MFC- Menghasilkan Listrik dari Bakteri

Peradaban manusia mengalami kemajuan pesat pasca ditemukannya listrik yang kemudian secara perlahan membawa peradaban manusia merangkak menuju era teknologi. Listrik di era dewasa ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Semua tahu bahwa listrik merupakan hasil konversi dengan memanfaatkan energi alam, mungkin anda sering mendengar pembangkit listrik tenaga air dimana gerakan air digunakan untuk memutar turbin dan kemudia dari gerakan turbin itu menghasilkan listrik, bukan Cuma air angin, gas bumi, uap juga digunakan sebagai sumber penghasil listrik, namun pernahkan anda mendengar bahwa listrik dapat diperoleh dari bakteri ?!

 MFC

Limbah yang berlimpah ruang yang dihasilkan dari berbagai aktivitas manusia tak lepas dari kehadiran bakteri, mungkin inilah pemicu munculnya ide untuk memanfaatkan kehadiaran dari bakteri. Para ilmuan dunia berhasil menemukan sebuah perangkat yang di desain untuk menghasilkan listrik dengan memanfaatkan keberadaan dari bakteri di alam. Perangkat ini di istilahkan dengan MFC atau Microbial Full Cell.

Prinsip Kerja MFC 
Simpel desain MFC
Simpel Desain MFC

Prinsip kerja dari MFC ini adalah dengan memanfaatkan bakteri sebagai katalis untuk mengoksidasi bahan organik atau anorganik dan menciptakan aliran elektron. MFC dilengkapi dengan beberapa komponen dasar untuk bisa menghasilkan arus listrik.
Komponen dasar tersebut adalah pasangan elektroda yaitu anoda dan katoda, membran penukar proton dan komponen listrik yaitu resistor. Bakteri ditempatkan pada bagian anoda yang kemudia melalui reaksi oksidasi yang mendegradasi subtrak yang digunakan dan menghasilkan ion-ion. Kehadiran ion-ion pada anoda menyebabkan terjadinya beda potensial yang menimbukan tegangan yang akan mencipatakan aliran elekton dari potensial tinggi yaitu anoda ke katoda. Aliran inilah yang kita sebut sebagai arus listrik.

Saat ini dalam perkembangannya MFC sudah dapat menghasilkan daya yang dapat digunakan untuk menghidupkan produk elektronik seperti handphone dan laptop. Meskipun daya yang di dihasilkan dari MFC pada saat ini masih relatif kecil dan belum memenuhi syarat sebagai alternatif pembangkit energi utama namun tidak dipungkiri kedepanya MFC akan terus berkembang dan menjadi salah satu alat pembangkit listrik utama.


Artikel Terkait

1 komentar

Artikel yang bermanfaat :) Kunjungi balik yaa https://blog-faedah.blogspot.com


EmoticonEmoticon