RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Semester : XII/2
Mata Pelajaran : Fisika
Materi Pokok : radisai benda hitam, efek foto listrik, efek Compton
Pertemuan Ke- : 1 dari 4 pertemuan
Alokasi Waktu : 2x 45 menit
I. Kompetensi Inti (KI)
A. Kopetensi Inti Sikap Spiritual (KI1)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
B. Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI2)
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C. Kompetensi Inti Pengetahuan (KI3)
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
D. Kompetensi Inti Keterampilan (KI4)
Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II. Kompetensi Dasar (KD)
A. Kompetensi Dasar Sikap Spiritual
1.1. Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan_Nya.
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan radiasi benda hitam dan efek foto listrik, efek comton dengan karakteristik yang memungkinkan manusia untuk menciptakan teknologi
B. Kompetensi Dasar Sikap Sosial
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawa, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan pedul lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
C. Kompetensi Dasar Pengetahuan
3.8 Menerapkan konsep kuantum dalam menjelaskan radiasi benda hitam, efek foto listrik dan hamburan comton
III. Indikator Pencapaian Konsep
A. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI1)
1.1.1. Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan hubungan medan listrik dan medan magnet dengan benda-benda lain di alam semesta.
1.1.2. Menyatakan kebesaran Tuhan yang manciptakan medan listrik dan medan magnet dengan kompleksitasnya masig-masing.
1.2.1. Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan medan listrik dan medan magnet dengan karakteristinya masing-masing.
1.2.2. Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan medan listrik dan medan magnet bagi manusia dalam menciptakan teknologi.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI2)
2.1.1. Menampilkan perilaku rasa ingin tahu dalam kehidupan sehari- hari
2.1.2. Menampilkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
2.1.3. Menampilkan perilaku kreatif dalam kehidupan sehari-hari
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan /kognitif (KD-KI3)
1. Kognitif produk
a. Mengetahui konsep radiasi benda hitam
b. Menjelaskan prinsip radiasi benda hitam
2. Kognitif proses
a. Merumuskan masalah
b. Mengolah data melalui simulasi phet
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Melaksanakan proses pembelajaran dengan MEMBAGI PESERTA DIDIK ATAS DUA KELOMPOK kemudian di berikan BUKU FISIKA PESERTA DIDIK, selanjutnya peserta didik membaca buku fisika peserta didik dalam kelompok agar hasil bacaan tentang pengertian RADIASI BENDA HITAM dapat di bacakan setiap masing-masing kelompok, sehingga peserta didik bertambah keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap RADIASI BENDA HITAM.
2. Melaksanakan proses pembelajaran dengan MEMBAGI LEMBAR KERJA FISIKA PESERTA DIDIK kemudian berikan simulasi PHET/HYPERMEDIA KUANTUM, menyampaikan tujuan LKFPD tersebut selanjutnya peserta didik mengumpulkan data dan mencari informasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di LKFPD tersebut, sehingga peserta didik bertambah keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap RADIASI BENDA HITAM.
3. Melaksanakan proses pembelajaran dengan MEMBAGI SOAL kepada masing-masing kelompok dan diberikan waktu untuk menjawabnya, sehingga peserta didik bertambah keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap RADIASI BENDA HITAM.
4. Melaksanakan proses pembelajaran dengan Masing-masing kelompok mempersentasikan hasil pengamatan mereka di LKFPD di tempat masisng-masing, Memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi. Selanjutnya masing-masing kelompok menulis hasil/jawaban soal yang diberikan masing-masing kelompok sesuai nomor urut kelompoknya misalnya kelompok satu menjawab soal pertama dan seterusnya tentang RADIASI BENDA HITAM, sehingga peserta didik bertambah keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap RADIASI BENDA HITAM.
V. Materi pembelajaran
1. Radiasi benda hitam
VI. Pendekatan / metode / model pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : -
3. Model : Direct Learning (Pembelajaran Langsung)
VII. Kegiatan pembelajaran
Kegiatan | Pendekatan saintifik | Deskripsi kegiatan | Alokasi waktu | KETERLAKSANAAN (√) |
Pendahuluan | Apersepsi | v Guru masuk ke dalam kelas dan mengabsen peserta didiknya v Membuka pertemuan dengan mengucapkan salam kepada para siswa. v Menyampaikan materi yang akan di ajarkan yaitu “RADIASI BENDA HITAM”. v Guru meminta ketua kelas bersama-sama melakukan doa bersama sebelum memulai pelajaran untuk mensyukuri adanya kesehatan dan keselamatan terutama pemahaman yang baik dalam proses pembelajaran berlangsung. v Guru mengapresiasi siswa dan memotivasi siswa dengan menunjukkan dua buah benda berwarna hitam dan benda berwarna putih, kemudian guru bertanya Jika suatu benda berwarna putih kena cahaya benda tersebut akan? Dan jika suatu benda berwarna hitam kena cahaya benda tersebut akan? Dengan memakai sinar handphone. v Guru menjelaskan fenomena benda hitam dan benda putih tersebut apabila terkena cahaya misalnya siswa yang sedang memakai baju hitam dan putih agar siswa benar-benar termotivasi mengikuti pembelajaran. | 15 menit | |
Kegiatan inti | Mengamati Mengaplikasikan Mengumpulkan data Mengumpulkan informasi Memformulasikan | v Sebelumnya peserta didik akan dibagi atas dua kelompok v Membagi buku siswa dan di beri waktu untuk membaca buku tersebut kemudian guru menyuruh masing-masing kelompok yang di wakili satu anggota kelompoknya mendefinisikan tentang radiasi benda hitam. v Selanjutnya Peserta didik yang di bagi menjadi dua kelompok masing-masing kelompok menyalakan computer/laptop yang sdh memilki aplikasi PHET/hypermedia kuantum atau naik bergantian kelompok dalam mengambil data di computer guru. v Guru membagi LKFPD v Guru menjelaskan tentang lembar kerja fisika peserta didik di bantu dengan beberapa sumber belajar antara lain LCD dll v Peserta didik melakukan kegiatan mengumpulkan data di aplikasi PHET sesuai yang di jelaskan guru v Peserta didik melakukan kegiatan mengumpulkan data di aplikasi PHET sesuai langkah-langkah yang ada di LKPD v Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di LKPD kemudian memberi kesimpulan dan komentar yang ada di LKPD v Guru memberikan tes kepada setiap kelompok yang berisi DUA soal kemudian diberi waktu untuk menjawabnya kemudian mengumpul jawaban yang telah dikerjakan. v Masing-masing kelompok mempersentasikan hasil pengamatan mereka di LKFPD di tempat masisng-masing kelompok v Memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi. | 65 menit | |
Penutup | | v Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan konsep RADIASI BENDA HITAM v Guru memberikan tugas baca kepada peserta didik tentang materi selanjutnya yaitu EFEK FOTO LISTRIK. | 10 menit | |
Penilaian
1. Teknik dan bentuk instrumen
Kompetensi | Teknik | Bentuk instrumen |
Sikap | Observasi sikap spiritual | Daftar cek dan skala penilaian disertai rubrik |
Pengetahuan | Tes tulis | Tes uraian |
2. Instrumen
· Lembar penilaian sikap spiritual
No | Aspek Pengamatan | Skor | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Berdoa sebelum dan setelah proses pembelajaran | | | | |
2 | Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan | | | | |
3 | Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan | | | | |
4 | Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan | | | | |
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 : selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 : sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 : kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 : tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
· Lembar Penilaian sikap
No | Nama Peserta Didik | Rasa ingin tahu | Tekun | Kreatif | Inovatif | ||||||||
3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | |
6 | | | | | | | | | | | | | |
dst | | | | | | | | | | | | | |
Keterangan :
Skor 1, tidak pernah menunjukkan sikap tersebut
Skor 2, kadang-kadang menunjukkan sikap tersebut
Skor 3, sering menunjukkan sikap tersebut
· Lembar penilaian keterampilan
No | Nama peserta didik | Aspek yang dinilai | ||||||||||||||||
Menyiapkan alat dan bahan | Mengamati | Melakukan praktik | Membuat laporan hasil praktik | Jumlah Skor | ||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||
1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
6 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
dst | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Catatan:
Kolom aspek keterampilan diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
EmoticonEmoticon