang berbeda. perserta didik dapat menentukan sistem  dengan usaha terbesar.

    Butir Soal :
    Perhatikan gambar berikut ini !

    Jika kotak berpindah dengan nilai yang sama, usaha terbesar yang digunakan untuk memindahkan kotak terdapat dalam peristiwa ... . 
    a. P 
    b. Q
    c. R
    d. S
    e. T
    Berdasarkan pernyataan di atas, contoh yang
    Jawaban :
    e. T

    Soal 10

    indikator KD : Menjelaskan hubungan antara energi kinetik denga energi potensial
    Indikator Soal : disajikan gambar tiga buah mobil dengan lintasan yang berbeda, perserta didik dapat menentukan mobil dengan kelajuan tercepat pada ujung lintasan.
    Butir Soal :
    Tiga mobil mainan X, Y, dan Z bergerak menuruni lintasan yang bentuknya berbeda seperti ditunjukan pada gambar di bawah.


    ketiga mobil bergerak pada saat yang sama, dari ketinggian yang sama dan dari keadaan diam. jika  gesekan lintasan dan hambatan udara diabaikan yang manakah pernyataan berikut yang benar terkait dengan kelajuan mobil saat tiba diujung lintasan... . 
    a. X paling cepat 
    b. Y paling cepat 
    c. Z paling cepat 
    d. ketiga mobil kira-kira sama 
    e. mobil yang paling cepat tidak dapat ditentukan dari informasi yang diberikan
     
    Jawaban :
    a. X paling cepat 
    (hubunga antara EP dan EK)


    Sekian dan terimah kasih, semoga contoh soal fisika c2 materi usaha dan energi ini bisa bermanfaat untuk kami selaku penulis bloginfokuhaku.blogspot.com, maupun untuk teman-teman sekalian..

    jangan lupa comment ya :)

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon