Berikut Contoh soal fisika tingkat kognitif c3 atau ko gnitif 3 untuk materi usaha dan energi dilengkapi dengan indikator pencapaian dan indikator soal disertai jawaban. soal berikut berupa soal objektif atau pilihan ganda dengan total soal sebanyak 10 nomor.
Soal Fisika C3 |
Soal Fisika C3
soal fisika c3 adalah soal tipe menerapkan/mengaplikasikan hal ini merujuk taksonomi bloom versi revisi oleh anderson dkk. tasonomi ini digunakan sebagai acuan pendidikan indonesia dalam evaluasi dan assesmen hasil belajar peserta didik di berbagai jejang pendidikan.
tipe Soal C3 dalam fisika merupakan soal yang sangat mudah ditemukan. Mengaplikasikan dapat dikatikan dengan model soal yang menggunakan persamaan/rumus untuk mencari jawaban. Untuk menjawabnya peserta didik perlu mengaplikasikan pengunaan rumus laju dan kecepatan dengan mengunakan data yang diketahui.
Sesuai dengan taksonomi bloom C3 atau menerapkan terdiri dari 2 sub aspek yaitu menjalankan (executing) dan mengimplementasikan (implementing). berikut untuk kerperluan perumusan indikator, untuk C3 dapat menggunakan kata kerja operasional sebagai berikut :
Menugaskan, Mengurutkan, Menentukan, Menerapkan, Menyesuaikan, Mengkalkulasi, Memodifikasi, Mengklasifiksi, Menghitung, Membangun, Mengurutkan, Membiasakan, Mencegah, Menggambarkan, Menggunakan, Menilai, Melatih, Menggali, Mengemukakan, Mengadaptasi, Menyelidiki, Mengoperasikan, Mempersoalkan, Mengkonsepkan, Melaksanakan, Meramalkan, Memproduksi, Memproses, Mengaitkan, Menyusun, Mensimulasikan, Memecahkan, Melakukan, Mentabulasi.
Berikut 10 contoh soal fisika tingkat kognitif C3 pada materi usaha dan energi SMA/MA kelas X berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) : 3.9 Menganalisis konsep energi, usaha (kerja), hubungan usaha (kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari. (download Silabus fisika kela X SMA/MA di sini)
Soal 1
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) : Menghitung Besar usaha pada suatu sistem
Indikator Soal : Peserta didik dapat menentukan besar usaha pada suatu benda yang bergerak
Butir Soal :
Sebuah benda bermassa 1,5 kg bergeser dalam arah horizontal sejauh 15 m. Jika percepatan gravitasi bumi g = 10 m/s2, besar usaha yang dilakukan oleh gaya berat benda tersebut adalah ... joule.
A. 125
B. 150
C. 175
D. 200
E. 225
jawaban
E. 225
Pembahasan
w = F. s = 1,5 x 10 x 15 = 225 joule
Soal 2
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) : Menghitung besar energi kinetik pada suatu objek
Indikator Soal : Perserta didik dapat menghitung besar energi kinetik pada suatu benda dan kaitanya dalam kehidupan sehari-hari
Butir Soal :
budi mengandarai sebuah sepeda dengan massa 10 kg. jika berat badan budi 50 kg dan kecepatan ia bersepeda adalah 5 m/s maka energi kinetik yang dilakukan senilai ... joule.
A. 150
B. 300
C. 450
D. 600
E. 750
jawaban
E. 750
Pembahasan
Ek = 1/2 m v^2 = 1/2 x 60 x 25 = 750 joule
Soal 3
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) : Menghitung besar usaha untuk memindahkan suatu benda.
Indikator Soal : Peserta didik dapat menentukan besar usaha pada benda yang dikenai beberapa gaya pada arah yang berbeda.
Butir soal
perhatikan gambar berikut !
Jika benda berpindah sejauh 2 meter, besar usaha yang dikerjakan pada benda adalah ... joule.
A. 135
B. 100
C. 75
D. 50
E. 25
jawaban
D. 50
pembahasan
F total = F1+F3-F2
F total = 15+25-15
F total = 25
w = F. s = 25 x 2 = 50 joule
Soal 4
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) : Mengaplikasikan persamaan yang menghubungkan konsep usaha dan energi potensial.
Indikator Soal : Peserta didik dapat menentukan usaha pada suatu sistem dengan volume dan massa jenis serta ketinggian benda diketahui.
Butir Soal :
Sebuah mesin memompa 20000 liter air ke ketinggian 12 m. Jika massa jenis air 103 kg/m3 dan percepatan gravitasi 10 m/s2 maka usaha yang dilakukan mesin sebesar ... x 10^6 j
A. 2,4
B. 3,8
C. 4,2
D, 4,8
E. 5,2
jawaban
A. 2,4
pembahasan
Soal 5
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) : Menghitung kecepatan benda pada gerak jatuh bebas
Indikator Soal : Peserta didik dapat menentukan besar kecepatan benda pada peristiwa jatuh bebas
Butir Soal :
Sebuah kotak bermassa 2 kg dijatuhkan dari ketinggian 5 m. Besar kecepatan bola saat menyentuh tanah jika percepatan gravitasi 10 m/s2 adalah ... m/s.
A. 10
B. 15
C. 20
D. 25
E. 30
jawaban
A. 10 m/s
Pembahasan
Soal 6
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) : Mengaplikasikan hukum kekekalan energi mekanik untuk menyelesaikan kasus tertentu
Indikator Soal : Peserta didik dapat menentukan kecepatan balok pada sistem bidang miring.
Butir Soal :
Sebuah balok berada di puncak bidang miring seperti pada gambar.
Balok meluncur sepanjang bidang miring licin, kecepatan balok saat tiba di dasar bidang miring adalah ... m/s (g=10m/s^2.
A. 2
B. 5
C. 10
D. 15
E. 30
jawaban
C. 10
pembahasan
Soal 7
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) : Mengaplikasikan hukum kekekalan energi mekanik untuk menyelesaikan kasus tertentu
Indikator Soal : Peserta didik dapat menentukan besar energi kinetik pada peristiwa jatuh bebas.
Butir Soal :
Sebuah bola bermassa 1 kg diluncurkan secara horizontal dengan kecepatan 4 m/s dari gedung setinggi 5 m. Energi kinetik bola saat menyentuh tanah sebesar ... J. (g = 9,8 m/s2)
A. 8
B. 20
C. 49
D. 57
E. 63
jawaban
D. 57
pembahasan
Soal 8
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) : Menghitung Besar energi potensial pada suatu objek..
Indikator Soal : Peserta didik dapat menentukan besar energi potensial pada suatu benda pada ketinggian tertentu
Butir Soal :
energi potensial yang dimiliki buah kelapa dengan berat 1,5 kg pada ketinggian 10 m dari permukaan tanah adalah ...j (g=10 m/s^2)
A. 100
B. 150
C. 200
D. 250
E. 300
jawaban
B. 150
pembahasan
Ep = m g h = 1,5 x 10 x 10 = 150 j
Soal 9
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) : Menghitung Besar energi potensial pada suatu objek.
Indikator Soal : Peserta didik dapat menentukan besar energi potensial pada suatu benda pada ketinggian tertentu
Butir Soal :
Sebuah benda pada ketinggian 10 m dari permukaan tanah memilik energi potensial sebesar 500 joule. energi potensial benda tersebut pada ketinggian 4 meter adalah... j (g=10 m/s^2)
a. 100 joule
b. 200 joule
c. 300 joule
d. 400 joule
e. 500 joule jawaban
b. 200 joule
pembahasan
EP = m g h (ketinggian 10 m)
500 = m 100
m = 5
EP = 5 10 4 (ketinggian 4 m)
Ep = 200 j
Soal 10
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) : Menghitung Besar energi energi pada suatu objek.
Indikator Soal : Peserta didik dapat menentukan besar energi kinetik pada suatu benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu.
Butir Soal :
Sebuah mobil pada saat bergerak dengan kecepatan 10 m/s mempunyai energi kinetik sebesar 30 kj. besar energi kinetik jika mobil menambah kecepatannya menjadi 20 m/s adalah
a. 60 Kj
b. 120 Kj
c. 180 Kj
d. 240 Kj
e. 300 Kj jawaban
b. 120 Kj
pembahasan
Ek = 1/2 m v^2
30.000 = 1/2 m 100
m = 600 kg
Ek = 1/2 m v^2
Ek = 1/2 600 400
EK = 120.000 j = 120 kj
Baik. itu tadi 10 soal Fisika yang tergolong kedalam C3 untuk materi Usaha dan energi. semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian. sekian dan thanks
1 komentar
EmoticonEmoticon