Dasar laut |
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : X / Semester II
Topik : Mekanika Fluida
Sub Topik : Tekanan Hidrostatik
Alokasi Waktu : 3X45 MENIT
A. Kompetensi Inti (KI)
KI. 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI. 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI. 4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekostistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4. Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3.5 Mendeskripsikan hukum-hukum pada pada fluida static dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
4.4 Merancang dan membuat suatu peralatan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida
untuk mempermudah pekerjaan
Indikator:
1.1.1 Peserta didik memperlihatkan kekaguman dengan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1 Peserta didik memperlihatkan perilaku jujur ilmiah dalam dalam proses pembelajaran
2.2.1 Peserta didik menunjukkan sikap teliti dalam melakukan praktikum tentang tekanan hidrostatis
2.2.2 Peserta didik memperlihatkan kerjasama yang baik dalam melakukan praktikum kelompok
2.3.1 Peserta didik menunjukkan sikap bijaksana dan bertanggung jawab pada saat praktikum maupun pada saat diskusi
2.3.2 Peserta didik memperlihatkan sikap mandiri dalam mengerjakan tugas
3.5.1 Menentukan besarnya tekanan hidrostatis
3.5.2 Menjelaskan dan menformulasikan tekanan hidrostatis
3.5.3 Menerapkan konsep fluida pada tekanan hidrostatis dalam kehidupan sehari-hari
4.4.1 Peserta didik melakukan percobaan tentang tekanan hidrostatis
4.4.2 Peserta didik mengolah dan menuliskan laporan hasil pengamatan
4.4.3 Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan
C. Tujuan Pembelajaran
a. Diberikan apersepsi apa yang dirasakan di telinga pada saat kita menyelam di dalam air,peserta didik secara terbuka untuk dapat menjelaskan makna dari tekanan hidrstatis dengan benar,
b. Diberikan beberapa nilai ketinggian yang dimiliki zat cair dan beberapa soal untuk pekerjaan rumah ,peserta didik menjawab untuk dapat menyelesaikan soal dengan tepat.
c. Diberikan LKFD, peserta didik melakukan percobaan dalam kelompok secara hati-hati untuk mencari massa jenis suatu zat cair
D. Materi Pembelajaran
A. Tekanan hidrostatik
B. Tekanan hidrostatis
Tekanan dalam fisika didefinisikan sebagai gaya yang bekerja pada suatu bidang persatuan luas bidang tersebut. Bidang atau permukaan yang dikenai gaya disebut bidang tekan, sedangkan gaya yang diberikan pada bidang tekanan disebut gaya tekan. Secara matematis tekanan dirumuskan dengan persamaan berikut.
P =F/A
Keterangan:
p : tekanan (Pa)
F : gaya tekan (N)
A : luas bidang tekan (m2)
Tekanan adalah suatu besaran skalar. Satuan internasional (SI) dari tekanan adalah pascal (Pa). Satuan ini dinamai sesuai dengan nama ilmuwan Prancis, Blaise Pascal. Satuan-satuan lain adalah bar ( 1 bar = 1,0 x 105 Pa), atmosfer (1 atm = 101,325 Pa) dan mmHg (760 mmHg = 1 atm). Tekanan pada fluida statis zat cair dikelompokkan menjadi dua, yaitu tekanan pada
ruang tertutup dan ruang terbuka.
Untuk memahami tekanan hidrostatis, anggap zat terdiri atas beberapa lapisan. Setiap lapisan memberi tekanan pada lapisan di bawahnya,sehingga lapisan bawah akan mendapatkan tekanan paling besar. Karena lapisan atas hanya mendapatkan tekanan dari udara (atmosfer), maka tekanan pada permukaan zat cair sama dengan tekanan atmosfer. Gaya gravitasi menyebabkan zat cair dalam suatu wadah selalu tertarik ke bawah. Semakin tinggi zat cair dalam wadah, makin berat zat cair itu, sehingga makin besar pula tekanan zat cair pada dasar wadahnya. Tekanan zat cair yang hanya disebabkan oleh beratnya sendiri disebut tekanan hidrostatis. Anda tidak boleh mengukur tekanan udara pada ketinggian tertentu menggunakan rumus ini. Hal ini disebabkan karena kerapatan udara tidak sama di semua tempat. Makin tinggi suatu tempat, makin kecil kerapatan udaranya. Untuk tekanan total yang dialami dasar bejana pada ketinggian tertentu dapat dicari dengan menjumlahkan tekanan udara luar dengan tekanan hidrostastis.
P total=Ph+Po
Keterangan:
Ph : tekanan yang dialami zat cair/tekanan hidrostastis (Pa)
Po : tekanan udara luar
: massa jenis zat cair (kg/m3)
G : percepatan gravitasi bumi (m/s2)
H : kedalaman/tinggi titik ukur dari permukaan (m)
A. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-3 (3x45menit)
Rincian Kegiatan (Model Pembelajaran PBL) | Langkah Pendekatan Sains | Alokasi Waktu |
Pendahuluan · Membangun kondisi kondusif untuk kesiapan belajar peserta didik dengan tegur sapa dan canda (membiasakan karakter ramah) · Berdoa menurut agama yang dianut · Mengecek kehadiran siswa · Memotivasi peserta didik dengan memberikan pertanyaan,siapa yang pernah berenang di laut?Apa yang dirasakan di telinga pada saat kita menyelam di dalam air? | Menanya | 20 Menit |
Kegiatan Inti Fase 1 PBL (peserta didik mampu berpikir kritis) Memberikan masalah kepada siswa,sebuah botol di beri lubang 4 kemudian diberikan air maka apakah yang terjadi?Bagaimanakah semburan air yang terjadi pada lubang-lubang tersebut?Apa yang terjadi jika botol tersebut tersebut ditutup? Fase 2 PBL (peserta didik kerja kelompok) · Peserta didik duduk berkelompok sesuai dengan kelompok sebelumya. · Guru memberikan LKPD “menentukan besar tekanan hidrostatis pada kedalaman tertentu pada zat cair” · Guru menanyakan peserta didik hal-hal yang belum dipahami pada buku bacaan dan LKPD Fase 3 PBL (peserta didik mampu melakukan percobaan sesuai dengan rubrik penilaian, membuat grafik, menentukan harga konstanta koefisien pegas dan membuat kesimpulan hasil percobaan) Ø Peserta didik bekerja sama dalam kelompok sesuai LKPD yang ada Ø Peserta didik menulis hipotesis percobaan pada LKPD Ø Peserta didik mencermati percobaan, mencatat kedalaman air pada percobaan tersebut dan menghitung tekanan hidrostatisnya kemudian memasukkan nilainya kedalam tabel LKPD Ø Peserta didik mengisi keterangan yang ada pada table LKPD Ø Peserta didik membuat kesimpulan hasil percobaan Guru menilai keterampilan menggunakan alat, mengolah dan menyaji data, kejujuran dan ketelitian dalam memperoleh data, serta kerja sama dalam kelompok. Fase 4 PBL (peserta didik mempu mempresentasikan hasil dan analisis berdasarkan percobaan yang telah dilakukan) · Kelompok mendiskusikan penyajian dan pengolahan data serta menyiapkan bahan presentasi kelompok · Tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok · Peserta didik bertanya jika ada yang belum dipahami Fase 5 PBL (peserta didik diberikan evaluasi dengan meminta perwakilan beberapa orang untuk menerjakan tugas yang diberikan sebelunnya) Peserta didik memberikan kesempatan dengan meminta salah satu peserta didik naik ke papan tulis mengerjakan tugas yang diberikan. Guru menilai kemampuan siswa secara individu | Menanya Mengamati Menalar Mengumpulkan data Mengolah data Mengomunikasikan | 100 menit |
Penutup · Bersama-sama peserta didik menyimpulkan kembali hasil praktek dan mengingatkan pentingnya kecermatan, ketelitian, kejujuran dalam memperoleh data, menyajikan,mengolah,menganalisis data, pentingnya kerjasama, dan kolaborasi, serta komunikasi dalam kerja kelompok · Setiap peserta didik menyiapkan laporan hasil praktikum dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil diskusi | Evaluasi | 15 menit |
B. Penilaian
1. Teknik dan bentuk instrumen
Kompetensi | Teknik | Bentuk instrumen |
Sikap | Observasi Sikap Spiritual | Pedoman observasi, Daftar cek dan skala penilaian disertai rubrik |
Penilaian Sikap | Daftar cek penilaian sikap | |
Pengetahuan | Tes Tulis | Tes uraian soal |
Keterampilan | Observasi Keterampilan Praktikum | Pedoman Observasi, Daftar cek dan skala penilaian disertai rubrik |
2. Instrumen
a) Lembar penilaian sikap spiritual
No | Nama Peseta Didik | Berdoa sebelum dan setelah proses pembelajaran | Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan | Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan | Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan | ||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | | | | | | | | | | | | | | | | | |
dst | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 : selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 : sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 : kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 : tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
b) Lembar Penilaian sikap
No | Nama peserta didik | Rasa ingin tahu | Kejujuran | Ketelitian | Bekerjasama | ||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | | | | | | | | ||||||||||
dst | | | | | | | |
Keterangan
Skor 1, Tidak pernah menunjukkan sikap tersebut
Skor 2, Kadang-kadang menunjukkan sikap tersebut
Skor 3, Sudah menunjukkan sikap tersebut
Skor 4, Sering menunjukkan sikap tersebut
c) Lembar Pengamatan Keterampilan Praktikum
No | Nama peserta didik | Persiapan Percobaan | Pelaksanaan Percobaan | Kegiatan Akhir Percobaan | Jumlah Skor |
1 | | | | | |
dst | | | | | |
Rubrik Pengamatan Keterampilan Praktikum
No | Keterampilan yang dinilai | Skor | Rubrik |
1 | Persiapan Percobaan (Menyiapkan alat Bahan) | 30 | - Alat-alat tertata rapi sesuai dengan urutan yang benar - Bahan-bahan sudah tersedia - Alat praktikum dalam keadaan baik/siap pakai - Tersedia air untuk membilas alat dan tisu |
20 | Ada 3 aspek yang tersedia | ||
10 | Ada 2 aspek tang tersedia | ||
2 | Pelaksanaan Percobaan | 40 | - Memasang pegas pada statif - Menggantungkan beban secara berurut mulai yang nilainya kecil sampai yang nilainya besar - Membaca skala pada pegas dengan teliti - Menulis hasil pecobaan |
20 | Ada 3 aspek yang tersedia | ||
10 | Ada 2 aspek tang tersedia | ||
3 | Kegiatan akhir Percobaan | 20 | - Membuang sampah ketempatnya - Membersihkan alat dengan baik - Membersihkan meja praktikum - Mengembalikan alat ke tempat semula |
20 | Ada 3 aspek yang tersedia | ||
10 | Ada 2 aspek tang tersedia |
d) Lembar penilaian laporan pengamatan
Kelompok | Aspek Penilaian | ||||||||||||||||||||
Sistematika Lap. | Judul | tujuan | Alat / Bahan | Prosedur Kerja | Penyajian data | Kesimpulan | |||||||||||||||
3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | |
1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Rubrik penilaian laporan pengamatan
Aspek laporan | Skor penilaian | ||
3 | 2 | 1 | |
Sistematika penulisan | Menuliskan laporan sesuai urutan penulisan laporan hasil pengamatan | Terdapat satu Susunan laporan tidak sesuai urutan sistematika | Terdapat lebih dari satu susunan laporan tidak sesuai sistematika |
Judul percobaan | Kurang dari 15 kata dan memuat variabel pengamatan | Lebih dari 15 kata dan sesuai variabel pengamatan | Lebih dari 15 kata dan tidak sesuai variabel pengamatan |
Tujuan | Memuat variabel pengamatan dan dirumuskan dalam bentuk pernyataan | Memuat variabel pengamatan namun tidak dirumuskan dalam bentuk pernyataan | Tidak memuat variabel pengamatan |
Alat atau bahan | Menuliskan semua alat atau bahan yang digunakan | Terdapat 1 alat atau bahan yang tidak dituliskan | Terdapat lebih dari 1 alat atau bahan yang tidak dituliskan |
Prosedur kerja | Menuliskan prosedur kerja sesuai tahapan pengamatan | terdapat 1 tahapan pengamatan yang tidak sesuai urutan proses pengamatan | Terdapat lebih dari 1 tahapan pengamatan yang tidak sesuai urutan prosedur kerja |
Penyajian data | Data pengamatan sesuai hasil yang diperoleh dan disajikan dalam bentuk tabel | Data pengamatan sesuai hasil yang diperoleh namun tidak disajikan dalam bentuk tabel | Data pengamatan tidak sesuai hasil yang diperoleh |
Kesimpulan | Kesimpulan yang diperoleh sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan dituliskan secara singkat dan jelas | Tujuan yang diperoleh sesuai namun dituliskan tidak secara singkat | Kesimpulan tidak sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai |
Nilai :
1) Pendekatan : Pendekatan Keterampilan Sains
2) Metode :
- Informasi - Demontrasi
- Diskusi - Tanya Jawab
- Eksperimen - Presentasi
3) Model : Problem Based Learning
C. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1) Media
LKPD
2) Alat dan Bahan
Alat dan bahan praktikum sudah tercantum dalam LKPD
3) Sumber Belajar
a) Bahan Ajar
b) LKPD
c) Komputer
EmoticonEmoticon