Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/semester : XII/ I
Materi pembelajaran : Induksi Elektromagnetik
Sub Materi : GGL Induksi
Pertemuan Ke- : 1 (Pertama)
Alokasi Waktu : 50 menit
A. Kompetensi Inti Sikap Spritual (KI.1)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B. Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI.2)
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia.
C. Kompetensi Inti Pengetahuan (KI.3)
Memahami, menerapkan dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaira dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serat menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D. Kompetensi Inti Keterampilan (KI.4)
Mencoba, mengolah, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
II. KOMPETENSI DASAR (KD)
A. Kompetensi Dasar Sikap Spiritual
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan.
B. Kompetensi Dasar Sikap Sosial
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
C. Kompetensi Dasar Pengetahuan
3.7 Memformulasikan induksi listrik dan induksi magnetik serta penerapannya.
D. Kompetensi Dasar Keterampilan
4.7 Membuat proyek sederhana dengan menggunakan prinsip induksi listrik dan induksi magnetik
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
A. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spritual (KD-KI 1)
1.1.1 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan antara medan listrik dan medan magnet di alam semesta.
1.1.2 Menyatakan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan medan listrik dan medan magnet di alam semesta dengan karaketristinya masing-masing.
1.1.3 Menyatakan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan medan listrik dan medan magnet di alam semesta sehingga memungkinkan manusia untuk mengembangkan teknologi
B. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
1.1.1 Menampilkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
1.1.2 Menampilkan perilaku santun dalam kehidupan sehari-hari.
1.1.3 Menampilkan perilaku tekun dalam kegiatan belajar mengajar.
1.1.4 Menunjukan perilaku teiti dalam melakukan percobaan.
1.1.5 Menunjukan perilaku kerja sama dalam melakukan percobaan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan (KD-KI 3)
1. Indikator Pengetahuan
a. Siswa mampu merumuskan makna konsep hukum Faraday
b. Siswa mampu merumuskan persamaan hukum Faraday
c. Siswa mampu mendesain proyek sederhana dengan menggunakan prinsip hukum faraday
2. Kognitif Proses
a. Memaknai rumus
b. Menghitung
c. Merumuskan masalah
d. Merumuskan hipotesis
e. Mengisi data percobaan
f. Menganalisis data
D. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Keterampilan
1. Merangkai rangkaian percobaan induksi elektromagntik.
2. Mengoperasikan galvanometer/multitester.
3. Membaca penunjukan skala galvanometer/multitester.
IV.TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menjelaskan makna konsep hukum faraday
2. Siswa dapat menjelaskan makna dari hukum Faraday
3. Siswa dapat menentukan persamaan hukum faraday dari 3 keadaan yang mempengaruhi GGL
4. Siswa dapat menyelesaikan soal-soal hukum faraday
5. Siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan induksi elektromagnetik
V. MATERI PEMBELAJARAN
Induksi listrik adalah fenomena fisika yang apabila pada suatu benda yang tadinya tidak bermuatan listrik menjadi bermuatan listrik akibat adanya penagruh dari gaya gerak listrik atau dari bnda bermuatan lain yang didekatkan padanya.
Induksi elektromagnetik adalah peristiwa timbulnya beda potensial pada ujung-ujung kawat penghantar bila terjadi perubahan jumlah garis-garis gaya magnet yang melingkupi kumparan atau timbulnya GGL yang disebabkan adanya perubahan fluks magnetik yang dilingkupi oleh kumparan.
A. GGL Induksi
· GGL induksi yaitu beda potensial yang terjadi pada ujung-ujung kumparan dan arus listrik yang timbul disebut arus induksi. Michael faraday menggambarkan medan magnet dengan garis-garis gaya, garis gaya yang rapat merupakan medan magnet yang kuat, garis gaya yang kurang rapat merupakan medan magnet yang kurang kuat dan garis gaya yang sejajar merupakan medan magnet yang homogen.
· Fluks magnetik yaitu banyaknya jumlah garis gaya yang menembus permukaan bidang secara tegak lurus dapat dituliskan
dimana = fluks magnetik (Wb;Weber)
(a) (b)
Gbr.1 Garis medan magnetik yang menembus permukaan bidang (a) arah B tegak lurus bidang, (b) arah B tidak tegak lurus permukaan bidang.
· Hukum Faraday : menyatakan bahwa “Besarnya GGL Induksi yang timbul antara ujung-ujung kumparan berbanding lurus dengan kecepatan perubahan fluks magnetik yang dilingkupi oleh kumparan tersebut”. Secara matematis dituliskan sbb :
Dimana = GGL induksi (volt)
N = jumlah lilitan kumparan
· Dari persamaan fluks magnetik, terlihat ada 3 faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan fluks magnetik
a. Luas bidang kumparan
b. Perubahan induksi magnetik
c. Perubahan sudut
VI. Model dan metode pembelajaran
Model : EKPA (Elitasi, Konfrontasi, Pengenalan konsep, dan Aplikasi Konsep)
Pendekatan : Saintifik
Strategi Pemb. : Inkuiri Terbimbing
Metode : Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Pertemuan ke-1
Kegiatan | Pend. Saintifik | Kegiatan pembelajaran | Waktu | Keterlaksanaan | |
Ya | Tidak | ||||
Pendahuluan | | v Guru masuk dalam kelas dan siswa memberi salam v Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi sebelumnya, untuk mereview pengetahuan minggu lalu. Pertanyaan yag diajukan seperti : - apa defenisi fluks magnetik? - Coba tuliskan persamaan fluks magnetik! v Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi. v Berdoa sebelum memulai pelajaran. v Guru memotivasi siswa mengajukan pertanyaan pada siswa apakah pernah melihat sepeda dengan lampu yang apabila dikayuh terus menerus lampunya akan menyala yang merupakan penerapan induksi elektromagnetik. | 10 menit | | |
Inti | Mengamati Menanya Mengamati Mengupulkan informasi Mengupulkan informasi Mengasosiasi Mengkomunikasikan | v Guru memulai pembelajaran v Guru mengajukan pertanyaan, dari video, Jika arus listrik dapat menghasilkan medan magnet, apakah medan magnet juga dapat menghasilkan arus listrik?? v Siswa mengamati video pembelajaran untuk menjawab pertanyaan tersebut. v Siswa mengamati animasi sebuah kawat penghantar yang berada dalam medan magnet dan menjawab defenisi ggl dan induksi elektromagnetik v Guru menginformasikan bunyi hukum faraday v Guru memberikan contoh soal hukum faraday v Guru membagi kelompok v Secara berkelompok siswa melakukan percobaan ggl induksi dan melakukan diskusi untuk menyelidik gejala ggl nduksi pada sebuah kumparan dan menetukan faktor-faktor yang mempengaruhinya. v Guru kembali menjelaskan yang akan didiskusikan selanjutnya, yaitu menemukan persamaan apabila ada 3 sifat yang mempengaruhi gaya gerak listrik. - Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk mendapatkan persamaan seperti keadaan diatas dengan menganalisa lkpd serta mencari sumber informasi dari buku maupun internet. - Setiap dari perwakilan kelompok menyampaikan hasil yang diperoleh v Berdasarkan informasi yang telah didapat, setiap kelmpok mengasosiakan hasil lkpd 2 dan 3. - Setiap kelompok mengolah data hasil percobaan ggl induksi mengenai penyelidikan bahwa disekitar medan magnet terdapat arus listrik dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya ggl induksi. - Setiap kelompok menyusun 3 persamaan modifikasi hukum faraday v Setiap kelompok mengerjakan LKPD untuk menyelesaikan masalah-masalah terkait hukum faraday secara berkelompok. - Siswa berdiskusi mengumpulkan informasi untuk mengisi LKPD - Selama proses pembelajaran guru juga melakukan observasi terkait sikap peserta didik yang diharapkan pada indikator sikap sosial. - Perwakilan kelompok naik kedepan untuk mngerjakan soal. v Guru merangkum dan mengoreksi materi ajar selama pertemuan. | 40 menit | | |
Penutup | | v Guru mengajukan pertanyaan formatif tentang yang telah dipelajari untuk menguji apakah siswa memahami materi. v Guru membimbing siswa untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah menciptakan medan listrik dan medan magnet sehingga kita bisa merasakan manfaatnya saat ini. | 5 menit | | |
Media/Alat, Bahan DanSumber Belajar
1. Media
LKPD
Power Point
Buku ajar
2. Bahan : Berbagai macam alat sederhana untuk percobaan Induksi elektromagnetik (galvanometer, magnet batang, kumparan).
3. Sumber belajar
1) Bahan Ajar.
2) LKPD
EmoticonEmoticon