Cara Mengakses Website Simpadu atau sistrans Kampus yang Sedang sibuk

Telah membudaya dan sudah diketahui bersama dikalangan mahasiswa bahwa pada hari-hari dimana pengurusan KRS (kartu Rencana Studi) dibuka, maka pada hari itu pula website pengurasan KRS susah untuk diakses. Penyebabnya adalah banyaknya mahasiswa yang mengakses atau berusaha loging ke website tersebut secara bersamaan.

Banyaknya mahasiswa yang mengakses membuat server kewalahan sehingga membatasi user yang dapat loging. Masalah ini tidak hanya dialami oleh werbsite kampus tetapi hampir semuah website akan mengalami hal serupa jika di bombardir pengguna secara bersamaan. Contohnya, website pendaftaran Asn juga sempat mengalami hal yang sama. 

HP Baru 2019 Spesifikasi dan Harga Huawei Y6 Pro

Idikasi seperti loading halaman yang tidak bekesudahan atau muncul pesan Website Busy dan sejenisnya adalah indikasi dari server website yang sudah down. Jadi bagaimana cara mengatasinya ? mari kita ulas.

Cara ini sebenarnya tidak serta merta membuat anda bisa mengakses website sibuk tersebut. Melainkan memberikan peluang atau probabilitas lebih tinggi untuk mengakses website tersebut lebih dulu dibandingkan dengan pengguna lainnya. 

Mengakses Website Simpadu/sistrans yang sibuk dengan Ping Jaringan


Ping jaringan bermaksud untuk mempercepat pengaksesan suatu website dengan membookmart IP suatu web site di komuter atau laptop yang anda gunakan. Caranya :

1. Akses CMD. Dapa dilakukan dengan menggunakan Run yaitu dengan menekan tombol Control + R. Kemudian pada jendela Run ketikkan CMD kemudian tekan enter.

2. Akan muncul jendela CMD, kemudian masukkan kode : ping Alamat websiter kampus anda dan tekan enter.

Contoh jika anda ingin mengakses sistrans.unm.ac.id maka masukkan kode :Ping sistrans.unm.ac.id

3. Cata IP website Hasil Pinging tersebut.



4. Tidak berhenti disitu, selajutnya buka windows Explorer kemudian cari C:\Windows\System32\drivers\etc\hosts, kemudian buka dengan menggunakan notepad.



5. Selanjutnya copy dan pastekan hasil pingin ID website tadi tepat di bagian paling bawah file Hosts yang anda buka dengan nootepad tadi kemudian tekan Ctrl + S untuk mensave.



6. Selanjutnya tinggal coba akses kembali website simpadu/sistrans yang tadinya sibuk. 

Dengan cara ini setidaknya akan meningkatkan probabilitas pengaksesan oleh IP perangkat anda. Sehingga cara ini patut anda coba.

Sekian dan terimah kasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon