RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Termodinamika |
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : XI/2
Mata Pelajaran : Fisika
Materi Pokok : Termodinamika
Pertemuaan Ke- : 2
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
I. Kompetensi Inti (KI)
A. Kompetensi Inti Sikap Spritual (KI1)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
B. Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI2)
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C. Kompetensi Inti Pengetahuan (KI3)
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D. Kompetensi Inti Keterampilan (KI4)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
II. Kompetensi Dasar (KD)
A. Kompetensi Dasar Sikap Spritual
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik matahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi
B. Kompetensi Dasar Sikap Sosial
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
C. Kompetensi Dasar Pengetahuan
3.9 Mendeskripsikan hukum-hukum termodinamika dan penerapannya dalam teknologi
D. Kompetensi Dasar Keterampilan
4.9 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara tekanan, suhu, dan volume gas pada sebuah ruang tertutup
III. Indikator Pencapaian Kompetensi
A. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1 Menyatakan kebesaran Tuhan yamg menciptakan keteraturan karakteristik matahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi
1.1.2 Menyatakan kebesaran Tuhan yamg menciptakan keteraturan karakteristik matahari dan bumi dengan segala kompleksitanya masing-masing
1.2.1 Memyatakan kebesaran tuhan mengatur peredaran bumi mengelilingi matahari sehingga terjadi siang dan malam.
1.2.2 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan bumi dan matahari sehingga terjadi berbagai jenis cuaca dan iklim.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1 Menampilkan perilaku rasa ingin tahu ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2 Menampilkan perilaku jujur ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.3 Menampilkan perilaku teliti dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1 Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.
2.2.2 Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Penegetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
1. Kognitif Produk
a. Mendefenisikan pengertian usaha dan kalor
b. Menguraikan bunyi hukum I termodinamika
2. Kognitif Proses
a. Menghitung
b. Merumuskan masalah
c. Merumuskan hipotesis
c. Merencanakan percobaan
d. Mengolah data
e. Menyimpulkan
D. Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan (KD-KI 4)
Disediakan seperangkat alat percobaan sesuai dengan rincian tugas yang ditentukan di LKFPD meliputi :
1. Merangkai alat dan bahan percobaan hukum I termodinamika
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Diberikan fenomena yang menggambarkan usaha dan kalor yang ada pada kehidupan sehari-hari, peserta didik berdiskusi dan memahami konsep usaha dan kalor, sehingga peserta didik bertambah keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap karakteristik bumi dan matahari.
2. Diberikan perangkat percobaan, peserta didik melakukan percobaan secara berkelompok secara hati-hati untuk dapat membuktikan bunyi hukum I termodinamika dengan tepat, sehingga peserta didik dapat bertambah keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap karakteristik bumi dan matahari.
V. Materi Pembelajaran
A. Pendahuluan
Keutamaan Hukum I Termodinamika
1. Landasan Spiritual
Dukungan Al-Qur’an dan Hadist
2. Landasan Kearifan Lokal
Dukungan Pesan-pesan Tau Riolo
3. Landasan Karakter
Kejujuran ilmiah didukung oleh teliti, hati-hati, dst
B. Hukum I termodinamika
1. Pengertian Usaha, Kalor, dan Energi Dalam
2. Hukum I Termodinamika
VI. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab, diskusi, dan melakukan percobaan
VII. Kegiatan Pembelajaran
A. Apersepsi (15 menit)
Kegiatan Pendidik | Kegiatan Peserta Didik | Alokasi Waktu | |
Memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik. | Menjawab salam dan menjawab pertanyaan dari guru. | 1 menit | |
Mengabsen peserta didik. | Mendengarkan absen. | 1 menit | |
Menciptakan kesiapan belajar peserta didik : · menanyakan niat siswa datang ke sekolah dan memberitahukan bahwa “sesungguhnya setiap amalan hanya tergantung dengan niat-niatnya dan setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang ia niatkan.” · Menyampaikan apa pokok bahasan materi yang akan dipelajari hari ini · Mengajak siswa untuk bersyukur atas nikmat Allah SWT yang telah menciptakan Memberikan contoh lain salah satu nikmat Allah yang mungkin hanya hal kecil tetapi sesungguhnya sangat patut kita syukuri seperti yang tertuang pada ayat “Fa-biayyi alaa’i rabbi kumaa tukadzdzi ban” yang artinya “maka nikmat Tuhan-mu manakah yang kamu dustakan?” ayat ini bahkan berulang sebanyak 31 kali dalam QS. Ar-rahman,, yang menandakan betapa pentingnya kita untuk bersyukur karna sesungguhnya nikmat Allah sangatlah banyak | Mendengarkan perintah dengan : · Menyimak apa yang dikatakan oleh guru dan menyampaikan niatnya untuk datang kesekolah · Menyimak apa yang disampaikan oleh guru · Menyimak apa yang dikatakan oleh guru | 10 menit | |
Menyampaikan tujuan pembelajaran · Membacakan tujuan pembelajaran | · Menyimak apa yang disampaikan oleh guru | 2 menit | |
Membimbing doa sebelum belajar yang dipimpin oleh ketua kelas. | Berdoa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran yang dipimpin oleh ketua kelas. | 1 menit |
B. Inti (105 menit)
Kegiatan Pendidik | Kegiatan Peserta Didik | Alokasi Waktu | |
Mengingatkan kembali peserta didik dengan materi sebelumnya · Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang “apa perbedaan suhu dan kalor? “Apa itu usaha?” “Dan apa hubungan kedua pertanyaan tersebut dengan termodinamika?” | · Menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh pendidik | 5 menit | |
Memberikan penjelasan singkat tentang materi | Menyimak dan mencatat yang dianggap penting | 5 menit | |
Memberikan contoh soal · Menunjuk salah satu dari siswa untuk mengerjakan di papan · Mencocokkan jawaban siswa dengan jawaban yang benar | Mengerjakan contoh soal | 10 menit | |
Membagikan LKFPD dan menyampaikan bahwa harus mengerjakan LKFPDnya harus kerjasama tim juga selama proses pengerjaan percobaan ditekankan kepada peserta didik untuk mengerjakan dengan jujur, teliti, dan hati-hati serta menjaga kebersihan karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. | Peserta didik melakukan percobaan seperti yang ada pada LKFPD dengan hati-hati secara berkelompok. | 40 menit | |
Membantu peserta didik yang kesulitan dalam mendeskripsikan hasil percobaannya | Setiap kelompok mendeskripsikan hasil percobaannya | 20 menit | |
Memberi kesempatan kepada salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kegiatannya kelompok lain apakah hasil yang didapatkan sama dengan kelompok yang melakukan presentasi atau tidak | Setiap perwakilan kelompok membacakan jawaban LKFPDnya | 10 menit | |
Meminta peserta didik untuk membuat rangkuman tentang apa saja materi yang telah dipelajari dan menekankan kepada peserta didik agar mengerjakan dengan jujur dan tidak menyontek sesuai janji yang telah mereka ucapkan di awal pembelajaran | Membuat rangkuman materi dengan tenang | 15 menit |
C. Penutup (15 menit)
Kegiatan Pendidik | Kegiatan Peserta Didik | Alokasi Waktu | |
Meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal terkait pembelajaran. Setiap peserta didik boleh memilih soal yang mereka anggap mudah untuk di kerjakan. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami pembelajaran dan mengimplementasikannya. | Mengerjakan soal dengan tenang | 13 menit | |
Meminta ketua kelas untuk memimpin do’a agar apa yang dilakukan pada hari ini dapat bernilai ibadah & bermanfaat | Ketua kelas memimpin do’a | 1 menit | |
Menutup pembelajaran dan mengucapkan salam | Menjawab salam | 1 menit |
I. Alat Dan Sumber Belajar
1. Alat dan Bahan
- BFPD
- Perangkat percobaan (LKFPD)
2. Sumber Belajar
- Air
- Lingkungan Sekitar
II. Penilaian Proses Dan Hasil Belajar
1. Teknik : Tes
2. Bentuk :
· Tes kognitif produk (uraian)
· Tes keterampilan (lembar pengamatan)
· Tes sikap sosial (lembar pengamatan)
· Tes sikap spiritual (lembar pengamatan)
3. Instrumen :
· Sikap spiritual (Lamp. 1)
· Sikap sosial (Lamp. 2)
· Kognitif produk (Lamp.3)
· Keterampilan (Lamp.4)
LAMPIRAN I. SIKAP SPIRITUAL
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
PETUNJUK :
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2. berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
Nama Peserta Didik : ......................
Kelas : ......................
Materi Pokok : ......................
Tanggal : ......................
No | Pernyataan | TP | KD | SR | SL |
1 | Peserta didik semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari hukum I Termodinamika | | | | |
2 | Peserta didik berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan pembelajaran | | | | |
3 | Peserta didik mengucapkan rasa syukur atas segala nikmat Tuhan | | | | |
4 | Peserta didik memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum | | | | |
5 | Peserta didik mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya | | | | |
Jumlah | | | | |
Petunjuk Penskoran :
Konversi tanda cek (√) yang diisi peserta didik sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
LAMPIRAN II. SIKAP SOSIAL
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP SOSIAL
Kelas : ............................
Hari, tanggal : ............................
Materi Pokok/Tema : ............................
No | Nama Peserta Didik | Sikap | Ket. | |||
Rasa Ingin tahu | Hati-Hati | Kerja Sama | Toleransi | | ||
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
4 | | | | | | |
5 | | | | | | |
6 | | | | | | |
7 | | | | | | |
8 | | | | | | |
9 | | | | | | |
10 | | | | | | |
11 | | | | | | |
12 | | | | | | |
13 | | | | | | |
14 | | | | | | |
15 | | | | | | |
Jumlah | |
Kriteria penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang
tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering
tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Petunjuk penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
EmoticonEmoticon