RPP FIsika K13 Materi Usaha

Tags

Rpp USaha


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)


Satuan pendidikan       : SMA
Kelas/Semester              : XI / I
Mata Pelajaran             : Fisika
Materi Pokok                : Usaha
Pertemuan ke                : I (Pertama)
Alokasi Waktu              : 50 menit

I.    Kompetensi Inti (KI)
A.  Kompetensi inti Sikap Spritual (KI 1)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B.   Kompetensi Inti Sikap Sosial ( KI 2)
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan  diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C.  Kompetensi Inti Pengetahuan (KI 3)
Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, sertamenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D.  Kompetensi Inti Keterampilan (KI 4)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindaksecara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

II.      Kompetensi Dasar (KD)
A.  Kompetensi Dasar Sikap Spritual
1.1.       Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.       Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik matahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi.
B. Kompetensi Dasar Sikap Sosial
2..1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2..2       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
C.  Kompetensi Dasar Pengetahuan:
3..1       Mendeskripsikan konsep usaha, perubahan energi, kekekalan   momentum, dan kekekalan energy
D.  Kompetensi Dasar Pengetahuan
4.1         Menyajikan permasalahan nyata dan usulan penyelesaiannya yang terkait konsep gaya, momentum, impuls, kekekalan momentum, dan kekekalan energy.

III.   Indikator Pencapaian Kompetensi
A.  Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spritual ( KD-KI.1)
1.1.1   Menyatakan kebesaran tuhan yang menciptakan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya.
1.1.2   Menyatakan kebesaran Tuhan yang yang mengatur karakteristik matahari dan bumi.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1   Menampilkan perilaku rasa ingin tahu ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2   Menampilkan perilaku jujur ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.3   Menampilkan perilaku teliti dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1   Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.
2.2.2   Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di
         dalam dan di luar jam pembelajaran.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
1.      Kognitif Produk
a.    Menyebutkan definisi usaha menurut ilmu fisika
b.    Mengidentifikasi syarat khusus terjadinya usaha
c.    Menjelaskan hubungan gaya dan perpindahan terhadap besar usaha.
d.   Menyebutkan contoh aktivitas yang termasuk usaha dan bukan usaha menurut fisika, dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Kognitif Proses
a.       Merumuskan masalah
b.      Menaksir
c.       Merumuskan hipotesis
d.      Merencanakan pengamatan
e.       Mengamati
f.       Menghitung
D.    Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan (KD-KI 4)
4.1.1        Mengoperasikan Neraca pegas.
4.1.2        Membaca penunjukan skala neraca pegas.
4.1.3        Melakukan perhitungan dan menyimpulkan berdasarkan hasil pengamatan

IV.   Tujuan Pembelajaran
1.        Diberikan beberapa contoh sumber energy yang dimiliki oleh suatu benda ,peserta didik bertanya jawab secara terbuka untuk dapat menjelaskan sumber energy terbesar adalah matahari. Sehingga peserta didik bertambah keimanannya kepada Tuhan yang Maha Esa melalui penjelasan mengenai matahari.
2.        Diberikan Neraca pegas, Peserta didik dengan teliti mengamati Penunjukan gaya oleh neraca Pegas untuk menarik sebuah benda dengan massa tertentu. sehingga peserta didik bertambah keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap usaha yang dilakukan suatu benda.
3.        Diberikan nilai-nilai, peserta didik berdiskusi secara cermat dalam kelompok untuk dapat menentukan besar usaha yang dilakukan oleh suatu benda, sehingga peserta didik bertambah keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap usaha yang dilakukan oleh suatu benda.

V.      Materi Pembelajaran
A.      Pendahuluan
Keutamaan Pengamatan:
1.               Landasan Spritual
2.               Landasan Karakter
Kejujuran Ilmiah yang didukung oleh teliti, hati-hati, cermat, dst.
B.     Usaha
1.      Defenisi Usaha
2.      Syarat khusus terjadinya usaha
3.      Hubungan gaya dan perpindahan terhadap besar usaha.
C. Pengukuran besar usaha suatu benda
1.      Prinsip pengukuran besar usaha suatu benda.
2.      Pelaporan hasil pengukuran besar usaha suatu benda ( Tabulasi dan grafik).

VI.    Model,Metode, Pendekatan, Teknik, Strategi, Taktik Pembelajaran
Model           : Discovery Learning
Metode         : Tanya jawab, Diskusi, dan Pengamatan
Pendekatan  : Saintifik
Teknik          :
Strategi         : pembelajaran interaktif
Taktik           :

VII.          Kegiatan pembelajaran
Sintaks
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Hasil Pengamatan



A
T
STIMULASI/PEMBERIAN RANGSANGAN
a)   Guru menyampaikan salam
b)   Guru melakukan absensi.
c)   Guru menanyakan niat siswa datang ke sekolah (Diharapkan siswa menjawab “Belajar”).
d)  Guru menyampaikan judul materi yang akan di ajarkan.
e)   Guru memberikan motivasi kepada siswa berkaitan dengan materi yang akan di ajarkan.
“Untuk melakukan suatu usaha  dibutuhkan suatu energy.Berbicara mengenai Energi,energi apa yang terbesar di bumi?(diharapkan siswa menjawab”matahari”).Siapa yang menciptakan matahari itu?(diharapkan siswa menjawab Tuhan).
 Kemudian Guru menampilkan ayat Al-QURAN yang berisi kan tentang penciptaan matahari oleh Tuhan (Diharapkan melalui ayat tersebut siswa dapat menyakini kebesaran Tuhan). Selanjutnya,Guru memimnta peserta didik sekiranya dapat senantiasa untuk bersyukur dalam segala hal.
Berbicara mengenai usaha diluar konteks fisika,merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai sesuatu atau kegiatan yang dilakukan untuk mencapai suatu keinginan. Misalkan Ketika kalian ingin mendapatkan nilai 100.tentunya usaha yang kalian lakukan adalah belajar dan berdoa.
f)    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
g)   Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum pembelajaran berlangsung.
5 menit


IDENTIFIKASI MASALAH
a.       Guru memberikan  apersepsi
“Seseorang mendorong tembok hingga kelelahan, namun tembok tidak berpindah. Dalam fisika orang tersebut dikatakan tidak melakukan usaha. Mengapa? “.Guru mengingatkan kembali topik pembelajaran yang terkait, yaitu tentang gaya dan perpindahan.
b.      Guru memberi pertanyaan kepada siswa “ Apa yang di maksud tentang gaya dan perpindahan? Dan apa hubungan keduanya dengan usaha”.
c.       Siswa mengemukakan  pandangannya mengenai gaya dan perpindahan kepada teman kelasnya dan menghubungkannya dengan konsep usaha.
d.      Guru membagikan LKPD 1 kepada peserta didik kemudian meminta peserta didik untuk mejawab soal yang terdapat di LKPD tersebut.
5 menit


PENGUMPULAN DATA
·      Guru membagikan LKPD 1 kepada peserta didik kemudian meminta peserta didik untuk mejawab soal yang terdapat di LKPD tersebut.
·      Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa.
·      Guru membagikan Lkpd 2 (lampiran 2)
·      Tiap kelompok melakukan percobaan berdasarkan Lkpd pengamatan yang telah dilakukan.
·      Kemudian siswa mengamati hasil percobaan yang diperoleh.
·      Siswa mencatat data hasil percobaan kedalam Lkpd pengamatan.

20 menit


PENGELOLAAN DATA
·      Siswa melakukan analisis perhitungan berdasarkan data yang telah diperoleh.
·      Siswa menalar  dari hasil analisis data yang diperoleh dan menghubungkannya hasil tersebut dengan konsep dari Usaha.
·       Siswa mencatat kesimpulan yang diperoleh dari hasil menalar tersebut kedalam Lkpd pengamatan.
·      (Guru melakukan observasi  penilaian sikap dan keterampilan analisis data)
·      Setiap kelompok menyajikan hasil Percobaan yang telah dilakukan, sedangkan kelompok lain mengamati, mengevaluasi, mengklarifikasi, mengajukan pertanyaan atau tanggapan yang relevan dengan materi yang dipresentasikan.
·      Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
·      Guru melakukan observasi penilaian keterampilan kinerja presentasi.
10 menit


PEMBUKTIAN
·    Guru membagikan soal kepada tiap kelompok kemudian meminta peserta didik  untuk mengerjakan soal tersebut.
·   Guru meminta salah seorang dari peserta didik untuk mengerjakan salah satu soal yang dianggap oleh peserta didik lainnya susah didepan kelas(di papan tulis).
·   Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang mampu mengerjakan soal tersebut didepan kelas.
·   Guru meminta salah seorang peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah pelajari.
·   Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang berani mengemukakan kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
5 menit


KESIMPULAN
·   Guru meminta salah satu dari peserta didik untuk menyimpulakn pembelajarn mengenai materi yang telah di pelajari.
·   Guru memberikan PR ( Tugas), Yang terdapat pada buku siswa” soal Kreatif” halaman 46-47 nomor 3,4,8,9 dan halaman 49 nomor 2.
Penutup :
·   Guru meminta ketua kelas untuk memimpin pembacaan doa selesai kegiatan.
5 menit



VIII.       Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat dan Bahan
*      Alat : Neraca Pegas
*      Bahan : Balok
2.      Sumber Belajar
*      Buku siswa
*      Matahari
*      Lingkungan sekitar
IX. Penilaian Proses dan Hasil Belajjar
1.      Teknik  : Tes
2.      Bentuk :
a.       Tes Kognitif Produk (soal uraian)
b.      Tes Keterampilan (lembar pengamatan)
c.       Tes Sikap Sosial (lembar pengamatan)
d.      Tes Sikap Spiritual (lembar penilaian diri)
3.      Instrumen  :
a.       Sikap Spiritual
b.      Sikap Sosial
c.       Kognitif Produk
d.      Keterampilan
4.      Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran :
a.       Kognitif Produk
b.      Keterampilan
5.      Tugas

LAMPIRAN I. SIKAP SPIRITUAL
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
PETUNJUK :
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2. berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
Nama Peserta Didik    : ......................
Kelas                           : ......................
Materi Pokok              : ......................
Tanggal                       : ......................
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Peserta didik semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari hukum II Newton




2
Peserta didik berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan




3
Peserta didik mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan




4
Peserta didik memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum




5
Peserta didik mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya




Jumlah




Petunjuk Penskoran :
Konversi tanda cek (√) yang diisi peserta didik sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
LAMPIRAN II. SIKAP SOSIAL
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP SOSIAL
Kelas                           : ............................
Hari, tanggal               : ............................
Materi Pokok/Tema     : ............................
No
Nama Peserta Didik
Sikap
Ket.
Rasa Ingin tahu
Hati-Hati
Kerja Sama
Toleransi

1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






Jumlah


Kriteria penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang
tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering
tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Petunjuk penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

LAMPIRAN III. KOGNITIF PRODUK
TES TULIS KOGNITIF PRODUK
Bentuk Soal : Uraian
Indikator Soal
Soal
No
Menjelaskan hubungan gaya dan perpindahan
(1)   Perhatikan gambar berikut!
sebuah kotak ditarik dengan gaya F sebesar 12 Newton.
Kotak berpindah 4 meter ke kanan dari posisi semula.Tentukan usaha yang dilakukan gaya pada kotak tersebut!



U1
(2)Seseorang menarik sebuah vacuum cleaner dengan gaya 50 N dan gaya tersebut membentuk sudut 30° dengan arah perpindahannya.
 Perpindahan yang dialami oleh vacuum cleaner itu adalah 8 meter. Berapakah besar usaha yang dilakukan
U2
(3)Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Sepuluh detik kemudian kecepatan mobil itu menjadi tiga kali semula. Jika massa mobil itu 1.000 kg, hitunglah usaha yang telah dilakukan oleh mesin mobil itu ?

U3
(4)Budi menarik balok yang bermassa 5 kg di atas lantai licin ditarik gaya 4 N membentuk sudut 60° terhadap bidang horisontal. Jika balok berpindah sejauh 2 m, maka tentukan usaha
U4
(5)Massa sebuah lift beserta isinya 2 ton.mesin lift menarik lift dengan kecepatan konstan dari lantai 1 ke lantai 5 berjarak 20 m. Percepatan gravitasi g=10 m/s2.Hitunglah:
a.Usaha yang dilakukan oleh mesin     lift
b. Usaha yang dilakukan oleh gravitasi
c. Usaha yang diterima lift

U5
Jumlah


Rubrik Penilaian :
No
Kunci Jawaban
Skor Maksimum
U1
 Usaha = gaya x perpindahan 
W = F x S 
W = 12 x 4 
W = 48 joule
5
U2
Usaha = gaya x perpindahan 
W = F x S x cos
W= 50 x8 xcos 30 =20  J

5
U3
. vt = vo + a.t                                                    
30 m/s = 10 m/s + a. 10
a = 2 m/s2                                                                                    
 
F = m. a
= 1000 kg . 2 m/s2
= 2.000 N
W = F . S
= 2.000 N . 200 m
= 400.000 J
= 4. 105 J


..5
U4
W = F s
= 90 N ×4 m
= 360 Nm = 360 Joule

..5
U5
a.       . Usaha yang dilakukan lift:
WT = T.s = 20. 10 4 x 20
       = 4 x 10 5 J
b.      Usaha yang dilakukan gaya gravitasi:
Ww= -W.s (arah W berlawanan      dengan arah gerak benda).
  = (-2x 104). 20 = (-4x 10 5) J
c.       Usaha total pada lift:
W tot= WT+WW
       = (4x 10 5) – ((4x 10 5) 
       = 0
..5
Jumlah
25
Nilai = skor diperoleh/skor maksimum x 100











LAMPIRAN IV. KETERAMPILAN
Instrumen Penilaian Tes Praktik
Nama atau Kelompok  peserta didik yang dinilai       : ...............
Kelas / No                                                                   : ..............
No
Indikator
Hasil Penelitian

4 (sangat baik)
3 (baik)
2 (cukup)
1 (kurang)
1
Menyiapkan alat dan bahan




2
Deskripsi pengamatan




3
Melakukan praktik




4
Membuat laporan hasil praktik




5
Mempresentasikan hasil praktik




Jumlah Skor Yang Diperoleh




Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1
Menyiapkan alat dan bahan
1. Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan
2. Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang diperlukan
3. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan
4. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan dalam kondisi siap digunakan
2
Deskripsi pengamatan
1. Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan.
2. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap dan kurang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
3. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
4. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
3
Melakukan praktik
1. Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.
2. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
3. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
4. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada dengan benar.
4
Menuliskan hasil praktik
1.      Tidak mampu menuliskan hasil praktik sesuai dengan prosedur yang ada
2.       Mampu menuliskan hasil praktik dengan sebagian prosedur yang ada
3.      Mampu menuliskan hasil praktik dewngan prosedur yang ada
4.      Mampu menuliskan hasil praktik dengan prosedur yang ada dengan baik dan benar
5
Mempresentasikan hasil praktik
1. Mampu mempresentasikan hasil praktik secarasubstantif masih ada kesalahan, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
2. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
3. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan  benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
4. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah  dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.

Kriteria Penilaian :






Artikel Terkait


EmoticonEmoticon