Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X
Tema/Sub Tema : Perubahan Wujud dan Asas Black
Topik/Materi Pokok : Kalor
Pertemuan : 3
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
I. Kompetensi Inti :
A. Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI 1) :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B. Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI 2) :
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C. Kompetensi Inti Pengetahuan (KI 3) :
Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D. Kompetensi Inti Keterampilan (KI 4) :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuwan.
II. Kompetensi Dasar :
A. Kompetensi Dasar Sikap Spiritual
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya.
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, dan optik
B. Kompetensi Dasar Sikap Sosial
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan berdiskusi
C. Kompetensi Dasar Pengetahuan
3.7 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari.
D. Kompetensi Dasar Keterampilan
4.7 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas dan konduktivitas kalor.
III. Indikator
A. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1 Mengenali dan mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan mengenai suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
1.1.2 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan hubungan air dengan benda-benda lain di alam semesta dan kompleksitasnya masing-masing.
1.2.1 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan bebagai jenis air di alam semesta dengan karakteristiknya masing-masing.
1.2.2 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai jenis air sebagai unsur utama bagi manusia dalam menjalani kehidupannya
B. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1 Melakukan kegiatan pengamatan secara aktif, teliti, jujur, hati-hati, bertanggungjawab, disiplin, dan kerja sama.
2.1.2 Menampilkan perilaku peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1 Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.
2.2.2 Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
3.7.1 Menjelaskan kapasitas kalor dan kalor jenis benda
3.7.2 Menghitung jumlah kalor yang dibutuhkan
3.7.3 Menghitung jumlah kalor yang dibutuhkan untuk menaikan suhu dari titik beku hingga titik uap.
3.7.4 Menjelaskan bunyi Azas Black.
3.7.5 Menghitung suhu campuran menggunakan persamaan Azas Black.
3.7.6 Menyebutkan penerapan Azas Black dalam kehidupan sehari-hari.
D. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Keterampilan (KD-KI 4)
4.7.1 Melakukan percobaan untuk menentukan persamaan kalor.
4.7.2 Melakukan percobaan Azas Black untuk menentukan suhu akhir campuran.
IV. TujuanPembelajaran
1. Dengan melakukan eksperimen untuk menentukan persamaan kalor, Maka melalui kegiatan Tanya jawab, peserta didik dapat menjelaskan kapasitas kalor dan kalor jenis benda.
2. Melalui diskusi kelompok dan tugas pada BFPD, peserta didik dapat menghitung jumlah kalor yang dibutuhkan.
3. Dengan eksperimen sederhana tentang peleburan es hingga menguap, dan melalui diskusi kelompok dan tugas pada BFPD peserta didik dapat menghitung jumlah kalor yang dibutuhkan untuk menaikan suhu dari titik beku hingga titik uap.
4. Melalui percobaan sederhana mencampurkan air dingin dan air panas dan tugas pada LKFPD , peserta didik dapat menjelaskan bunyi Azas Black.
5. Melalui percobaan sebelumnya dan tugas pada LKFPD, peserta didik dapat menghitung suhu campuran menggunakan persamaan Azas Black.
6. Melalui kegiatan Tanya jawab, peserta didik dapat menyebutkan contoh penerapan Azas Black dalam kehidupan sehari-hari.
V. Materi Ajar
DIAGRAM PERUBAHAN WUJUD ZAT
ASAS BLACK
Joseph Black adalah seorang fisikawan yang lahir pada 16 april 1728 dan meninggal pada 16 Desember 1799 dimana pada tahun 1760 ia mengemukakan pertama kalinya tentang Azas Black dimana ia menyatakan bahwa "Pada pencampuran dua zat, banyaknya kalor yang dilepas zat yang suhunya lebih tinggi sama dengan banyaknya kalor yang diterima zat yang suhunya lebih rendah" dimana teori ini dapat dirumuskan sebagai berikut;
Q_lepas = Q_terima
Keterangan:
Qlepas = jumlah kalor yang dilepas oleh zat
Qterima = jumlah kalor yang diterima oleh zat
Dilihat dari persamaan di atas dan teori yang disampaikan oleh Joseph Blackdapat ditemukan hubungan - hubungan seperti berikut;
1. Jika dua buah benda yang berbeda yang suhunya dicampurkan, benda yang panas memberi kalor pada benda yang dingin sehingga suhu akhirnya sama.
2. Jumlah kalor yang diserap benda dingin sama dengan jumlah kalor yang dilepas benda panas .
3. Benda yang didinginkan melepas kalor yang sama besar dengan kalor yang diserap bila dipanaskan.
VI. Model dan Metode Pembelajaran
Model : PBL
Pendekatan : Saintifik
Metode : Tanya jawab, diskusi, eksperimen, ceramah
VII. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
Sintaks Problem Based Learning | Rincian Kegiatan | Waktu |
Menciptakan Stimulus | Pendahuluan 1. Memberikan salam dan mengecek kehadiran peserta didik. 2. Menunjuk peserta didik untuk memimpin do’a bersama sebelum memulai pelajaran. 3. Menanyakan keadaan peserta didik serta kesiapannya untuk menerima materi pembelajaran yang akan diberikan. 4. Memberi motivasi dengan menanyakan: pernah kalian mau minum teh tpi tehnya terlalu panas? Apa yang kalian lakukan? Mengapa? Pernah tidak kalian merasakan saat berlama-lama di dalam ruangan ber-AC lalu setelah keluar kalian merasakan udara di luar sangat panas namun lama-kelamaan rasa panas itu hilang dengan sendirinya? Mengapa hal itu bisa terjadi? 5. Menyampaikan tujuan pembelajaran | 5 Menit |
Mengorientasikan peserta didik pada masalah. Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran Membimbing penyelidikan mandiri. Mengembangkan dan menyajikan karya. Analisa dan evaluasi | Kegiatan Inti Mengamati 1. Guru membagikan BFPD kepada peserta didik 2. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk membaca BFPD. 3. Guru menyampaikan materi singkat tentang proses perubahan wujud zat dan asas black. 4. Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati. Menanya 5. Peserta didik dipersilahkan menanyakan yang tidak dimengerti Mencoba 6. Peserta didik dibagi dalam 4 kelompok kelompok. 7. Peserta didik melakukan eksperimen untuk menentukan persamaan kalor. 8. Peserta didik melakukan percobaan memanaskan es hingga menjadi uap. 9. Peserta didik melakukan percobaan mencampurkan air panas dan dingin kemudian menentukan suhu akhir campuran. Mengasosiasi 10. Peserta didik berdiskusi untuk menghitung jumlah kalor yang dibutuhkan. 11. Peserta didik menghitung jumlah kalor yang dibutuhkan untuk menaikan suhu dari titik beku hingga titik uap. 12. Peserta didik menjelaskan bunyi Azas Black. 13. Peserta didik menghitung suhu campuran menggunakan persamaan Azas Black. 14. Peserta didik menyebutkan penerapan Azas Black dalam kehidupan sehari-hari. Mengomunikasikan 15. Perwakilan dari peserta didik menyampaikan hasil hitungan dan kesimpulan diskusi dengan teman kelompok 16. Mendiskusikan pemecahan masalah jika ada perbedaan jawaban. 17. Guru menilai kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan. 18. Guru menuntun peserta didik menyelesaikan soal-soal pada LKPD 19. Peserta didik menyelesaikan soal mandiri postes | . 35 menit |
| Penutup 1. Bersama peserta didik merangkum konsep persamaan kalor dan Azas Black. 2. Melaksanakan postes 3. Memberikan pekerjaan rumah tentang Perubahan wujud zat dan Azas Black yang ada pada BFPD. | 5 menit |
VIII. Alat dan Sumber Pembelajaran
A. Alat dan Bahan
1. Perangkat percobaan (LKFPD)
B. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar
2. Lingkungan sekitar.
IX. Penilaian Proses dan Hasil Belajar (Terlampir)
A. Teknik : Tes
B. Bentuk :
1. Tes kognitif (uraian)
2. Tes keterampilan (lembar pengamatan)
C. Instrument :
1. Afektif
2. Kognitif
3. Psikomotorik
D. Tugas
Selesaikanlah uji kompetensi pada BFPD tentang Perubahan wujud zat dan Azas Black.
X. Penilaian
A. Penilaian Sikap (KI.II)
a. Teknik Penilaian : Non Tes
b. Bentuk Instrumen : Observasi
c. Kisi-kisi
No. | Aspek yang Dinilai | Indikator | Butir Item |
1 | Aktif | Aktif dalam merumuskan masalah | 1.1 |
Aktif dalam membuat hipotesis | 1.2 | ||
Aktif dalam melakukan percobaan | 1.3 | ||
Aktif dalam berdiskusi kelompok | 1.4 | ||
Aktif dalam presentasi kelompok | 1.5 | ||
2 | Kerjasama | Kerja sama dalam diskusi kelompok | 2.1 |
Kerja sama dalam melakukan percobaan | 2.2 | ||
3 | Jujur | Jujur dalam melakukan percobaan | 3.1 |
Jujur dalam mengerjakan soal tes | 3.2 | ||
4 | Teliti | Teliti dalam melakukan percobaan | 4.1 |
Teliti dalam menganalisis data | 4.2 | ||
5 | Hati-hati | Hati-hati dalam melakukan percobaan | 5.1 |
6 | Tanggungjawab | Tanggungjawab dalam kegiatan pembelajaran | 6.1 |
7 | Disiplin | Disiplin dalam kegiatan pembelajaran | 7.1 |
Disiplin dalam melakukan praktikum | 7.2 | ||
8 | Peduli Lingkungan | Peduli dalam lingkungan Laboratorium | 8.1 |
d. Instrumen Penilaian : Lembar Observasi
e. Rubrik Penilaian : Terlampir
B. Penilaian Kognitif (KI.III)
a. Teknik Penilaian : Tes Tulis
b. Bentuk penilaian : Uraian
c. Instrumen penilaian : Terlampir
d. Petunjuk penskoran : Terlampir
e. Kisi-kisi instrumen penilaian
No. | Indikator | Tingkat Kesukaran | Butir Instrumen |
1. | Menjelaskan kapasitas kalor dan kalor jenis benda | C2 | Soal uraian no.1 dan 2 |
2. | Menghitung jumlah kalor yang dibutuhkan. | C3 | Soal uraian no.3 |
3. | Menghitung jumlah kalor yang dibutuhkan untuk menaikan suhu dari titik beku hingga titik uap | C4 | Soal uraian no.4 |
4. | Menjelaskan bunyi Azas Black | C2 | Soal uraian no.5 |
5. | Menghitung suhu campuran menggunakan persamaan Azas Black | C3 | Soal uraian no.6 |
6. | Menentukan kalor jenis suatu zat | C3 | Soal uraian no.7 |
7. | Menyebutkan penerapan Azas Black dalam kehidupan sehari-hari | C1 | Soal uraian no.8 |
C. Penilaian Psikomotorik (KI.IV)
a. Teknik Penilaian : Non Tes
b. Bentuk Penilaian : Observasi
c. Petunjuk Penskoran : Terlampir
d. Rubrik Penilaian : Terlampir
e. Kisi-kisi Instrumen Penilaian
No. | Aspek yang dinilai | Butir Instrumen |
1 | Menyiapkan alat dan bahan | Tes Praktik 1, 2, dan 3 |
2 | Deskripsi pengamatan | Tes Praktik 1, 2, dan 3 |
3 | Melakukan praktik | Tes Praktik 1, 2, dan 3 |
4 | Membuat laporan hasil praktik | Tes Praktik 1, 2, dan 3 |
5 | Mempresentasikan hasil praktik | Tes Praktik 1, 2, dan 3 |
Jumlah Skor yang Diperoleh | |
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Fisika
NIP. NIP.
LAMPIRAN I. SIKAP
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Kelas : ............................
Hari, tanggal : ............................
Materi Pokok/Tema : ............................
No | Nama Peserta Didik | Sikap | Ket | |||||||
Aktif | Kerjasama | Jujur | Teliti | Hati | Tanggung jawab | Disiplin | Peduli lingkungan | | ||
1 | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | |
.. | ….. | … | …. | … | … | … | … | …. | ….. | … |
Jumlah | | |
Kriteria penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Petunjuk penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
LAMPIRAN II. KOGNITIF
TES TULIS KOGNITIF
Rubrik Penilaian :
Soal Postes Pertemuan III (Azas Black)
1. Sebutkan bunyi Azas Black!
2. Air bermassa 200 gram dan bersuhu 30 oC dicampur air mendidih bermassa 100 gram dan bersuhu 90 oC. (Kalor jenis air 1 kal.gram-1. oC-1). Hitunglah suhu akhir campuran!
Jawaban soal postes pertemuan III (Azas Black)
1. Bunyi Azas Black: Jika dua macam zat yang berbeda suhunya dicampurkan. Maka zat yang suhunya lebih tinggi akan melepaskan kalor yang sama banyaknya dengan kalor yang diserap oleh zat yang suhunya lebih tinggi.
2. Diketahui:
m1 : 200 gr
T1 : 30 oC
m2 : 100 gr
T2 : 90 oC
Ditanya: Tc = …..?
Dijawab:
200 - 6000 = 9000 – 100
300 = 15.000
= 50 oC
Jadi suhu akhir campuran air tersebut sebesar 50 oC
Kriteria penilaian:
LAMPIRAN III. KETERAMPILAN
Instrumen Penilaian Tes Praktik
Nama atau Kelompok peserta didik yang dinilai : ...............
Kelas / No : ..............
No | Indikator | Hasil Penelitian | ||
3 (baik) | 2 (cukup) | 1 (kurang) | ||
1 | Menyiapkan alat dan bahan | | | |
2 | Deskripsi pengamatan | | | |
3 | Melakukan praktik | | | |
4 | Membuat laporan hasil praktik | | | |
5 | Mempresentasikan hasil praktik | | | |
Jumlah Skor Yang Diperoleh | | | |
Rubrik Penilaian
No | Indikator | Rubrik |
1 | Menyiapkan alat dan bahan | 1. Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan 2. Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang diperlukan 3. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan 4. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan dalam kondisi siap digunakan |
2 | Deskripsi pengamatan | 1. Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan. 2. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap dan kurang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. 3. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. 4. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. |
3 | Melakukan praktik | 1. Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada. 2. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada. 3. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada. 4. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada dengan benar. |
4 | Menuliskan hasil praktik | 1. Tidak mampu menuliskan hasil praktik sesuai dengan prosedur yang ada 2. Mampu menuliskan hasil praktik dengan sebagian prosedur yang ada 3. Mampu menuliskan hasil praktik dengan prosedur yang ada 4. Mampu menuliskan hasil praktik dengan prosedur yang ada dengan baik dan benar |
5 | Mempresentasikan hasil praktik | 1. Mampu mempresentasikan hasil praktik secarasubstantif masih ada kesalahan, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri. 2. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri. 3. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri. 4. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri. |
Penilaian keterampilan untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut :
Kriteria Penilaian :
PREDIKAT | NILAI |
Sangat Baik ( SB) | 90 ≤ A ≤ 100 |
Baik (B) | 70 ≤ B ≤ 89 |
Cukup (C) | 60 ≤ C ≤ 69 |
Kurang (K) | D<60 |
EmoticonEmoticon