RPP Fisika SMA materi OPtik Geometri

Tags


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)


Satuan Pendidikan      :           Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran           :           Fisika
Kelas/ Semester          :           XI / II
Topik                           :           Optik Geometris  
Alokasi Waktu             :           2 x 45 menit (Pertemuan 1)
 


A.       Kompetensi Inti (KI)
              KI. 1.          Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
              KI. 2.          Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
    KI. 3.          Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
              KI. 4.          Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.         Kompetensi Dasar
1.1.               Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekostistem dan peranan manusia  dalam lingkungan serta mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1.               Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2.               Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3.               Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4.               Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3.7.                 Mendeskripsikan cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa.
4.7.               Menyajikan rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa
Indikator:
1.1.1             Peserta didik memperlihatkan kekaguman dengan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1             Peserta didik memperlihatkan rasa ingin tahu dengan mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran
2.1.2             Peserta didik menunjukkan sikap teliti dalam mengamati azas kontunuitas dan azas bernoulli
2.2.1             Peserta didik memperlihatkan kerjasama yang baik pada proses pembelajaran dalam kelompok
2.3.1             Peserta didik menunjukkan sikap bijaksana dan bertanggung jawab pada saat praktikum maupun pada saat diskusi
2.4.1             Peserta didik memperlihatkan sikap sopan dan santun pada saat diskusi
3.7.1             Peserta didik mampu mengenal bagian mata dan fungsinya
3.7.2             Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai macam cacat mata
3.7.3             Peserta didik mampu menentukan perbesaran anguler lup baik mata berakomodasi maupun mata tidak berakomodasi
3.7.4             Peserta didik mampu menentukan perbesaran anguler mikroskop baik mata berakomodasi maupun mata tidak berakomodasi
3.7.5             Peserta didik mampu menentukan panjang mikroskop
3.7.6             Peserta didik mampu menentukan perbesaran anguler pada berbagai teropong
3.7.7             Peserta didik mampu mengenal bagian-bagian kamera
3.7.8             Peserta didik mampu memahami cara kerja kamera
3.7.9             Peserta didik mampu menentuka jarak bayangan pada kamera
4.7.1             Peserta didik menuliskan laporan hasil pengamatan
4.7.2             Peserta didik menuliskan proposal rancangan proyek
4.7.3             Peserta didik mempresentasikan produk tiruan yang dibuat
C.         Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan membaca literatur, percobaan, menanya, mendiskusikan, menyimpulkan, dan mengomunikasikan peserta didik diharapkan mampu:
1)      Mengenal bagian mata dan fungsinya
2)      Mengidentifikasi berbagai macam cacat mata
3)      Menentukan perbesaran anguler lup baik mata tidak berakomodasi maupun berakomodasi
4)      Menentukan perbesaran anguler mikroskop baik mata tidak berakomodasi maupun berakomodasi
5)      Menentukan panjang mikroskop
6)      Mengenal macam-macam teropong
7)      Menentukan perbesaran angular teropong bias
8)      Menentukan perbesaran angular teropong pantul
9)      Menentukan perbesaran angular teropong bumi
10)  Menentukan perbesaran angular teropong panggung
11)  Menentukan perbesaran angular teropong prisma
12)  Mengenal bagian-bagian kamera
13)  Memahami cara kerja kamera
14)  Menentukan jarak bayangan pada kamera
15)  Melakukan percobaan mengukur panjang titik fokus lup
D.        Materi Pembelajaran
A.    Mikroskop
         Sebuah mikroskop terdiri atas susunan dua buah lensa positif. Lensa yang berhadapan langsung dengan objek yang diamati disebut lensa objektif. Sementara itu, lensa tempat mata mengamati bayangan disebut lensa okuler.
Fungsi lensa okuler disini sama dengan lup. Salah satu bentuk mikroskop diperlihatkan pada gambar 1.

        
Mikroskop


        Fungsi mikroskop mirip dengan lup yakni untuk melihat objek- objek kecil. Akan tetapi, mikroskop dapat digunakan untuk melihat objek yang jauh lebih kecil lagi karena perbesaran yang dihasilkannya lebih berlipat ganda dibandingkan dengan lup. Pada mikroskop, objek yang akan damati harus diletakkan di depan lensa objektif pada jarak antara fob dan 2fobsehingga bayangannya akan terbentuk padsa jarak lebih besar dari 2fobdibelakang lensa objektif dengan sifat nyata dan terbalik. Bayangan pada lensa objektif dipandang sebagai objek oleh lensa okule dan terbentuklah bayangan pada lensa okuler. Agar bayangan pada lensa okuler dapat dilihat atau diamati oleh mata, bayangan ini harus berada di depan lensa okuler dan bersifat maya. Hal ini dapat terjadi jika bayangan pada lensa objektif jatuh pada jarak kurang dari fok dari lensa okuler. Proses terbentuknya bayangan pada mikroskop dapat dilihat pada gambar 2, terlihat bahwa bayangan akhir yang terbentuk pada mikroskop bersifat maya dan, terbalik dan diperbesar.
        


Proyeksi Mikroskop


 Jarak antara lensa objektif dan lensa okuler menentukan panjang pendeknya sebuah mikroskop. Seperti pada gambar 2, panjang mikroskop atau jarak antara lensa objektif dan lensa okuler sama dengan jarak bayangan objektif ke lensa objektif ditambah jarak bayanga objektif tadi ke lensa okuler secara matematis dituliskan :
 d = S’ob + Sok
dimana,
d = panjang mikroskop
S’ob= jarak bayangan lensa objektif ke lensa objektif dan
S’ok = jarak bayangan objektif ke lensa okuler.

Perbesaran total yang dihasilkan mikroskop merupakan penjumlahan antara perbesaran yang dihasilkan oleh lensa objektif dan perbesaran sudut yang dihasilkan oleh lensa okuler. Secara matematis,perbesaran total yang dihasilkan mikroskop dituliskan sebgai berikut
M = Mob + Mok
Dimana,
M = perbesaran total yang dihasilkan mikroskop
Mob= perbesaran yang dihasilkan lensa objektif
Mok = perbesaran sudut yang dihasilkan lensa okuler

 Perbesaran lensa objektif
Mob =
Dimana,
Mob= perbesara objektif
S’ob= jarak bayangan objektif
Sob= jarak benda objektif

 Perbesaran lensa objektif
Mob =  + 1  ( mata berakomodasi )
Mob =         ( mata tak berakomodasi )

E.         PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
            Pendekatan     : Saintifik
Metode                  : Eksperiment dan diskusi
Model                    : Pembelajaran Langsung
F.          Kegiatan Pembelajaran
I.          Kegiatan Pembelajaran.
PERTEMUAN KEDUA (2 x 45 menit)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Keterlaksanaan
ya
tidak
Pendahuluan
-      Menyiapkan peserta didik untuk belajar
     Memberi salam dan menanyakan kabar
-      Guru melakukan pemusatan perhatian :
    siapa yang tau bentuk dari bakteri dan virus? Alat apa yang digunakan Untuk melihat suatu yang ukurannya sangat kecil? Bagaimana prinsip kerja dari alat tersebu sehingga bisa melihat suatu yang ukurannya sangat kecil? Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi
20 menit



Kegiatan Inti
Menyampaikan informasi datentang mikroskop
Menggali ingatan peserta didik dengan tanya jawab
-          Membagi peserta didik menjadi 4  kelompok
-          Peserta didik diberikan beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mikroskop untuk dikerjakan secara  berkelompok.
-          Peserta didik diberikaan waktu untuk maju ke depan mengerjakan soal soal

80 menit



Penutup
-          Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran  
-          Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-         Peserta didik menjawab kuis tentang materi yang diajarkan pada hari itu
-         Pendidik menutup pembelajaran dengan salam dan memberikan semangat untuk tetap belajar
20 menit










G.     Penilaian
1.      Teknik dan bentuk instrumen
Kompetensi
Teknik
Bentuk instrumen
Sikap
Observasi Sikap Spiritual
Pedoman observasi, Daftar cek dan skala penilaian disertai rubrik
Penilaian Sikap
Daftar cek penilaian sikap
Pengetahuan
Tes Tulis
Lembar kesimpulan kegiatan pada LKPD
Keterampilan
Observasi Keterampilan Praktikum
Pedoman Observasi, Daftar cek dan skala penilaian disertai rubrik

2.      Instrumen
a)      Lembar penilaian sikap spiritual
No
Nama Peseta Didik
Berdoa sebelum dan setelah proses pembelajaran
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1

















dst


















Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 : selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 : sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak  melakukan
2 : kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 : tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
b)      Lembar Penilaian sikap
No
Nama peserta didik
Rasa ingin tahu
Cermat
Hati-hati
Bekerjasama
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1







dst








Keterangan
Skor 1, Tidak pernah menunjukkan sikap tersebut 
Skor 2, Kadang-kadang  menunjukkan sikap tersebut
Skor 3, Sudah menunjukkan sikap tersebut
Skor 4, Sering menunjukkan sikap tersebut

c)      Lembar Pengamatan Keterampilan Praktikum
No
Nama peserta didik
Persiapan Percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir Percobaan
Jumlah Skor
1





dst






Rubrik Pengamatan Keterampilan Praktikum
No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Persiapan Percobaan (Menyiapkan alat Bahan)
30
-        Alat-alat tertata rapi sesuai dengan urutan yang benar
-        Bahan-bahan sudah tersedia
-        Alat praktikum dalam keadaan baik/siap pakai
-        Tersedia air untuk membilas alat dan tisu
20
Ada 3 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek tang tersedia
2
Pelaksanaan Percobaan
40
-        Mencuci/melap alat-alat sebelum praktikum
-        Mengamati bentuk akar pada kecambah kacang tanah dan jagung
-        Mengidentifikasi apakah akar yang diamati akar serabut atau akar tunggang?
-        Membuat sayatan melintang pada akar dari tumbuhan kacang tanah dan jagung dengan silet
-        Meletakkan sayatan akar pada kaca benda yang terpisah, yang telah ditetesi dengan air.
-        Menutup kedua kaca benda dengan kaca penutup
-        Mengamati kedua preparat yang telah dibuat menggunakan mikroskop  dengan perbesaran 4o kali
-        Menggambar bagian yang teramati dan memberi keterangan
-        Membandingkan struktur jaringan pada organ akar yang diamati dengan gambar yang ada di buku
-        Mencatat data pengamatan sesuai dengan fakta yang diamati
20
Ada 3 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek tang tersedia
3
Kegiatan akhir Percobaan
20
-        Membuang sampah ketempatnya
-        Membersihkan alat dengan baik
-        Membersihkan meja praktikum
-        Mengembalikan alat ke tempat semula
20
Ada 3 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek tang tersedia

d)     Lembar penilaian laporan pengamatan
Kelompok
Aspek Penilaian
Sistematika Lap.
Judul
tujuan
Alat / Bahan
Prosedur Kerja
Penyajian data
Kesimpulan
3
2
1
3
2
1
3
2
1
3
2
1
3
2
1
3
2
1
3
2
1
1





















2





















3





















4





















5






















Rubrik penilaian laporan pengamatan
Aspek laporan
Skor penilaian
3
2
1
Sistematika penulisan
Menuliskan laporan sesuai urutan penulisan laporan hasil pengamatan
Terdapat satu Susunan laporan tidak sesuai urutan sistematika
Terdapat lebih dari satu susunan laporan tidak sesuai sistematika
Judul percobaan
Kurang dari 15 kata dan memuat variabel pengamatan
Lebih dari 15 kata dan sesuai variabel pengamatan
Lebih dari 15 kata dan tidak sesuai variabel pengamatan
Tujuan
Memuat variabel pengamatan dan dirumuskan dalam bentuk pernyataan
Memuat variabel pengamatan namun tidak dirumuskan dalam bentuk pernyataan
Tidak memuat variabel pengamatan
Alat atau bahan
Menuliskan semua alat atau bahan yang digunakan
Terdapat 1 alat atau bahan yang tidak dituliskan
Terdapat lebih dari 1 alat atau bahan yang tidak dituliskan
Prosedur kerja
Menuliskan prosedur kerja sesuai tahapan pengamatan
terdapat 1 tahapan pengamatan yang tidak sesuai urutan proses pengamatan
Terdapat lebih dari 1 tahapan pengamatan yang tidak sesuai urutan prosedur kerja
Penyajian data
Data pengamatan sesuai hasil yang diperoleh dan disajikan dalam bentuk tabel
Data pengamatan sesuai hasil yang diperoleh namun tidak disajikan dalam bentuk tabel
Data pengamatan tidak sesuai hasil yang diperoleh
Kesimpulan
Kesimpulan yang diperoleh sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan dituliskan secara singkat dan jelas
Tujuan yang diperoleh sesuai namun dituliskan tidak secara singkat
Kesimpulan tidak sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai

Nilai :

H.        Strategi/Metode Pembelajaran
1)    Metode           :  Eksperimen dan Diskusi
2)    Model              :  Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
I.           Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1)   Media
    LKPD
2)   Alat dan Bahan
Alat dan bahan praktikum sudah tercantum dalam LKPD
3)   Sumber Belajar
a)   Bahan Ajar
b)   Komputer




INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF
DALAM PROSES PEMBELAJARAN
(PENILAIAN DIRI)

Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester    : X/2
Materi                                      : Alat-Alat Optik
Pertemuan Ke      :


Nama Peserta Didik    : ….……………
Kelas                           : ……………….
NIS                             : ……………….
Petunjuk Mengerjakan :
a.       Kerjakan soal berikut dengan cermat, teliti, jujur, dan secara individu
b.      Perhatikan instruksi dari bapak/ibu guru dan sikap dalam mengerjakan soal akan diamati oleh guru
Soal
1.      Kemukakan 5 bagian dari mikroskop beserta fungsinya masing-masing !
2.      Sebuah mikroskop mempunyai lensa objektif dan lensa okuler yang masing-masing berjarak titk focus 4 cm dan 10 cm. sebuah benda renik diletakkan pada jarak 6 cm dari lensa objektif. Seorang bermata normal melihat benda tersebut dengan berakomodasi maksimum. Hitunglah :
a.       Perbesaran sudutnya
b.      Panjang tubulusnya












Artikel Terkait


EmoticonEmoticon