RPP Fisika K13 Materi Hukum II Termodinamika

Tags


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Menegah Atas
Mata Pelajaran                        : FISIKA
Kelas/Semester                        : XI / 2
Topik                                       : Termodinamika
Sub Topik                                : Hukum Kedua Termodinamika
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit (1 kali tatap muka)
I.     KOMPETENSI INTI
A.  Kompetensi Inti Sikap Spritual (KI1):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
B.  Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI2)
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
C.  Kompetensi Inti Pengetahuan (KI3)
Memahami, menerapkan, dan menjelaskanpengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
D.  Kompetensi Inti Keterampilan (KI4)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
II.  Kompetensi Dasar (KD)
A.  Kompetensi Dasar Sikap Spiritual:
1. 1.     Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1. 2.     Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik matahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi
B.  Kompetensi Dasar Sikap Sosial:
2. 1.     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan.
2. 2.     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
C.  Kompetensi Dasar Pengetahuan:
3. 1.     Mendeskripsikan hukum-hukum termodinamika dan penerapannya dalam teknologi
D.  Kompetensi Dasar Keterampilan:
4. 3.     Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubunganantara tekanan, suhu, dan volume gas pada sebuahruang tertutup
III.   Indikator Pencapaian Kompetensi
A.  Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1. 2. 1.  Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan hubungan keteraturan alam dan jagad raya.
1. 2. 2.  Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan alam dan jagad raya dengan kompleksitasnya masing-masing.
1. 2. 1.  Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan karakteristikmatahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi
1. 2. 2.  Menyatakan kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik matahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi
B.  Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2. 1. 1.  Menampilkan perilaku jujur ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2. 1. 2.  Menampilkan perilaku teliti dalam kehidupan sehari-hari.
2. 2. 1.  Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.
2. 2. 2.  Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di dala dan di luar jam pembelajaran.
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
1.    Kognitif Produk
a.    Menjelaskan hukum II termodinamika
b.   Menjelaskan prinsip kerja mesin kalor
c.    Mengaplikasikan rumus efisiensi termal mesin kalor
d.   Menjelaskan prinsip kerja mesin Carnot
e.    Menjelaskan  prinsip dasar lemari es
f.     Mengaplikasikan rumus koefisien performansi mesin pendingin carnot
2.    Kognitif proses
a.    Menghitung
b.   Menganalisis
c.    Merumuskan masalah
d.   Merumuskan hipotesis
e.    Mengolah data
f.     menyimpulkan
D.  Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan (KD-KI 4)
1. Membuat suatu alat percobaan yang menggunakan konsep hukum termodinamika kedua.
IV.   Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui buku fisika peserta didik (BFPD), peserta didik dapat menjelaskan hukum kedua termodinamika
2.    Melalui diskusi LKFPD, peserta didik dapat menjelaskan prinsip kerja mesin kalor, mesin carnot dan mesin pendingin.
3.    Melalui BFPD dan diskusi LKFPD, peserta didik dapat menentukan efisiensi dari suatu mesin kalor, mesin carnot, mesin pendidingin dengan benar
V.      Materi Pembelajaran
Hukum Kedua Termodinamika
1. Mesin Carnot
2. Mesin Pendingin
VI.   Model dan Metode Pembelajaran
1.    Model              : Inquiry
2.    Metode            : Tanya jawab, Diskusi
VII.Kegiatan Pembelajaran
A.  Pendahuluan  (10 menit)
Kegiatan pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik
Menjawab salam dan menjawab pertanyaan guru
1 menit

Menanyakan apakah ada peserta didik yang absen
Menjawab pertanyaan guru
1 menit

Menciptakan kesiapan belajar peserta didik:
·      Menyampaikan niat kepada peserta didik serta memotivasi peserta didik untuk  menyampaikan niatnya datang ke sekolah.
·      Menyampaikan materi apa yang akan dipelajari.

·      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari dalam pembelajaran ini.

·      Membimbing doa sebelum belajar

Mendengarkan perintah dengan:
·      Mendengarkan guru serta menyampaikan niatnya datang ke sekolah



·      Mendengarkan penyampaian guru serta melakukan instruksi dari guru.
·      Mendengarkan penyampaian guru



·      Berdoa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran yang dipimpin oleh ketua kelas.
3 menit

Melakukan apersepsi dengan menanyakan bunyi hukum pertama dan hukum kedua termodinamika serta menjelaskan hubungan antara keduanya
Menjawab dan mendengarkan guru
5 menit


B.  Inti (70 menit)
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Membagi peserta didik dalam beberapa kelompok dan meminta untuk masing-masing kelompok memilih ketua.
Mengikuti instruksi guru




1 menit
Menampilkan powerpoint dan menjelaskannya kepada siswa secara singkat
Memberikan umpan balik atas penjelasan yang diberikan oleh guru
8 menit
 Meminta setiap perwakilan kelompok untuk mengambil LKFPD
Mengikuti instruksi guru


1 menit
Meminta peserta didik untuk mendiskusikan LKFPD yang telah dibagikan serta Membantu kelompok yang mengalami kesulitan
Mendiskusikan jawaban dari LKFPD serta mendengarkan penjelasan dari guru (bagi kelompok yang mengalami kesulitan)

45 menit
Meminta salah satu perwakilan kelompok untuk memaparkan hasil diskusinya dan bertanya kepada kelompok lain apakah jawabannya sama atau tidak. Mengarahkan peserta didik jika jawaban kelompok tidak sama
Salah satu kelompok memaparkan hasil diskusinya dan kelompok lain mendengarkan. kelompok yang memiliki jawaban yang berbeda juga memaparkan jawabannya hingga jawaban semua kelompok sama
15 menit

C.  Penutup (10 menit)
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Dididk
Alokasi Waktu
Memberikan tugas tambahan secara bekelompok berupa membuat alat percobaan yang menggunakan konsep hukum kedua termodinamika
Mendengarkan dan mencatat penyampaian yang disampaikan guru.

2 menit
 Meminta salah satu peserta didik untuk memaparkan kesimpulan apa yang diperoleh dalam proses pembelajaran berlangsung
Salah satu peserta didik memaparkan kesimpulan yang diperoleh dalam proses pembelajaran



5 menit
Meminta ketua kelas untuk memimpin do’a sebelum mengakhiri kegiatan pembelajaran

Berdoa sebelum mengakhiri kegiatan pembelajaran yang dipimpin oleh ketua kelas.

2 menit
Menutup pembelajaran dan mengucapkan salam
Menjawab salam
1 menit


VIII.  Alat dan Sumber Belajar
1.    Alat dan bahan
-       Lembar kerja peserta didik (LKFPD)
-       Buku fisika peserta didik (BFPD)
2.    Sumber Belajar
-       Matahari dan bumi
-       Pajangan
-       Lingkungan sekitar
-       Buku fisika peserta didik (PFPD)
IX.   Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.    Teknik             : Tes
2.    Bentuk             :
-       Tes kognitif produk (uraian)
-       Tes keterampilan (lembar pengamatan)
-       Tes sikap sosial(lembar pengamatan)
-       Tes sikap spiritual (lembar penilaian diri)
3.    Instrumen        :
-       Sikap spiritual
-       Sikap sosial
-       Kognitif Produk
-       Keterampilan
-       Kunci jawaban dan pedoman penskoran
-       Tugas
X.  Daftar Pustaka
Kanginan, Marthen.2006. FISIKA untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nurachmandani, Setya.2009. FISIKA 2 Untuk SMA/MA  Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Sarwono, dkk. 2009. FISIKA 2 Mudah dan Sederhana Untuk SMA/MA kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan.




LAMPIRAN I. SIKAP SPIRITUAL
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
PETUNJUK :
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2. berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
Nama Peserta Didik    : ......................
Kelas                           : ......................
Materi Pokok              : ......................
Tanggal                       : ......................
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Peserta didik semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari hukum II Termodinamika




2
Peserta didik berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan




3
Peserta didik mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan




4
Peserta didik memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum




5
Peserta didik mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya




Jumlah




Petunjuk Penskoran :
Konversi tanda cek (√) yang diisi peserta didik sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


LAMPIRAN II. SIKAP SOSIAL
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP SOSIAL
Kelas                           : ............................
Hari, tanggal               : ............................
Materi Pokok/Tema     : .............................

No
Nama Peserta Didik
Sikap
Ket
Rasa ingin tahu
Hati-hati
Kerja sama
Toleransi
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






Kriteria penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang
tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering
tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Petunjuk penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :





LAMPIRAN III. KOGNITIF PRODUK
TES TULIS KOGNITIF PRODUK
Bentuk Soal : Uraian
Indikator Soal
Soal
No
Efisiensi mesin
1.    Jika perbandingan antara energi pada suhu rendah dan suhu tinggi suatu mesin carnot adalag 3:4, maka berapakah efisiensi yang dimili mesin tersebut?
U1
2. Sebuah mesin pendingin memiliki daya guna 7. Jika reservoir tinggi bersuhu 30˚C, maka berapakah temperatur suhu rendahnya?
U2
……………………….
U3
……………………….
U4
……………………….
U5
Jumlah


Rubrik Penilaian :
No
Kunci Jawaban
Skor Maksimum
U1
Diketahui :
Ditanya : efisiensi mesin carnot (η) ?
Jawab :

5
U2
Diketahui :
Ditanya : T2?
Peny:
8 T2 = 2121
T2 =  = 265,12 K
T2 = 7,88˚C
5
U3
..
..
U5
..
..
U5
..
..
Jumlah
25

Nilai =


LAMPIRAN IV. KETERAMPILAN
Instrumen Penilaian  Keterampilan
Nama atau Kelompok  peserta didik yang dinilai       : ...............
Kelas / No                                                                   : ..............
NO
Indikator
Hasil Rancangan
4 (sangat baik)
3 (baik
2 (cukup)
1 (kurang)
1
Alat yang dibuat




2
Ke presisian alat





Instrumen Penilaian Keterampilan
Nama atau Kelompok  peserta didik yang dinilai       : ...............
Kelas / No                                                                   : ..............
Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1
Alat percobaan yang dibuat
1. tidak sesuai dengan konsep hukum kedua termodinamika
2. kurang sesuai dengan konsep hukum kedua termodinamika
3. cukup sesuai dengan konsep hukum kedua termodinamika
4. sesuia dengan konsep hukum kedua termodinamika
2
Ke presisian alat
1. kepresisian alat tidak bagus (jelek)
2. kepresisian alat kurang bagus
3. kepresisian alat bagus
4. kepresisian alat sangat bagus

Kriteria penilaian:
Nilai =


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon