Tutorial Lengkap Cara Membuat Toko Online Sendiri dengan Mudah via Blogspot

Di jaman Information Technology seperti yang dirimu dan diriku rasakan saat ini Online Marketing adalah salah satu bentuk usaha penghasil profit yang patut di tekuni. 

Memangsih saat ini sudah banyak Website yang menyediakan jasa lapak online seperti Misalnya Tokopedi, Shopee, Lazada dan sejenisnya cukup dengan mendaftar dan membuat akun sehingga orang-orang cenderung lebih memilih website tersebut. Namun tentu saja mempunyai Website Toko online sendiri memberikan Value tersendiri bagi pemiliknya. 

Nah jika anda ingin membuat toko online sendiri ! tanpa pertele-tele lagi berikut Tutorial Lengkap Cara Mudah Membuat Toko Online Sendiri yang kami buat dengan langkah semudah disertai gambar lengkap agar anda bisa menerapkanya tanpa kendala. 

Artikel Menarik lainnya : Tips Cara Sukses Menjadi Dropshipper Marketplace 

Ada beberapa Step untuk membuat Toko Online sendiri yaitu daftar Blogspot, Pengaturan blogspot, Upgrade TLD, dan Plus cara memposting jualan. 



    Mendaftar Blogspot & Membuat Blog

    Blogspot adalah salah satu platform blogging terbaik di dunia. Keunggulan utama dari platform ini adalag 100 % free dan juga anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa hosting


    Sekedar info hosting adalah tempat atau ruang untuk menampung data-data suatu web agar dapat di tampilkan di internet. Misalnya anda mengupload gambar produk maka gambar tersebut akan di ulpload ke Hosting tadi. 

    Untuk Mendaftar blogspot silahkan masuk ke link ini  Blogspot. Nah, pada beranda klik "CREATE YOUR BLOG"




    Kemudian lakukan registrasi dengan memasukkan gmail dan password anda pada form yang disediakan.



    Selanjutnya masukkan nama profile blog anda sebagai owner blog toko online nantinya.




    Jika Sudah selesai dan berhasil maka anda akan diarahkan ke dasboar blogspot.  Pada halaman dashboar tersbut pilih Create New Blog



    lalu pada jendela blogs list isikan sesuai dengan identitas blog anda. 
    1. Title : Masukkan nama toko online anda
    2. Address : adalah alama URL blog anda nantinya. Akan dibha lebih lanjut pada point berikutnya
    3. Theme : adalah tema halaman toko online anda. Catatan mengenai tema awal yang disediakan Platform blogspot tidak ada tema toko online. Untuk bagian ini kita akan bahas di point berikutnya. jadi pilih asalan aja.
    4. konfirmasi dengan mengklik Create Blog 



    Sekaran anda telah membuat sebuah Blog dasar.


    Pengaturan Blog Toko Online

    kita Mulai dari mengubah bahasa menjadi bahasa indonesia agar lebih mudah nantinya. Caranya cukup mudah, biarkan gambar yang berbicara.


    kemudian tekan Save setting. Belum selesai sempai disitu sekarang anda harus merubah bahasa akun google anda. Caranya tepat diatas ss diatas ada tulisan sepeti berikut. 


    Pilih dan klik Google Account Settings. Selanjutnya akan teruka halaman pengaturan bahasa akun google. Pada opsi bahasa pilih Indonesia. 

    Ok done. Kembali ke dasboard blog anda dan coba refresh halamannya. Sekarang seharusnya bahasanya sudah familiar.

    Sekarang coba buka halaman blog anda dengan menekan tombol lihat blog. Akan Tampak tampilan blog anda, pasti agak berbeda dari bayangan karena thema yang anda gunakan bukan tema toko online.

    Jadi bagaimana ?

    Ya, Anda Harus memasang tema yang selanjutnya akan disebut tamplate toko online. Tamplate ini murni karya pada desainer blog, jadi Tamplate ini juga ada dua versi yaitu premium dan gratisan. Tamplate premium tentu saja Not free biasanya dibandrol dengan harga 100 - 300 Ribu untuk lisency Standar.

    Tapi ya masih ada opsi lain yaitu tamplate gratisan. Untuk itu anda bisa mencari digoogle dengan kata kunci "tamplate Blog Toko Online". Sebagai rekomendasi
    anda bisa mninjau dan melihat Tamplate Bernama BloggerSore.

    Coba anda download dan ingat baik-baik lokasi penyimpanan file downloadnya. jika File dalam bentuk .Rar (winrar Arsip) extrak terlebih dahulu.

    Kemudian kembali fokus pada Dashboard Blog anda. Pada dashboard pilih tab tema, kemudian pilih backup/pulihkan.


     Kemudian klik Choose File, dan cari file Tamplate yang tadi anda download. Pilih file yang berformat .XML. Kemudian Pilih Upload



    Sekarang coba liha blog anda kembali. tampilan anda sekarang telah berubah. yang anda butuhkan sekarang adalah mengisi dengan konten/produk yang anda ingin pasarkan atau pasang di blog toko online anda.


    Cara Memposting Jualan

    Pada dashboar blog masuk ke Postingan Kemudian Pilih Entri Baru. 


    Selanjutnya anda akan dibawah ke halaman untuk mengetik. Anda tinggal menambahkan gambar dan keterangan dan tentu saja pasang harganya.

    kemudian jika telah selesain Tekan Publish. Coba cek toko online anda sekarang sudah ada satu produk siap dibeli. 

    Sampai disini toko online anda sudah jadi dan bisa digunakan

    Upgrade Domain TLD

    Poin ini sebenarnya hanyalah opsi opsional. Maksud opsional adalah anda bisa saja melewatkanya tanpa masalah, kalau tidak mau Uprade domain TLD tidak masalah. Namun tentu saja Upgrade domain TLD ini adalah hal yang penting untuk usaha toko online ada skala jangka panjang.

    Domain TLD tidak gratis anda harus menyewa domain ini pertahun dengan biaya bervariasi tergantung nama domain. 

    Sekali lagi jika anda merasa tidak butuh Upgrade Domain atau anda saat ini tidak mau dulu mengupgrade domain maka and bisa melakukannya lain waktu, kapan saja anda inginkan.

    Namun jika anda ingin melakukanya sekarang berikut langkah yang bisa anda tempuh.

    Sebelumnya kita bahas dulu apasi Domain TLD itu ?

    Masih di dashboard blogspot coba anda klik View Blog dipojok kiri atas dibawah nama blog. 


    Maka anda akan dibawah ke tampilan dasar blog anda, coba perhatikan kolom URL browser anda. 


    disitu ada 3 kata yang diantarai oleh titik yaitu Tokoonlinequ1.Blogspot.com (sesuai nama yang saya buat). 

    Coba anda bandingkan dengan URL toko online populer seperti misalnya Tokopedia.com tahukah anda Apa perbedaan mendasarnya ?

    Ya, Perbedaanya adalah ada tulisan blogspot sebelum domain (.com). Ini artinya
    untuk versi gratisan harus menggunakan subdomain platform  anda yaitu blogspot. 

    Dengan melakukan Upgrade domain maka tulisan Blogspot akan hilang dan menjadi Tokoonlinequ1.com. Sekarang stukturnya mirip dengan tokopedia.com.

    Untuk menyewa domain anda bisa menyewanya di website penyedia salah satunya yaitu Rumahweb dengan alamat https://order.rumahweb.com.

    #1 Buka alamat tersebut.

    #2 Gunakan fitur pencaan untuk mencari nama dan pilih salah satu domain yang anda inginakan, Misalnaya .com atau bisa juga .shop.


    Jika nama tersedia maka akan muncul list nama berserta domain


    tahapan selanjutnya bisa anda ikuti di artikel  sini.

    Ok, sekian kami berusaha menjelaskan sebaik mungkin namun jika ada bagian yang tidak anda mengerti anda bisa meningalkan pertanyaan di kolom komenta di bagian bawah postingan.

    Sekian dan thanks semoga membantu.

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon