Cara Mengatasi Hp Terkena Air

Karateristik dari air yang dapat menghantarkan arus listrik dan sifat wujudnya yang cair membuat air dan perangkat elektronika terutama bagi perangkat elektronika dengan PCB seperti handphone dan laptop tidak dapat saling dipertemukan. Fokus kita kali ini bukan ke point tentang hubungan antara air dan handphone yang tidak bisa bersama tetapi kita fokus kepada bagaimana kalo air dan handphone berhasil bersatu.

Cara Mengatasi Hp Terkena Air
Hp kena Air


Tentu saja jawabanya pasti handphone atau smartphone kita akan rusak di akibatkan terjadinya kosleting sirkuit akibat arus listrik yang menyebar tidak terarah karena adanya konduktor tambahan berupa air. Namun tahukah anda ternyata dengan langkah awal yang tepat atau kita sebut dengan pertolongan pertama yang tepat dapat menyelamatkan smartphone anda dari kerusakan.
Nah apa saja langkah tersebut ? berikut langkah pertolongan pertama yang dapat anda lakukan
Baca Juga : Cara Mengatasi gagal tangkap Layar di hp android
1.      pertama adalah jangan panik segerah angkat smartphone anda dari air.
     2.   Dalam sejumlah kasus tergantung dari jumlah cairan yang masuk ada dua keadaan awa ketika       smartphone anda terkena air yaitu :
a.       Handphone dalam keadaan mati. Pada kondisi ini jangan coba-coba untuk menghidupkan smartphone dan juga jangan menekan tombol apapu.
b.      Jika smartphone masih hidup setelah terkena air segeralah matikan dengan mencabut baterei. Ingat matikan dengan mencabut batteri jangan matikan dengan menekan tombol power karena itu akan memicu kosleting menjadi lebih parah. 
     3.     Bukan casing jika ada, buka batteri kartu sd dan juga kartu sim
   4.   Selanjutnya lakukan perngeringan fisik dengan mengunakan tissu atau bahan lainya yang dapat menyerap air

Ingat jika anda tidak ada pengalaman di dunia elektronik sebelumnya jangan coba untuk membuka smartphone anda lebih jauh seperti dengan membuka baut apalagi kalau smartphone anda masih dalam renang waktu garansi dari toko karena smartphone bergaransi dilengkapi dengan damage indicator sejenis sensor yang dapat mendeteksi apakah smartphone sebelumnya sudah dibongkar atau tidak. Jangan sampai garansinya hangus karena hal ini 

    5.   Selanjutnya adalah proses pengeringan, anda dapat melakukan dengan memasukkan smartphone dan batteri kedalam tempat menyimpanan beras. Ini mungkin terdengar rada-rada tradisional tetapi beras  terbukti memiliki temperture yang konstan dan kering.
    6.   Diamkan selama minimal 3 hari, cukup bersabar selama jangkan waktu 3 hari jangan coba  menyalakan smatrphone anda.
     7.    Terakhir setelah tiga hari coba anda nyalakan dan jangan lupa dengan basmalah, karena bergantung pada diri sendiri saja itu sebuah kenaifan.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon