Perbedaan Generalisasi dan Transferability dalam penelitian

salah satu tijauan yang dapat dijadikan pembeda antara penelitian metode kuantitatif dan kualitatif adalah menyangkut pemberlakukan hasil penelitian. Dalam hal ini adalah generalisasi dan transferability. Apa perbedaan antara generalisasi dan transferability akan dibahas pada artike kali ini. 

Generalisasi VS transferabilty

Dimulai dari generalisasi. Generalisasi adalah pemberlakuan secara umum. Hasil penelitian dari penelitian yang menggunakan metode kuantitatif selama prosedurenya tepat terutama bagian pengambilan sampel dan validitas instrument dapat di tetapkan sebagai suatu yang bersifat umum. 

COntohnya misalnya kita henda melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk membandingkan kemampuan siswa dalam pembelajaran fisika dan biologi pada siswa sma. Sampel diambil dari populasi siswa sma dan diberoleh hasil bahwa kemampuan siswa lebih tinggi pada pembelajaran biologi dibandingkan fisika.Maka hasil ini dapat digeneralisasikan sehingga diketahui bahwa untuk seluru siswa sma kemampuan belajar biologi lebih tinggi dibandingkan belajar fisika. ini disebut generalisasi. 

Selanjutnya adalah transferability. Transferability adalah isitilah yang digunakan untuk mengalihkan suatu hasil penelitian ke tempat lain. Untuk penelitian yang menggunakan metode kualitatif hasilnya tidak bisa digeneralisasi atau diberlakukan secara umum. Hal ini disebabkan karena memang tujuang dari penelitian kualitatif adlah memperdalam pengamatan objek khusus pada kondisi tertentu. Meskipun demikian tidak berarti bahwa hasil penelitian kualitatif hanya berlaku untuk situasi yang diteliti saja melainkan dapat diterapkan pada tempat lain dengan syarat memenuhi kesamaan kondisi dengan situsi yang diteliti. hal tersebut di istilahkan dengan transferability.

Sebagai contoh misalnya kita meneliti kualitas  padi di desa X pada musim panas. dari Hasil peneleitian akan diperoleh kualitas hasil penen di desa X. Hasil ini tidak bisa digunakan untuk menentukan kualitas padi untuk satu negera karenan sejak awal objek yang diteliti hanya desa X. Namun, jika ada desa yang mempunyai karakteristik yang sama dengan desa X, hasil penelitian ini dapat juga diterapkan pada desa tersebut. isitilah penerapan hasil penelitian dalam kasus ini disebut transferability.

Sebagai kesimpulan generalisasi adalah permbelakuan secara umum suatu hasil penelitian sementara transferabilty adalah keteralihan suatu hasil penelitian pada suatu kondisi yang sama dengan objek kajian dari penelitian asal. 

Artikel Terkait

1 komentar

✅Perbedaan Generalisasi Dan Transferability Dalam Penelitian - Zona Pembelajar >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

✅Perbedaan Generalisasi Dan Transferability Dalam Penelitian - Zona Pembelajar >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

✅Perbedaan Generalisasi Dan Transferability Dalam Penelitian - Zona Pembelajar >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK wu


EmoticonEmoticon