Download E-book Materi Kerja dalam Termodinamika

 Berikut e-book atau elektronik book untuk materi fisika termodinamika yaitu kerja dalam termodinamika. 

E-book ini adalah versi flip 3d dalam ekstensi Exe yang dapat diakses melalui program komputer atapun mobile. Dalam e-book ini ada 4 pokok bahasan yang dibahas terkait dengan konsep kerja dalam termodinamika. 



Adapu pokok bahasan tersebut sebagai berikut :

1. Dapat mengetahui defenisi usaha dalam termodinamika

2. Dapat mengetahui usaha dan proses dalam termodinamika

3. Dapat mengetahui usaha dalam suatu siklus : diagram indikator

4. Dapat mengetahui contoh usaha dalam termodinamika

A.   Defenisi Usaha Pada Termodinamika

Secara historik, termodinamika berasal dari usaha manusia untuk mengubah panas menjadi kerja mekanik dengan cara yang seefisien mungkin. Dalam mekanika, kerja didefinisikan sebagai produk antara gaya dan jarak searah gaya yang ditempuh akibat gaya yang bekerja ini. Jadi :

Hubungan ini sangat berguna karena dengannya kita dapat mengitung kerja yang diperlukan untuk menaikkan beban, untuk merenggangkan kawat, ataupun untuk memindahkan suatu partikel bermuatan melalui medan magnet.

Karena kita menggunakan termodinamika dari segi makroskopis, maka sangat berguna bila konsep kerja ini kita hubungkan dengan konsep sistem, sifat, dan proses. Oleh karena itu dalam termodinamika, kerja didefiniskan sebagai berikut : “kerja adalah interaksi antara dua sistem sedemikian hingga apa yang terjadi pada tiap sistem pada permukaan batas interaksinya dapat diulangi dengan efek tunggal di luar tiap sistem berupa perubahan tinggi suatu beban dalam medan potensial gravitasi”

Kalor dan usaha sama-sama berdimensi tenaga (energi). Kalor merupakan tenaga yang dipindahkan (ditransferkan) dari suatu benda ke benda lain karena adanya perbedaan temperatur. Dan bila transfer tenaga tersebut tidak terkait dengan perbedaan temperatur, disebut usaha (work). Usaha yang dilakukan oleh sistem (gas) terhadap lingkungannya bergantung pada proses -proses dalam termodinamika, di antaranya proses isobarik, isokhorik, isotermal, dan adiabatik.

Tinjaulah suatu gas yang berada dalam tabung dengan penutup berbentuk piston yang dapat bergerak bebas, seperti terlihat pada Gambar 2.1.

Download


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon