RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 6 Kali Pertemuan ( 6 X 2 X 45 Menit)
Standar Kompetensi
2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Kompetensi Dasar
2.3 Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya.
Indikator
1. Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik.
2. Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada teknologi.
3. Mengaplikasikan konsep induksi elektromagnetik Faraday pada sound system
4. Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl induksi.
5. Memformulasikan konsep arus dan tegangan bolak-balik.
6. parameter rangkaian AC sederhana yang terdiri atas R,L, dan C menggunakan diagram fasor.
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1. Menyebutkan bunyi hukum Faraday.
2. Memberikan contoh aplikasi hukum Faraday dalam kehidupan sehari-hari.
3. Memformulasikan arus listrik dan tegangan AC.
4. Menganalisis besaran-besaran yang terkait dengan arus dan tegangan listrik bolak-balik.
5. Memecahkan permasalahan sederhana pada rangkaian listrik AC yang terdiri dari resistor, induktor, dan kapasitor.
B. Materi Pembelajaran
· Gaya Gerak Listrik Induksi
· Transformator
· Aplikasi Induksi elektromagnetik pada teknologi
· Tegangan Listrik Bolak Balik
· Rangkaian Arus Bolak Balik
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Guru Mengecek kehadiran Siswa
· Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang materi pelajaran telah lalu dan materi yang akan dipelajari.
b. Kegiatan Inti
· Guru Memberikan Penjelasan mengenai ggl Induksi melalui ilustrasi Percobaan Fareday
· Guru memberikan informasi yang disertai tanya jawab untuk mengidentifikasi
· dan memformulasikan ggl induksi
· Guru memberikan informasi yang disertai tanya jawab untuk mengungkap kembali komponen dan cara kerja generator AC dan DC.
· Guru melakukan tanya jawab untuk menentukan besar arus dan tegangan arus bolak-balik yang merupakan fungsi sinus.
· Guru menuliskan dan menjelaskan contoh soal penerapan untuk menentukan ggl induksi
· siswa memperhatikan contoh soal menentukan disampaikan oleh guru.
· Guru memberikan beberapa soal menentukan untuk dikerjakan oleh peserta didik.
· Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Akhir
· Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi arus dan tegangan listrik bolak-balik.
· Guru memberikan tugas mandiri atau tugas kelompok dan tugas membaca untuk memahami materi berikutnya.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Guru Mengabsen
· Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang materi pelajaran telah lalu dan materi yang akan dipelajari.
b. Kegiatan Inti
· Guru Memberikan Informasi beserta Tanya jawab tentang transformator
· Guru Menjelaskan Prinsip kerja transformator
· Guru Memberikan Contoh soal
· Siswa memperhatikan contoh soal yang disampaikan oleh guru.
· Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik berpasangan.
· Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru memberikan bimbingan.
· Guru menunjuk perwakilan kelas untuk menuliskan jawabanya dipanpan tulis
c. Kegiatan Akhir
· Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi yang telah dipelajari. serta tugas membaca untuk memahami materi berikutnya.
· Guru memberikan tugas
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Guru Mengabsen
· Guru Meriview Materi pada pertemuan kemarin
b. Kegiantan Inti
· Guru membimbing Siswa dalam pembentukan kelompok.
· Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan prinsip kerja Mikrofon dan Perekam kaset
· Siswa Mempresentasikan hasil diskusi mereka didepan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain.
· Guru memberikan penjelasan dan membenarkan konsep yang masih keliru
· Siswa memperhatikan penjelasan guru
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
· Guru Mengabsen
· Guru Mereview Materi pada pertemuan kemarin
b. Kegiatan Inti
· Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian arus bolak-balik.
· Siswa memperhatikan perumusan arus dan tegangan bolak-balik yang disampaikan oleh guru.
· Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan karekteristik dari setiap rangkaian dengan arus bolak balik (R, RL, RC, RLC)
· Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang karekteristik dari setiap rangkaian dengan arus bolak balik (R, RL, RC, RLC)
· Siswa memperhatikan contoh soal disampaikan oleh guru.
· Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh Siswa.
· Guru mengoreksi jawaban Siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat Siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
· Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan daya dan daya rata-rata.
· Siswa memperhatikan penjelasan guru mendapatkan rumusan daya dan daya rata-rata.
· Siswa memperhatikan contoh soal menentukan daya dan daya rata-rata yang disampaikan oleh guru.
c. Kegiatan Penutup
· Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku Sains Fisika 3 SMA/MA, Pengarang : Heri Subagya, Penerbit : Bumi Aksara Sains 141-179
b. LKS Fisika Untuk Kelas XII Semester Ganjil
c. Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
- Tugas rumah
EmoticonEmoticon