Beberapa Permasalahan Terkait bahan Ajar dimasa pandemi

Berikut beberapa permasalahan atau persoalan yang ditemukan pada bahan ajar dimasa pandemi dan solusinya.


  1. Mengingat banyakya cara, sumber dan yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan ajar dan metode pembelajarann digital bahan ajar yang banyak digunakan saat ini terlalu terpaku pada satu dua metode dan bahan ajar saja.
  2. Penggunaan zoom yang lazim digunakan sebenarnya tidak terlalu efektif dalam hal menimbang pada akses jaringan yang tidak menyeluru, sehingga siswa atau mahasiswa yang berada pada daerah dengan jaringan yang tidak memadai untuk mengakses Zoom akan terhambat. Hal ini menjadi salah satu permasalah yang perlu di pikirkan solusinya seraca speseifik menyesuaikan dinamika perserta didik untuk setiap sekolah. 
  3. Bahan ajar hendaknya dibuat dan disesuaikan tidak hanya dengan 1 metode saja tetapi bisa digabungkan. Misalnya zoom dipadukan dengan LMS dan youtube dalam bentuk video pembelajaran 
  4. Penggunaan video pembelajaran hendaknya tidak terlalu panjang dan tidak menjadi sumber belajar utama melaikan harus dipadukan dengan sumber belajar lainnya sebagai alat feed back dari video pembelajaran. 
  5. Dalam menunjang pembelajaran dimasa pandemi hendaknya segala sumber daya yang bisa digunakan dimaksimalkan penggunaanya. Salah satunya adalah pemanfaatn sensor yang ada pada perangkat smartphone. Dengan memadukan dengan aplikasi-aplikasi open acces kita dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan meningkatkan retensi pembelajaran. 
  6. Bahan ajar di masa pandemi yang disajikan dengan zoom cenderung didesain untuk pembelajaran teacher center learning sementara seyogyanya pembelajaran harus dibuat untuk mengaktifkan siswa. Untuk itu dapat menggunakan software yang melibatkan interaksi dua arah. 
  7. Metode pembelajaran daring jangan terlalu terpaku pada aplikasi/software berbayar karena nyatanya banyak yang open source. 
  8. Tidak dipungkiri bahan ajar yang mayoritas digunakan pada guru masi terikat pada pembelajaran konvensional. Solusi jitu yang pamateri berikan adalah dengan meningkatkan wawasan terkait ternologi open source yang kemudian dapat digunakan sebagai media/alat/bahan/sarana mengajar. Hal ini terutama pada bidang fisika yang selain mengkaji teori juga menghadirkan praktikum baik untuk tujuan justifikasi penguatan teori ataupun pembelajaran konsep. Beberapa sotfware yang dapat dimanfaatkan seperti program tracker untuk pc dan accelerometer untuk mobile phone.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon