sandi pramuka yang harus diketahui saat berkemah

Ilmu yang harus di ketahui bagi anda para pramuka adalah ilmu membaca sandi. Pengetahuan tentang sandi pramuka akan sangat berguna saat anda sedang menjelajah atau saat perkemahan berlangsung. Sehubungan dengan hal  tersebut pada artikel kali ini akan membahas jenis sandi pramuka yang sering digunakan saat perkemahan.

sandi pramuka tidak terbatas pada tulisan saja melaian dapat berupa pesan visual, cahaya dan bunyi. Mengenal dan bisa membaca sandi sangat penting untuk para pramuka. kemampuan membaca sandi juga sering dimaksukkan dalam perlombaan saat perkemaan. Kecepatan memahami sandi merupakan faktor penentu kemenangan tim anda. 


Semua sandi pramuka yang ada dibuat dengan prinsip mengantikan huruf dan angka alfabet kedalam simbolik tertentu. Jadi cara satu-satunya untuk bisa membaca sandi adalah dengan menghafal simbolik untuk sandi tertentu. Hal ini tentunya membutuhkan usaha dan latihan karena ada lebih dari satu jenis sandi yang sering digunakan dalam pramuka.




Info menarik : fakta Menarik Tentang Samudra Atlantik




    Sandi Morse



    Morse diambil dari nama belakang penemunya yaitu Samuel Finley Breese Morse. Sandi morse sebenarnya sangat sederhana karena hanya terdiri dari dua elemen simbolik yaitu titik dan garis yang dengan susunan tertentu membentuk simbolik untuk setiap huruf alfabet dan angka. Pengunaanya sering di realisasikan dalam bentuk bunyi dan cahaya (peluit dan senter)

    Sandi Semaphore

    sandi ini memberikan kode dalam bentuk gerakan visual dengan mengunakan dua buah bendera. huruf Alfabet dan angka di simbolikan kedalam gerakan dengan pola tertentu yang berbeda untuk setiap angka. langkah untuk bisa membaca sandi semaphore ini adalah dengan menghafal seetiap gerakannya selain itu dibutuhkan pengelihatan yang normal untuk kode sandi jarak jauh.

    Sandi An

    sandi An merupakan jenis sandi yang masih mengunakan huruf alfabet asli. Hanya saja kode pada sandi AN dibuat dengan pola AN. cara membacanya cenderung lebih mudah dari jenis sandi pramuka lainnya yang anda perlu ingat hanyalah posisi AN seperti gambar. Jadi misalnya ada kode tertulis "MUVFRA" maka jika diterjemahkan menjadi "Zhisen" cukup ganti dengan huruf yang tegak lurus dengan kode.

    Sandi Angka

    Seperti namanya sandi angka mengunakan angka sebagai kode huruf alfabet. setiap huruf alfabet digantikan oleh fungsi angka yang di mulai dengan angka 0 yang mewakili A dan secara berurutan mewakili setiap huruf sampai angka 25 yang mewakili huruf Z. sebagai contoh misalnya, kode "0 13 6 10 0" jika diterjemahkan berarti "angka".

    Sandi Rumput


    Bentuk Kode simbolik yang menyerupai rumput sehingga sandi ini di istilahkan sandi rumput. Untuk bisa memahaminya anda harus mengetahui setiap simbolik kode huruf yang ada pada sandi rumput. Elemen dari sandi rumput terdiri dari strip dan titik yang disimbolkan dalam bentuk garis berbentuk rumput. Untuk memahami sandi ini perlu usaha extra.

    sandi-sandi diatas dalam penggunaanya tidak hanya sebatas kegiatan pramuka estrakulikuler saja melaikan sandi ini sering digunakan dalam aplikasi di kehidupan nyata seperti kode mercusuar ke kapal pesial ataupu para anggota pencari jejak seperti timsar. sekian informasi dari bloginfo ini semoga bisa menjadi informasi yang beguna untuk anda.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon