RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester :
XI/2
Mata Pelajaran :
Fisika
Materi Pokok : Termodinamika
Pertemuaan Ke- : 2
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Atau RPP Materi Lainnya :
- RPP FIsika K13 Materi Usaha - New !!
- RPP Fisika K13 Materi Gelombang - New !!
- RPP Fisika K13 Materi Hukum II Termodinamika - New !!
- RPP Fisika K13 Materi Tekanan Hidrostatik - New !!
- RPP Fisika Kelas Xi SMA Materi Dinamika Rotasi
- RPP Fisika Materi Induksi elektromagnetik - New !!
- RPP Fisika Materi Perubahan Wujud dan Asas Black - New !!
- RPP Fisika Penerapan Hukum Kekekalan Momentum
- RPP Fisika SMA K 13 Materi Suhu dan Kalor - New !!
- RPP Fisika SMA K13 Materi Gerak Melingkar - New !!
I. Kompetensi
Inti (KI)
A.
Kompetensi Inti Sikap Spritual
(KI1)
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
B.
Kompetensi Inti Sikap
Sosial (KI2)
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C.
Kompetensi Inti Pengetahuan
(KI3)
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D.
Kompetensi Inti
Keterampilan (KI4)
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
II. Kompetensi
Dasar (KD)
A. Kompetensi
Dasar Sikap Spritual
1.1 Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan
yang mengatur karakteristik matahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi,
orbit, dan temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi
B. Kompetensi
Dasar Sikap Sosial
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati,
bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu
dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
C. Kompetensi
Dasar Pengetahuan
3.9 Mendeskripsikan hukum-hukum
termodinamika dan penerapannya dalam teknologi
D. Kompetensi
Dasar Keterampilan
4.9 Melakukan percobaan untuk
menyelidiki hubungan antara tekanan, suhu, dan volume gas pada sebuah ruang
tertutup
III. Indikator
Pencapaian Kompetensi
A. Indikator
Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1
Menyatakan
kebesaran Tuhan yamg menciptakan keteraturan karakteristik matahari dan bumi
sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan temperatur yang sesuai untuk
kehidupan manusia di muka bumi
1.1.2
Menyatakan
kebesaran Tuhan yamg menciptakan keteraturan karakteristik matahari dan bumi
dengan segala kompleksitanya masing-masing
1.2.1
Memyatakan
kebesaran tuhan mengatur peredaran bumi mengelilingi matahari sehingga
terjadi siang dan malam.
1.2.2
Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan bumi dan matahari sehingga terjadi berbagai jenis
cuaca dan iklim.
B. Indikator
Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1
Menampilkan
perilaku rasa ingin tahu ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2
Menampilkan
perilaku jujur ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.3
Menampilkan
perilaku teliti dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1
Menampilkan
bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam
dan di luar jam pembelajaran.
2.2.2
Menampilkan
bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di dalam dan di luar
jam pembelajaran.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi Dasar Penegetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
1. Kognitif
Produk
a.
Mendefenisikan
pengertian usaha dan kalor
b.
Menguraikan
bunyi hukum I termodinamika
2. Kognitif
Proses
a.
Menghitung
b.
Merumuskan
masalah
c.
Merumuskan
hipotesis
c.
Merencanakan
percobaan
d.
Mengolah
data
e.
Menyimpulkan
D. Indikator
Pencapaian Kompetensi Keterampilan (KD-KI 4)
Disediakan
seperangkat alat percobaan sesuai dengan rincian tugas yang ditentukan di LKFPD
meliputi :
1.
Merangkai
alat dan bahan percobaan hukum I termodinamika
IV. Tujuan
Pembelajaran
1.
Diberikan
fenomena yang menggambarkan usaha dan kalor yang ada pada kehidupan sehari-hari,
peserta didik berdiskusi dan memahami konsep usaha dan kalor, sehingga peserta
didik bertambah keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya
terhadap karakteristik bumi dan matahari.
2.
Diberikan
perangkat percobaan, peserta didik melakukan percobaan secara berkelompok
secara hati-hati untuk dapat membuktikan bunyi hukum I termodinamika dengan
tepat, sehingga peserta didik dapat bertambah keimanannya kepada Tuhan Yang
Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap karakteristik bumi dan matahari.
V. Materi
Pembelajaran
A. Pendahuluan
Keutamaan Hukum I
Termodinamika
1.
Landasan
Spiritual
Dukungan Al-Qur’an dan
Hadist
2.
Landasan
Kearifan Lokal
Dukungan Pesan-pesan Tau
Riolo
3.
Landasan
Karakter
Kejujuran ilmiah didukung
oleh teliti, hati-hati, dst
B. Hukum
I termodinamika
1.
Pengertian
Usaha, Kalor, dan Energi Dalam
2.
Hukum
I Termodinamika
VI. Model
dan Metode Pembelajaran
Model : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab, diskusi, dan melakukan
percobaan
VII. Kegiatan
Pembelajaran
A.
Apersepsi (15 menit)
Kegiatan Pendidik
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Alokasi Waktu
|
|
Memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik.
|
Menjawab salam dan menjawab pertanyaan dari
guru.
|
1 menit
|
|
Mengabsen peserta didik.
|
Mendengarkan absen.
|
1 menit
|
|
Menciptakan kesiapan
belajar peserta didik :
·
menanyakan niat siswa datang ke sekolah dan
memberitahukan bahwa “sesungguhnya setiap amalan hanya tergantung dengan niat-niatnya dan setiap orang
hanya akan mendapatkan apa yang ia niatkan.”
·
Menyampaikan apa pokok bahasan materi yang akan
dipelajari hari ini
·
Mengajak siswa untuk bersyukur atas nikmat Allah
SWT yang telah menciptakan Memberikan contoh lain salah satu nikmat Allah
yang mungkin hanya hal kecil tetapi sesungguhnya sangat patut kita syukuri
seperti yang tertuang pada ayat “Fa-biayyi alaa’i rabbi kumaa tukadzdzi ban” yang artinya “maka nikmat Tuhan-mu manakah yang kamu
dustakan?” ayat ini bahkan berulang sebanyak 31 kali dalam QS.
Ar-rahman,, yang menandakan betapa pentingnya kita untuk bersyukur karna
sesungguhnya nikmat Allah sangatlah banyak
|
Mendengarkan perintah dengan :
·
Menyimak apa yang dikatakan oleh guru dan
menyampaikan niatnya untuk datang kesekolah
·
Menyimak apa yang disampaikan oleh guru
·
Menyimak apa yang dikatakan oleh guru
|
10 menit
|
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Membacakan tujuan pembelajaran
|
·
Menyimak apa yang disampaikan oleh guru
|
2 menit
|
|
Membimbing doa sebelum belajar yang dipimpin oleh ketua kelas.
|
Berdoa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran yang dipimpin oleh
ketua kelas.
|
1 menit
|
B.
Inti (105 menit)
Kegiatan Pendidik
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Alokasi Waktu
|
|
Mengingatkan
kembali peserta didik dengan materi sebelumnya
·
Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang “apa perbedaan suhu dan kalor?
“Apa itu usaha?” “Dan apa hubungan kedua
pertanyaan tersebut dengan termodinamika?”
|
·
Menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh pendidik
|
5 menit
|
|
Memberikan
penjelasan singkat tentang materi
|
Menyimak dan
mencatat yang dianggap penting
|
5
menit
|
|
Memberikan contoh soal
·
Menunjuk salah satu dari siswa untuk mengerjakan
di papan
·
Mencocokkan jawaban siswa dengan jawaban yang
benar
|
Mengerjakan
contoh soal
|
10
menit
|
|
Membagikan LKFPD dan menyampaikan bahwa harus
mengerjakan LKFPDnya harus kerjasama tim juga
selama proses pengerjaan percobaan ditekankan kepada peserta didik
untuk mengerjakan dengan jujur, teliti, dan hati-hati serta menjaga
kebersihan karena kebersihan merupakan sebagian dari iman.
|
Peserta didik melakukan percobaan seperti yang
ada pada LKFPD dengan hati-hati secara berkelompok.
|
40 menit
|
|
Membantu peserta didik yang kesulitan dalam
mendeskripsikan hasil percobaannya
|
Setiap kelompok mendeskripsikan hasil
percobaannya
|
20 menit
|
|
Memberi kesempatan kepada salah satu kelompok
untuk mempresentasikan hasil kegiatannya kelompok lain apakah hasil yang
didapatkan sama dengan kelompok yang melakukan presentasi atau tidak
|
Setiap perwakilan
kelompok membacakan jawaban LKFPDnya
|
10
menit
|
|
Meminta peserta didik untuk membuat rangkuman
tentang apa saja materi yang telah dipelajari dan menekankan kepada peserta
didik agar mengerjakan dengan jujur dan tidak menyontek sesuai janji yang
telah mereka ucapkan di awal pembelajaran
|
Membuat rangkuman materi dengan tenang
|
15 menit
|
C.
Penutup (15 menit)
Kegiatan Pendidik
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Alokasi Waktu
|
|
Meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
terkait pembelajaran. Setiap peserta didik boleh memilih soal yang mereka
anggap mudah untuk di kerjakan. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana siswa
memahami pembelajaran dan mengimplementasikannya.
|
Mengerjakan soal dengan tenang
|
13 menit
|
|
Meminta ketua kelas untuk memimpin do’a agar apa
yang dilakukan pada hari ini dapat bernilai ibadah & bermanfaat
|
Ketua kelas memimpin do’a
|
1 menit
|
|
Menutup pembelajaran dan mengucapkan salam
|
Menjawab salam
|
1 menit
|
I.
Alat Dan Sumber Belajar
1.
Alat
dan Bahan
-
BFPD
-
Perangkat
percobaan (LKFPD)
2.
Sumber
Belajar
-
Air
-
Lingkungan
Sekitar
II. Penilaian
Proses Dan Hasil Belajar
1.
Teknik : Tes
2.
Bentuk :
·
Tes
kognitif produk (uraian)
·
Tes
keterampilan (lembar pengamatan)
·
Tes
sikap sosial (lembar pengamatan)
·
Tes
sikap spiritual (lembar pengamatan)
3.
Instrumen :
·
Sikap
spiritual (Lamp. 1)
·
Sikap
sosial (Lamp. 2)
·
Kognitif
produk (Lamp.3)
·
Keterampilan
(Lamp.4)
LAMPIRAN
I. SIKAP SPIRITUAL
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
PETUNJUK :
1. Bacalah pernyataan yang ada di
dalam kolom dengan teliti
2. berilah tanda cek (√) sesuai
dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
Nama Peserta Didik : ......................
Kelas : ......................
Materi Pokok : ......................
Tanggal : ......................
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Peserta
didik semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari hukum I Termodinamika
|
||||
2
|
Peserta
didik berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan pembelajaran
|
||||
3
|
Peserta
didik mengucapkan rasa syukur atas segala nikmat Tuhan
|
||||
4
|
Peserta
didik memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum
|
||||
5
|
Peserta
didik mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya
|
||||
Jumlah
|
Petunjuk Penskoran :
Konversi tanda cek (√) yang diisi
peserta didik sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :
LAMPIRAN II.
SIKAP SOSIAL
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP SOSIAL
Kelas : ............................
Hari, tanggal : ............................
Materi Pokok/Tema : ............................
No
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap
|
Ket.
|
|||
Rasa Ingin tahu
|
Hati-Hati
|
Kerja Sama
|
Toleransi
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
Jumlah
|
Kriteria penskoran :
4 = apabila selalu konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang
tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering
tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Petunjuk penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1
sampai 4
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :
LAMPIRAN
III. KOGNITIF PRODUK
TES TULIS KOGNITIF PRODUK
Bentuk Soal :
Uraian
Indikator
Soal
|
Soal
|
No
|
Menguraikan bunyi hukum I termodinamika
|
Sebuah sistem terdiri atas 4 kg air pada suhu 73 °C, 30 kJ usaha
dilakukan pada sistem dengan cara mengaduk, dan 10 kkal panas dibuang.
(a) Berapakah perubahan tenaga internal sistem? (b) Berapa temperatur akhir sistem? |
U1
|
Sebutkan bunyi Hukum I termodinamika!
|
U2
|
|
……………………….
|
U3
|
|
……………………….
|
U4
|
|
……………………….
|
U5
|
|
Jumlah
|
Rubrik Penilaian :
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
Maksimum
|
U1
|
Diketahui
:
m = 4 kg,
T1 = 73° C = 273 + 73 = 346 K
Jawab : a. Usaha yang dilakukan W = -30 kJ, kalor yang keluar
Q = -10
kkal =10 x 4,18 kJ = 41,8 kJ.
Tenaga internal sistem adalah : ΔU = Q – W = -41,8 kJ + 30 kJ = -11,8 kJ
b. masih ingat tentang kalor yang diperlukan untuk
mengubah suhu sistem bukan?
Q=mcΔT Karena Q bernilai negatif maka suhu menjadi turun. ΔT = 11,8 kJ/((4,18kJ/kg°C)(1,5)) = 1,88° Jadi, suhu akhir sistem adalah 73 – 1,88 = 71,12 °C |
5
|
U2
|
Bunyi hukum I termodinamika menyatakan bahwa “Panas yang
ditambahkan pada suatu sistem sama dengan perubahan energi internal sistem
ditamabh usaha yang dilakukan oleh sistem”
|
5
|
U3
|
..
|
..
|
U5
|
..
|
..
|
U5
|
..
|
..
|
Jumlah
|
25
|
Nilai = skor
diperoleh/skor maksimum x 100
LAMPIRAN
IV. KETERAMPILAN
Instrumen Penilaian Tes Praktik
Nama atau Kelompok peserta didik yang dinilai : ...............
Kelas / No :
..............
No
|
Indikator
|
Hasil Penelitian
|
|||
4 (sangat baik)
|
3 (baik)
|
2 (cukup)
|
1 (kurang)
|
||
1
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
||||
2
|
Deskripsi
pengamatan
|
||||
3
|
Melakukan
praktik
|
||||
4
|
Membuat
laporan hasil praktik
|
||||
5
|
Mempresentasikan
hasil praktik
|
||||
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
|
Rubrik Penilaian
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
1. Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan
yang diperlukan
2. Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang
diperlukan
3. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang
diperlukan
4. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang
diperlukan dalam kondisi siap digunakan
|
2
|
Deskripsi
pengamatan
|
1. Tidak memperoleh deskripsi hasil
pengamatan.
2. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan
kurang lengkap dan kurang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
3. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan
kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
4. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan
secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
|
3
|
Melakukan
praktik
|
1. Tidak mampu melakukan praktik dengan
menggunakan prosedur yang ada.
2. Mampu melakukan praktik dengan
menggunakan sebagian prosedur yang ada.
3. Mampu melakukan praktik dengan
menggunakan seluruh prosedur yang ada.
4. Mampu melakukan praktik dengan
menggunakan seluruh prosedur yang ada dengan benar.
|
4
|
Menuliskan
hasil praktik
|
1.
Tidak mampu menuliskan hasil praktik sesuai
dengan prosedur yang ada
2.
Mampu menuliskan hasil praktik dengan
sebagian prosedur yang ada
3.
Mampu menuliskan hasil praktik dewngan
prosedur yang ada
4.
Mampu menuliskan hasil praktik dengan
prosedur yang ada dengan baik dan benar
|
5
|
Mempresentasikan
hasil praktik
|
1. Mampu mempresentasikan hasil praktik
secarasubstantif masih ada kesalahan, bahasa sulit dimengerti, dan
disampaikan tidak percaya diri.
2. Mampu mempresentasikan hasil praktik
dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan
tidak percaya diri.
3. Mampu mempresentasikan hasil praktik
dengan benar secara substantif, bahasa
mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
4. Mampu mempresentasikan hasil praktik
dengan benar secara substantif, bahasa mudah
dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
|
1 komentar
✅Rrp Pelajaran Fisika Materi Termodinamika - Zona Pembelajar >>>>> Download Now
>>>>> Download Full
✅Rrp Pelajaran Fisika Materi Termodinamika - Zona Pembelajar >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
✅Rrp Pelajaran Fisika Materi Termodinamika - Zona Pembelajar >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK 8b
EmoticonEmoticon