Sejarah Perkembangan Komputer : Sebuah Timeline dari masa lalu

Perangkat Komputer di jaman sekarang ini telah mengalami evolusi fungsi dari fungsi awalnya. Saat ini 70 % pengguna menggunakan komputer  pribadi miliknya untuk kebutuhan gaming, sosial media, pemutar musik dan video. Ini merupakan bentuk perubahan fungsi dari perangkat komputer tersebut yang mana perangkat komputer awalnya di rancang untuk kebutuhan pengiputan data.

Sejarah Perkembangan Komputer  : Sebuah Timeline dari masa lalu


Singkatnya tahun 1880 di amarika serikat populasi penduduk kian membeludak alhasil pemerintah kewalahan melakukan pendataan penduduk yang waktu itu dilakukan secara manual. Laju pertumbuhan penduduk tidak dapat di imbangi pemerintah sehingga membutuhkan watu 7 tahun untuk mencatat tabulasi hasil sensus kalah itu.

Untuk itu sebuah pemikiran untuk membuat sebuah alat untuk menyederhanakan pekerjaan muncul, inilah latar belakang lahirnya komputer.

Komputer tidak sedetail yang kita temukan saat ini. Perlu rentetan waktu dan penemuan untuk menjadikan layaknya komputer di rumah atau dikantor anda saat ini. Berikut timeline evolusi komputer didunia.




    Tahun 1801 - Punch Cards 1st

    di benua eropa tepatnya di francis Joseph Marie Jacquard menciptakan alat pencetak degan konsep semi manual yang menggunakan desain cetak berlubang untuk mencetak pada media kain secara semi otomatis. Cara kerjanya dari pada menyerupai komputer lebih mirip mesin ketik


    Tahun 1822 - Calculated machine


    Ahli matematika Inggris Charles Babbage mebuat konsep mesin penghitung bertenaga uap yang dirancang untuk menghitung angka dalam format tabel. Proyek ini diajukan ke perintahan dan  akhirnya disetujui dan didanai sepenuhnya oleh pemerintah Inggris. Meskpiuan pada akhirnya proyek ini menuai kegagalan.

    Tahun 1890 - Punch Cards 2nd

    Herman Hollerith mendesain sistem “kartu punch” untuk menghitung sensus di amerika yang belum diselesaikan sejak tahun 1880. Dengan desainya “kartu punchnya” ini krisis pendataan yang telah berlangsung selama sepuluh tahun dapat diselesaikan dalam jangkan waktu tiga tahun. Herman Hollerith kemudian mendirikan perusahaan yang pada akhirnya akan menjadi IBM.

    Tahun 1936 - Turing Machine

    Alan Turing menyajikan sebuah konsep tentang mesin universal, yang kemudian disebut mesin Turing. Mesin ini dirancang dengan sistem yang mampu menghitung apa pun yang dapat dikomputasi.  Konsep dasar komputer modern yang saat ini kita gunakan diasarkan pada ide-idenya.



    Tahun 1941- Terobosan memori internal

    Atanasoff dan mahasiswa pascasarjananya, Clifford Berry, mendesain komputer yang dapat memecahkan 29 persamaan secara bersamaan. Ini merupakan sebuah trobosan sistem memori internal pada komputer.

    Tahun 1943-1944 - Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC).

    Dua profesor Universitas Pennsylvania, John Mauchly dan J. Presper Eckert, membangun Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). Beliau Dikenal sebagai kakek komputer digital. Desain komputer Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) itu berukuran besar 20 kaki dengan 40 kaki dan memiliki 18.000 tabung vakum.




    Tahun 1946 - UNIVAC

    Mauchly dan Presper meninggalkan University of Pennsylvania dan menerima dana dari Biro Sensus untuk membangun UNIVAC, komputer komersial pertama untuk aplikasi bisnis dan pemerintahan.

    Tahun 1947 – Penemuan Transistor

    William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain dari Bell Laboratories menemukan transistor. Mereka menemukan cara membuat saklar listrik dengan bahan padat non vakum.

    Tahun 1953 – Penemuan Sistem pemprograman COBOL

    Grace Hopper mengembangkan bahasa komputer pertama, yang akhirnya dikenal sebagai COBOL.

    Tahun 1954Penemuan Bahasa pemprogaram FORTRAN

    Bahasa pemrograman FORTRAN, akronim untuk FORmula TRANslation, dikembangkan oleh tim programmer di IBM yang dipimpin oleh John Backus.

    Tahun 1958 – Penemuan Chip computer

    jack Kilby dan Robert Noyce mengungkap sirkuit terintegrasi, yang dikenal sebagai chip komputer. Kilby dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pada tahun 2000 untuk karyanya.

    Tahun 1964 – Prototipe komputer modern

    Douglas Engelbart menunjukkan prototipe komputer modern, dengan mouse dan pengguna grafis antarmuka. Penemuan ini merupakan awal pergesaran evolusi komputer user, dari awalnya komputer mesin khusus untuk ilmuwan dan matematikawan menuju ke penguna masyarakat Secara umum.

    Tahun 1969 - Desain UNIX

     Sekelompok pengembang di Bell Labs menghasilkan UNIX, sistem operasi yang membahas masalah kompatibilitas. Ditulis dalam bahasa pemrograman C , UNIX dikembangkan secara portabel dan di coba pada sejumlah platform dan menjadi sistem operasi pilihan di antara mainframe di perusahaan besar dan entitas pemerintah. namun Karena sifat sistem yang masih lambat penggunaanya masih banyak kendala dan belum di komersilkan.

    Tahun 1970 – Penemuan Interl Prosesor

    Perusahaan Intel tahun 1970 pertam kali memperkenalkan sebuah cpu yang diberi nama Intel 1103. Saat itu istilahnya bukan prosesor melaikan DRAM.

    Tahun 1971 – penemuan Floppy Disk

    Alan Shugart memimpin tim insinyur IBM yang menciptakan "floppy disk," yang memungkinkan data dibagikan di antara komputer. Ini merupakan konsep dasar dari memori independen seperti flashdisk yang saat ini kita kenal.

    Tahun 1973 – pengembangan jaringan Ethernet

    Robert Metcalfe, anggota staf riset untuk Xerox, mengembangkan Ethernet untuk menghubungkan banyak komputer dan perangkat keras lainnya.

    Tahun 1975 – Altair 8080

    Majalah Popular Electronics edisi Januari menampilkan Altair 8080, yang merupakan "perangkat komputer mini pertama di dunia untuk menyaingi model komersial." Penemunya adalah dua orang ahli yaitu Paul Allen dan yang satunya lagi adalah orang terkaya di 2018 ini ya, Bill Gates. Pasca keberhasilan ini, dua teman masa kecil tersebut mendirikan perusahaan peranti lunak mereka sendiri, yaitu Microsoft.

    Tahun 1976 – Apple I diluncurkan

    Steve Jobs dan Steve Wozniak memulai perusahaan Apple Computers dan meluncurkan Apple I yaitu komputer pertama dengan papan sirkuit tunggal.
    1977: Produksi awal Radio Shack dari TRS-80 hanya 3.000. Itu dijual seperti orang gila. Untuk pertama kalinya, non-geek dapat menulis program dan membuat komputer melakukan apa yang mereka inginkan.

    Tahun 1977 – Apple II

    Steve Jobs dan Wozniak meluncurkan perangkat kompuet edisi kedua mereka Apple II. Apple dua Ini menawarkan grafis warna dan menggabungkan drive kaset audio untuk penyimpanan.

    Tahun 1979-WordStar program pengelolahan kata pertama

    MicroPro International merilis WordStar. Wordstar adalah adalah semacam program pengelolahan kata seperti ms word namun dengan fungsi yang masih minim. Di buat oleh Rob Barnaby.

    Tahun 1981- Komputer Pribadi pertama

    Komputer pribadi atau PC oleh IBM di reles dengan nama "Acorn,". Acorn Ini menggunakan sistem operasi Microsoft MS-DOS. Dengan prosesor Intel, dua floppy disk dan monitor berwarna opsiona

    Tahun 1983 – Apple’s PC

    Apple's Lisa adalah komputer pribadi pertama dengan sistem GUI yang sudah dilengkapi dengan sistem menu dan ikon drop-down

    Tahun 1985- Windows pertama kali di umukan

    Pada tahun ini perusahaan Microsoft mengumumkan sistem operasi komputer yang dinamai serupa dengan nama perusahaanya “Windows”. Produk Windows ini merupakan bentuk produk persaingan terhadap GUI Apple yang lebih dulu rilis pada tahun 1983.

    Tahun 1986 – D386 oleh compaq

    Compaq merilis produk Deskpro 386 dengan Arsitektur 32-bit ini menyediakan kecepatan yang sebanding dengan mainframe.

    Tahun 1990  - HTML DIperkenalkan

    Tim Berners-Lee, seorang peneliti di CERN, laboratorium fisika energi tinggi di Jenewa, mengembangkan HyperText Markup Language (HTML)

    Tahun 1993 - Prosesor Pentium rilis

     Mikroprosesor Pentium dirilis dengan dampak menonjol dari segi tampilan grafik. Selain itu prosesor ini juga mendukunga pemutaran musik di PC.

    Tahun 1994 – PC Gaming

    PC telah mengalami perkembangan dan tahun 1994 untuk pertama kalinya pc telah dapat dijadikan layaknya console game.

    Tahun 1996 – Google diluncurkan

    Sergey Brin dan Larry Page mengembangkan mesin pencari Google di Stanford University.

    Tahun 1999 – istilah Wifi ditemukan

    Istilah Wi-Fi menjadi bagian dari bahasa komputasi dan pengguna mulai terhubung ke Internet tanpa kabel.

    Tahun 2001 – Mac OS X

    Apple memperkenalkan sistem operasi Mac OS X, yang menyediakan arsitektur memori  dan premptive multi-tasking. Di pihak pesain pada tahun 2001 Microsoft, juga meluncurkan Windows XP, yang memiliki GUI desain ulang.

    Tahun 2003 – Prosesor 64 bit pertama

    Prosesor 64-bit pertama adalah AMD Athlon 64, yang kalah itu telah dipasrkan secara komersil untuk pasar konsumen.

    Tahun 2004 – Mozilla FireFox

    Mozilla Firefox 1.0 dirilis sebagai prorgam browser untuk mengakses internel, Facebook,  dan situs jejaring sosial lainnya.

    Tahun 2005 – youtube

    YouTube, layanan berbagi video, didirikan.

    Tahun 2006 – MacBOOk pro  & nintendo rilis

    Apple memperkenalkan MacBook Pro, komputer seluler dual-core pertama berbasis Intel, serta iMac berbasis Intel. Selain itu Konsol game Nintendo Nintendo menyentuh pasar.

    Tahun 2007- evolusi smartphone

    iPhone membawa banyak fungsi komputer ke smartphone.

    Tahun 2009 – Windows 7

    Microsoft meluncurkan Windows 7, yang menawarkan kemampuan untuk menyematkan aplikasi ke taskbar dan kemajuan dalam grafik dan navigasi berupa touchpad.

    Tahun 2010 – iPad rilis

    Apple memperkenalkan iPad, mengubah cara konsumen melihat media dan memulai segmen komputer tablet.

    Tahun 2015 – win10

    windows Apple merilis Apple Watch. Microsoft merilis Windows 10.

    Tahun 2016 – komputer kuantum di desain

    Komputer kuantum pertama yang dapat diprogram ulang dibuat. "Sampai saat ini, belum ada platform kuantum-komputasi yang memiliki kemampuan untuk memrogram algoritma baru ke dalam sistem mereka.

    Tahun 2017 – Sistem Molecular Informatics

    Badan Proyek Penelitian Pertahanan (DARPA) mengembangkan program "Molecular Informatics" baru yang menggunakan molekul sebagai komputer. Proyek ini dikonsep untuk menyediakan ruang desain yang luas dalam menjelajahi cara-cara baru dan multi-value untuk menyandikan dan memproses data-data dengan kecepatan di luar 0s dan 1s Dengan arsitektur digital berbasis logika saat ini.

    Artikel Terkait

    1 komentar

    ✅Sejarah Perkembangan Komputer : Sebuah Timeline Dari Masa Lalu - Zona Pembelajar >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    ✅Sejarah Perkembangan Komputer : Sebuah Timeline Dari Masa Lalu - Zona Pembelajar >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    ✅Sejarah Perkembangan Komputer : Sebuah Timeline Dari Masa Lalu - Zona Pembelajar >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK ak


    EmoticonEmoticon