Berikut beberapa permasalahan seputar pembelajaran fisika dimasa pandemi serta beberapa alternatif solusi untuk mengatasi setiap permasalahan tersebut berdasarkan refrensi sejumlah jurnal penelltian.
1. minat dan motivasi belajar siswa menurun saat pembelajaran online
Solusi :
Minat dan motivasi adalah faktor internal
yang turut menunjang hasil belajar siswa. Sehingga minat dan motivasi awal
siswa tidak dapat diabaikan dan perlu untuk di tingkatkan. Pada pembelajaran
online, siswa dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan
pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan.
Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh
ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk
menggerakkan menggerakan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki
prestasi belajar.
Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan
tetap berusaha untuk mengaktifkan siswa dapat dilakukan dengan sering
mengajukan pertanyaan ataupun meminta pendapat siswa terkait dengan materi.
Untuk itu menurut saya jauh lebih efektif jika pembelajaran daring dilakukan
dengan menggunakan aplikasi yang memunkinkang interaksi secara langsung seperti
misalnya zoom. Aperepsi juga sangat penting untuk meningkatkan motivasi awal
siswa, dapat dilakukan dengan memperlihatkan video yang menarik terkait dengan
materi ataupun tidak terkait dengan materi seperti misalnya video motivasi.
Solusi lainnya untuk meningkatkan motivasi
belajar adalah dengan menggunakan modul elektronik. Modul elektronik atau
e-modul merupakan tampilan informasi dengan bentuk penyajian bahan belajar
mandiri yang disusun secara sistematis ke dalam unit pembelajaran dengan
memadukan sistem multimedia (audio, video, animasi dan gambar) yang disusun
sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pembelajaran dan membuat pembelajaran
menjadi menarik. E-modul disajikan dalam format buku secara elektronik dengan
menggunakan hard disk, disket, CD, atau flash disk dan dapat dibaca dengan
menggunakan komputer atau alat pembaca buku elektronik. Sebuah penelitian oleh
Zaharah dan Ade Susilowati (2020) menunjukkan bahwa Penggunaan media modul
elektronik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik saat daring.
2. adanya
penurunan pengetahuan matematis siswa karna tidak diberikan secara langsung
oleh guru pelajarannya. Siswa diberikan materi dan penjelasan secara online
tapi tidak efektif.
Solusi
:
Bahkan dalam pembelajaran normal matematika
dalah materi yang agak sulit dipahamkan secara menyeluru kepada siswa, hanya
segelintir siswa yang mempunyai kemampuan matematika yang baik. Apalagi saat
sekarang yang harus Membelajarkan pengetahuan matematis secara online. Ada
beberapa solusi yang diungkapkan
Mustakim (2020) terkait dengan bagaimana mengefektifkan pembelajaran
matematika lewat daring yaitu :
- Pembelajaran dilakukan melalui video call
- Meminimalisir mengirim materi dalam bentuk video berat untuk menghemat kuota
- Pemilihan materi dalam video harus berdasarkan kriteria bahasa yang mudah dipahami;
- Tetap memberikan materi sebelum penugasan;
- Pemberian soal yang bervariatif dan berbeda tiap peserta didik;
- Pemberian tugas harus disertakan cara kerjanya;
- Memberikan tugas sesuai dengan jadwal pelajaran;
- Mengingatkan peserta didik jika ada tugas yang diberikan;
3. Masalah
penyelesaian soal-soal fisika melalui daring.
Berbeda
dengan mata pelajaran lain pada umumnya, fisika merupakan mata pelajaran yang
terkait dengan matematika sehingga tak terlepas dari angka dan rumus.
Permasalahan kemudian yang muncul adalah masalah menyelesaikan soal fisika
melalui daring. Pada perangkat komputer/hp menuliskan persamaan membutuhkan
usaha lebih dan relatif lebih lama dari pada menuliskan bentuk tes. Terutama
saat evaluasi daring waktu siswa kebanyakan habis saat menulis. Solusi yang
mungkin dapat digunakan adalah dengan merancang sistem evaluasi daring dalam
bentuk multiple choice sehingga siswa tidak perlu menuliskan alur penyelesaian
jawaban mereka.
EmoticonEmoticon