RPP fisika kelas X Materi Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus.

Tags

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SATUAN PENDIDIKAN     : SMA NEGERI 1 GALESONG
KELAS / SEMESTER           : X / I (GANJIL)
MATA PELAJARAN            : FISIKA
PERTEMUAN KE-                : I
ALOKASI WAKTU              : 3 X 45 MENIT

I.          Kompetensi Inti (KI)
A.    Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI1) :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B.     Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI2) :
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C.    Kompetensi Inti Pengetahuan (KI3) :
Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, proceduraldan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D.    Kompetensi Inti Keterampilan (KI4) :
Mengolah, menalar, dan meyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II.       Kompetensi Dasar (KD)
A.    Kompetensi Dasar Sikap Spiritual :
1.1  Bertambah Keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan air sebagai unsur utama kehidupan dengan karakteristik yang memungkinkan bagi makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang.
B.     Kompetensi Dasar Sikap Sosial :
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingintahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalamaktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan perobaan dan berdiskusi.
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
C.    Kompetensi Dasar Pengetahuan :
3.2 Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus.
D.    Kompetensi Dasar Keterampilan :
4.3 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus.
III.    Indikator Pencapaian Kompetensi
A.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1        Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan gerak dengan benda-benda lain di alam semesta.
1.1.2        Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai jenis gerak di alam semesta dengan kompleksiatsnya masing-masing.
1.2.1        Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai jenis gerak bagi manusia dalam menjalani kehidupannya.
B.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1 Menampilkan perilaku rasa ingin tahu dengan mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran
2.1.2 Menampilkan perilaku hati-hati dalam kehidupan sehari-hari
2.2.1 Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran
2.2.2 Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran
2.2.3 Menampilkan sikap bekerja sama dalam kelompok saat melakukan dan melaporkan hasil percobaan
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan / Kognitif (KD-KI 3)
1.      Kognitif Produk
a.         Menentukan besarnya percepatan apabila gaya berubah pada katrol
b.        Menentukan besarnya percepatan apabila massa berubah pada katrol
c.         Menyimpulkan bunyi hukum II Newton
2.      Kognitif Proses
a.         Menghitung
b.        Merumuskan masalah
c.         Merumuskan hipotesis
d.        Merencakan percobaan
e.         Mengolah data
f.         Menyimpulkan
D.    Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan (KD-KI 4)
Disediakan seperangkat alat percobaan sesuai dengan rincian tugas yang di tentukan di LKFPD meliputi :
1.      Merangkai alat dan bahan untuk percobaan “Hukum II Newton”.
2.      Mengoperasikan neraca ohauss
3.      Membaca penunjukan skala pada neraca ohauss
IV.    Tujuan Pembelajaran
1.      Diberikan data pengukuran, peserta didik dapat menentukan besarnya percepatan apabila gaya berubah pada katrol dengan benar sehingga peserta didik bertambah keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap gerak dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Diberikan gambar katrol, peserta didik dapat menentukan besarnya percepatan apabila massa berubah pada katrol dengan benar sehingga peserta didik bertambah keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap gerak dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Diberikan 1 set percobaan hukum II Newton, peserta didik melakukan percobaan secara hati-hati untuk untuk dapat menyimpulkan bunyi hukum II Newton sehingga peserta didik dapat mengenali dan  mengaggumi kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
V.       Materi Pembelajaran
A.    Pendahuluan
Keutamaan Hukum II Newton
1.      Landasan Spiritual
Dukungan Al-Qur’an dan Al-Hadist
2.      Landasan Karakter
Kejujuran Ilmiah didukung oleh teliti, hati-hati, dst
B.     Hukum Newton Tentang Gerak
1.      Hukum II Newton
2.      Penerapan Hukum Newton
3.      Konsep percepatan, massa, dan gaya pada Hukum II Newton
VI.    Model, Metode, dan Pendekatan Pembelajaran
Model                   : Discovery Learning
Metode                 : Demonstrasi, Tanya Jawab, Eksperimen, Presentasi.
Pendekatan          : Saintifik
Teknik                  : Pembelajaran Kooperatif
Strategi                 : Interaktif
Taktik                   : Komunikatif
VII. Kegiatan Pembelajaran
SINTAKS PEMBELAJARAN
WAKTU
PENDAHULUAN
15 Menit
1)    Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
2)    Guru mengecek kehadiran peserta didik
3)    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4)    Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
5)    Tanya jawab tentang materi sebelumnya dan materi yang akan dipelajari
6)    Tanya jawab sebagai pra-test pemahaman peserta didik tentang BFPD yang sudah dipelajari sebelumnya
KEGIATAN INTI
100 Menit
Sintaks
Pendekatan Saintifik
Stimulation
( Stimulasi )
Mengamati
7)   Peserta didik mengamati video ilustrasi yang yang ditampilkan oleh guru
8)   Peserta didik mendiskusikan apa yang mereka temukan dari pengamatan tersebut
9)   Guru menyampaikan manfaat pembelajaran dari hukum II Newton
Problem statement
(Identiikasi masalah)
Menanya
10)   Peserta didik berdiskusi untuk membuat pertanyaan-pertanyaan dari hasil pengamatan
11)   Peserta didik berdiskusi mengemukakan hipotesis berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat
Data collecting (Pengumpulan data)
Mencoba
12)    Peserta didik dibagi dalam 4 kelompok yang masing-masing terdiri dari 5-6 orang
13)    Guru membagikan LKFPD kepada peserta didik.
14)    Guru mendemonstrasikan prosedur percobaan yang akan dilakukan oleh peserta didik.
15)    Guru meminta setiap perwakilan kelompok untuk melakukan percobaan di depan kelas.
Data Processing (Mengolah data)
Mengasosiasi
16)   Peserta didik berdiskusi dalam mengolah dan menganalisis data berdasarkan hasil pengamatan di kelompoknya masing-masing
17)   Peserta didik berdiskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam LKFPD.
18)   Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan mempersiapkan bahan untuk presentasi.
Data verification (Menguji hasil)
Generalization (menyimpulkan)
Mengkomunikasikan
19)  Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil percobaannya di depan kelas.
20)   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik dari masing-masing kelompok untuk menanggapi hasil presentasi.
21)  Guru menampilkan kesimpulan dari percobaan yang telah peserta didik lakukan.
22)   Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja terbaik.
PENUTUP
20 Menit
23)  Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya guna mengulas kembali materi yang tidak di pahami mulai dari materi di BFPD dan materi yang telah di ajarkan pada pembelajaran ini.
24)  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengerjakan latihan soal secara berkelompok dan menampilkan jawaban latihan
25)  Guru mengarahkan peserta didik utnuk mengerjakan soal evaluasi secara individu.
26)  Guru memberi penjelasan tambahan dan makna dari hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari melalui pesan-pesan moral
27)  Guru melakukan refleksi pembelajaran dengan menanyakan kepada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
28)  Guru menyampaikan tugas yang akan dikerakan oleh peserta didik di luar kelas.
29)  Guru Memberikan PR (jika ada peserta didik yang wajib)
30)  Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama peserta didik dan mengucapkan salam




VIII.        Alat Dan Sumber Belajar
1.      Alat dan Bahan
-          LCD
-          Laptop
-          Perangkat percobaan Hukum II Newton
2.      Sumber Belajar
-          BFPD
-          LKFPD
-          Sumber lain yang relevan
-          Lingkungan Sekitar
IX.    Penilaian Proses Dan Hasil Belajar
1.      Teknik            : Tes
2.      Bentuk           :
·         Tes kognitif produk (uraian)
·         Tes keterampilan (lembar pengamatan)
·         Tes sikap sosial (lembar pengamatan)
·         Tes sikap spiritual (lembar pengamatan)
3.      Instrumen       :
·         Sikap spiritual (Lamp. 1)
·         Sikap sosial (Lamp. 2)
·         Kognitif produk (Lamp.3)
·         Keterampilan (Lamp.4)



X.    Daftar Pustaka
Nufus, Nurhayanti dan Furqon. 2009. FISIKA untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan.
Su’ud, Zaki. 2011. PHYSIC Bringing Science to Your Life SMA/MA Grade X. Jakarta : Bumi Aksara







Makassar,      Januari 2016
Pendidik



(Yuhlisa Hasliana)



LAMPIRAN I. SIKAP SPIRITUAL
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
PETUNJUK :
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2. berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
Nama Peserta Didik    : ......................
Kelas                           : ......................
Materi Pokok              : ......................
Tanggal                       : ......................
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Peserta didik semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari hukum II Newton




2
Peserta didik berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan




3
Peserta didik mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan




4
Peserta didik memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum




5
Peserta didik mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya




Jumlah




Petunjuk Penskoran :
Konversi tanda cek (√) yang diisi peserta didik sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



LAMPIRAN II. SIKAP SOSIAL
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP SOSIAL
Kelas                           : ............................
Hari, tanggal               : ............................
Materi Pokok/Tema     : ............................
No
Nama Peserta Didik
Sikap
Ket.
Rasa Ingin tahu
Hati-Hati
Kerja Sama
Toleransi

1






2






3






4
Kriteria penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang
tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering
tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Petunjuk penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



LAMPIRAN III. KOGNITIF PRODUK
TES TULIS KOGNITIF PRODUK
Bentuk Soal : Uraian
Indikator Soal
Soal
No
Hubungan antara gaya, massa, dan percepatan pada katrol
Perhatikan data hasil percobaan berikut !
Lengkapilah tabel tersebut dan tentukan besarnya percepatan yang dialami oleh benda untuk ketiga data tersebut !
U1
Sebuah benda A yang massanya 20 kg ditarik oleh benda B menggunakan katrol seperti pada gambar. Ketika power suplly dinyalakan, jarak yang ditempuh benda yaitu 4 m, 5 m, 6 m dengan t = 1 sekon sehingga kecepatannya 0.25 m/s, 0,16 m/s, 0.14 m/s. Apabila beban bertambah sebanyak 2m, jarak yang ditempuh benda yaitu 7 m, 8 m, dan 9 m dengan t = 2 sekon. tentukanlah percepatan yang dialami oleh beban!
U2
Jumlah


Rubrik Penilaian :
No
Kunci Jawaban
Skor Maksimum
U1
Dik.
Data 1
v0 = 0.00, v1 = 0.08, v2 = 0.14, v3 = 0.028, v4= 0.32
Data 2
v0 = 0.00, v1 = 0.205, v2 = 0.3, v3 = 0.42, v4= 0.52
Data 3
v0 = 0.00, v1 = 0.33, v2 = 1.005, v3 = 1,76, v4= 2.98
t = 0.1 s
Dit. v dan a ….. ?
Peny.
Untuk mencari v(kecepatan) gunakan persamaan ;
v = s/t sehingga :
20









5



5






















5


5


5


5
U2
Dik . m1 = 0.02 kg, m2 = 2m1 = 0.04 kg
s1 = 7 m, s2 = 8 m, dan s3 = 9 m
t = 2 sekon
Dit. a …. .. ?
Peny. a =
Vt = s / t
Shg : v1 = 0.14 ms‑1, v2 = 0.12 ms‑1 , v3= 0.11 ms‑1
a =  
= 0.055 ms‑2

50

Jumlah
100

Nilai = skor diperoleh/skor maksimum x 100



LAMPIRAN IV. KETERAMPILAN
Instrumen Penilaian Tes Praktik
Nama atau Kelompok  peserta didik yang dinilai       : ...............
Kelas / No                                                                   : ..............
No
Indikator
Hasil Penelitian

4 (sangat baik)
3 (baik)
2 (cukup)
1 (kurang)
1
Menyiapkan alat dan bahan




2
Deskripsi pengamatan




3
Melakukan praktik




4
Membuat laporan hasil praktik




5
Mempresentasikan hasil praktik




Jumlah Skor Yang Diperoleh




Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1
Menyiapkan alat dan bahan
1. Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan
2. Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang diperlukan
3. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan
4. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan dalam kondisi siap digunakan
2
Deskripsi pengamatan
1. Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan.
2. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap dan kurang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
3. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
4. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
3
Melakukan praktik
1. Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.
2. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
3. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
4. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada dengan benar.
4
Menuliskan hasil praktik
1.      Tidak mampu menuliskan hasil praktik sesuai dengan prosedur yang ada
2.       Mampu menuliskan hasil praktik dengan sebagian prosedur yang ada
3.      Mampu menuliskan hasil praktik dewngan prosedur yang ada
4.      Mampu menuliskan hasil praktik dengan prosedur yang ada dengan baik dan benar
5
Mempresentasikan hasil praktik
1. Mampu mempresentasikan hasil praktik secarasubstantif masih ada kesalahan, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
2. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
3. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan  benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
4. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah  dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.

Kriteria Penilaian :







Artikel Terkait


EmoticonEmoticon