RPP Fisika Kelas XI materi Termodinamika K.D 3.9

Tags

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA (RPP)
Satuan Pendidikan      : 
Kelas/Semester            : XI/2
Mata Pelajaran           : Fisika
Materi Pokok              : Termodinamika
Pertemuaan Ke-          : 2
Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit


I.     Kompetensi Inti (KI)
A.     Kompetensi Inti Sikap Spritual (KI1)
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
B.     Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI2)
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C.     Kompetensi Inti Pengetahuan (KI3)
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D.     Kompetensi Inti Keterampilan (KI4)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
II.  Kompetensi Dasar (KD)
A.     Kompetensi Dasar Sikap Spritual
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik matahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi


B.     Kompetensi Dasar Sikap Sosial
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
C.     Kompetensi Dasar Pengetahuan
3.9  Mendeskripsikan hukum-hukum termodinamika dan penerapannya dalam teknologi
D.     Kompetensi Dasar Keterampilan
4.9  Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara tekanan, suhu, dan volume gas pada sebuah ruang tertutup

III.    Indikator Pencapaian Kompetensi
A.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1     Menyatakan kebesaran Tuhan yamg menciptakan keteraturan karakteristik matahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi
1.1.2     Menyatakan kebesaran Tuhan yamg menciptakan keteraturan karakteristik matahari dan bumi dengan segala kompleksitanya masing-masing
1.2.1      Memyatakan kebesaran tuhan mengatur peredaran bumi mengelilingi matahari sehingga terjadi siang dan malam.
1.2.2      Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan bumi dan matahari sehingga terjadi berbagai jenis cuaca dan iklim.
B.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1   Menampilkan perilaku rasa ingin tahu ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2   Menampilkan perilaku jujur ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.3   Menampilkan perilaku teliti dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1   Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di  dalam dan di luar jam pembelajaran.
2.2.2   Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Penegetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
1.      Kognitif Produk
a.       Mendefenisikan pengertian usaha dan kalor
b.      Menguraikan bunyi hukum I termodinamika

2.      Kognitif Proses
a.       Menghitung
b.      Merumuskan masalah
c.       Merumuskan hipotesis
c.       Merencanakan percobaan
d.      Mengolah data
e.       Menyimpulkan
D.     Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan (KD-KI 4)
Disediakan seperangkat alat percobaan sesuai dengan rincian tugas yang ditentukan di LKFPD meliputi :
1.      Merangkai alat dan bahan percobaan hukum I termodinamika
IV.    Tujuan Pembelajaran
1.      Diberikan fenomena yang menggambarkan usaha dan kalor yang ada pada kehidupan sehari-hari, peserta didik berdiskusi dan memahami konsep usaha dan kalor, sehingga peserta didik bertambah keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap karakteristik bumi dan matahari.
2.      Diberikan perangkat percobaan, peserta didik melakukan percobaan secara berkelompok secara hati-hati untuk dapat membuktikan bunyi hukum I termodinamika dengan tepat, sehingga peserta didik dapat bertambah keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap karakteristik bumi dan matahari.
V.       Materi Pembelajaran
A.     Pendahuluan
Keutamaan Hukum I Termodinamika
1.      Landasan Spiritual
Dukungan Al-Qur’an dan Hadist
2.      Landasan Kearifan Lokal
Dukungan Pesan-pesan Tau Riolo
3.      Landasan Karakter
Kejujuran ilmiah didukung oleh teliti, hati-hati, dst
B.     Hukum I termodinamika
1.      Pengertian Usaha, Kalor, dan Energi Dalam
2.      Hukum I Termodinamika
VI.    Model dan Metode Pembelajaran
Model       : Discovery Learning
Metode     : Tanya jawab, diskusi, dan melakukan percobaan




VII. Kegiatan Pembelajaran
A.     Apersepsi (15 menit)
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik.
Menjawab salam dan menjawab pertanyaan dari guru.
1 menit

Mengabsen peserta didik.
Mendengarkan absen.
1 menit

Menciptakan kesiapan belajar peserta didik :
·         menanyakan niat siswa datang ke sekolah dan memberitahukan bahwa “sesungguhnya  setiap amalan hanya tergantung dengan niat-niatnya dan setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang ia niatkan.
·         Menyampaikan apa pokok bahasan materi yang akan dipelajari hari ini
·         Mengajak siswa untuk bersyukur atas nikmat Allah SWT yang telah menciptakan Memberikan contoh lain salah satu nikmat Allah yang mungkin hanya hal kecil tetapi sesungguhnya sangat patut kita syukuri seperti yang tertuang pada ayat Fa-biayyi alaa’i rabbi kumaa tukadzdzi banyang artinya “maka nikmat Tuhan-mu manakah yang kamu dustakan?” ayat ini bahkan berulang sebanyak 31 kali dalam QS. Ar-rahman,, yang menandakan betapa pentingnya kita untuk bersyukur karna sesungguhnya nikmat Allah sangatlah banyak
Mendengarkan perintah dengan :
·         Menyimak apa yang dikatakan oleh guru dan menyampaikan niatnya untuk datang kesekolah





·         Menyimak apa yang disampaikan oleh guru

·         Menyimak apa yang dikatakan oleh guru














10 menit

Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Membacakan tujuan pembelajaran

·         Menyimak apa yang disampaikan oleh guru

2 menit

Membimbing doa sebelum belajar yang dipimpin oleh ketua kelas.
Berdoa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran yang dipimpin oleh ketua kelas.
1 menit


B.     Inti (105 menit)
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Mengingatkan kembali peserta didik dengan materi sebelumnya
·         Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang “apa perbedaan suhu dan kalor?
“Apa itu usaha?” “Dan apa hubungan kedua pertanyaan tersebut dengan termodinamika?”



·         Menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh pendidik
5 menit

Memberikan penjelasan singkat tentang materi
Menyimak dan mencatat yang dianggap penting
5 menit

Memberikan contoh soal
·         Menunjuk salah satu dari siswa untuk mengerjakan di papan
·         Mencocokkan jawaban siswa dengan jawaban yang benar

Mengerjakan contoh soal
10 menit

Membagikan LKFPD dan menyampaikan bahwa harus mengerjakan LKFPDnya harus kerjasama tim juga  selama proses pengerjaan percobaan ditekankan kepada peserta didik untuk mengerjakan dengan jujur, teliti, dan hati-hati serta menjaga kebersihan karena kebersihan merupakan sebagian dari iman.
Peserta didik melakukan percobaan seperti yang ada pada LKFPD dengan hati-hati secara berkelompok.
40 menit

Membantu peserta didik yang kesulitan dalam mendeskripsikan hasil percobaannya
Setiap kelompok mendeskripsikan hasil percobaannya
20 menit

Memberi kesempatan kepada salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kegiatannya kelompok lain apakah hasil yang didapatkan sama dengan kelompok yang melakukan presentasi atau tidak
Setiap perwakilan  kelompok membacakan jawaban LKFPDnya

10 menit
Meminta peserta didik untuk membuat rangkuman tentang apa saja materi yang telah dipelajari dan menekankan kepada peserta didik agar mengerjakan dengan jujur dan tidak menyontek sesuai janji yang telah mereka ucapkan di awal pembelajaran
Membuat rangkuman materi dengan tenang
15 menit


C.     Penutup (15 menit)
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal terkait pembelajaran. Setiap peserta didik boleh memilih soal yang mereka anggap mudah untuk di kerjakan. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami pembelajaran dan mengimplementasikannya.
Mengerjakan soal dengan tenang
13 menit

Meminta ketua kelas untuk memimpin do’a agar apa yang dilakukan pada hari ini dapat bernilai ibadah  & bermanfaat
Ketua kelas memimpin do’a
1 menit

Menutup pembelajaran dan mengucapkan salam
Menjawab salam
1 menit


I.          Alat Dan Sumber Belajar
1.      Alat dan Bahan
-          BFPD
-          Perangkat percobaan (LKFPD)
2.      Sumber Belajar
-          Air
-          Lingkungan Sekitar
II.       Penilaian Proses Dan Hasil Belajar
1.      Teknik            : Tes
2.      Bentuk            :
·         Tes kognitif produk (uraian)
·         Tes keterampilan (lembar pengamatan)
·         Tes sikap sosial (lembar pengamatan)
·         Tes sikap spiritual (lembar pengamatan)
3.      Instrumen       :
·         Sikap spiritual (Lamp. 1)
·         Sikap sosial (Lamp. 2)
·         Kognitif produk (Lamp.3)
·         Keterampilan (Lamp.4)
LAMPIRAN I. SIKAP SPIRITUAL
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
PETUNJUK :
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2. berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
Nama Peserta Didik     : ......................
Kelas                           : ......................
Materi Pokok               : ......................
Tanggal                        : ......................
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Peserta didik semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari hukum I Termodinamika




2
Peserta didik berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan pembelajaran




3
Peserta didik mengucapkan rasa syukur atas segala nikmat Tuhan




4
Peserta didik memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum




5
Peserta didik mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya




Jumlah




Petunjuk Penskoran :
Konversi tanda cek (√) yang diisi peserta didik sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



LAMPIRAN II. SIKAP SOSIAL
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP SOSIAL
Kelas                           : ............................
Hari, tanggal                : ............................
Materi Pokok/Tema     : ............................
No
Nama Peserta Didik
Sikap
Ket.
Rasa Ingin tahu
Hati-Hati
Kerja Sama
Toleransi

1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






Jumlah


Kriteria penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang
tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering
tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Petunjuk penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



LAMPIRAN III. KOGNITIF PRODUK
TES TULIS KOGNITIF PRODUK
Bentuk Soal : Uraian
Indikator Soal
Soal
No
Menguraikan bunyi hukum I termodinamika

Sebuah sistem terdiri atas 4 kg air pada suhu 73 °C, 30 kJ usaha dilakukan pada sistem dengan cara mengaduk, dan 10 kkal panas dibuang.
(a) Berapakah perubahan tenaga internal sistem? (b) Berapa temperatur akhir sistem?

U1
Sebutkan bunyi Hukum I termodinamika!

U2
……………………….
U3
……………………….
U4
……………………….
U5
Jumlah


Rubrik Penilaian :
No
Kunci Jawaban
Skor Maksimum
U1
Diketahui :
m = 4 kg,
T1 = 73° C = 273 + 73 = 346 K
Jawab :
a. Usaha yang dilakukan W = -30 kJ, kalor yang keluar
Q = -10 kkal =10 x 4,18 kJ = 41,8 kJ.
Tenaga internal sistem adalah :

ΔU = Q – W = -41,8 kJ + 30 kJ = -11,8 kJ

b. masih ingat tentang kalor yang diperlukan untuk mengubah suhu sistem bukan?
Q=mcΔT
Karena Q bernilai negatif maka suhu menjadi turun.
ΔT = 11,8 kJ/((4,18kJ/kg°C)(1,5)) = 1,88°
Jadi, suhu akhir sistem adalah 73 – 1,88 = 71,12 °C
5
U2
Bunyi hukum I termodinamika menyatakan bahwa “Panas yang ditambahkan pada suatu sistem sama dengan perubahan energi internal sistem ditamabh usaha yang dilakukan oleh sistem”
5
U3
..
..
U5
..
..
U5
..
..
Jumlah
25

Nilai = skor diperoleh/skor maksimum x 100



LAMPIRAN IV. KETERAMPILAN
Instrumen Penilaian Tes Praktik
Nama atau Kelompok  peserta didik yang dinilai         : ...............
Kelas / No                                                                    : ..............
No
Indikator
Hasil Penelitian

4 (sangat baik)
3 (baik)
2 (cukup)
1 (kurang)
1
Menyiapkan alat dan bahan




2
Deskripsi pengamatan




3
Melakukan praktik




4
Membuat laporan hasil praktik




5
Mempresentasikan hasil praktik




Jumlah Skor Yang Diperoleh




Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1
Menyiapkan alat dan bahan
1. Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan
2. Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang diperlukan
3. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan
4. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan dalam kondisi siap digunakan
2
Deskripsi pengamatan
1. Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan.
2. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap dan kurang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
3. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
4. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
3
Melakukan praktik
1. Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.
2. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
3. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
4. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada dengan benar.
4
Menuliskan hasil praktik
1.      Tidak mampu menuliskan hasil praktik sesuai dengan prosedur yang ada
2.       Mampu menuliskan hasil praktik dengan sebagian prosedur yang ada
3.      Mampu menuliskan hasil praktik dewngan prosedur yang ada
4.      Mampu menuliskan hasil praktik dengan prosedur yang ada dengan baik dan benar
5
Mempresentasikan hasil praktik
1. Mampu mempresentasikan hasil praktik secarasubstantif masih ada kesalahan, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
2. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
3. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan  benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
4. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah  dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.

Kriteria Penilaian :




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon