4 Keuntungan Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk Karir anda Non-PNS


Salah satu Opsi atau jalan yang bisa di ambil para lulusan sarjana pendidikan fresh Graduate yang belum mengajar (non-PNS)adalah menempuh PPG (Pendidikan Profesi Guru). Meskipun faktanya bahwa Opsi untuk melanjutkan PPG masih kurang peminat. Hal tersebut karena mayoritas lebih memilih Melanjutkan Studi S2 yang dianggap lebih menguntungkan untuk karir mereka.

Pertimbangan lainnya adalah prihal biaya PPG yang tidak jauh berbeda dengan S2. Meskipun demikian PPG atau pendidikan Profesi Guru sebenarnya juga tidak kalah dalam hal penunjangan karir sebagai calon pendidik. Hal yang membuat PPG kurang peminat adalah karena para pendidik belum tahu keuntungan dan kelebihan Mengikuti Program pendidikan Profesi Guru ini.


Nah untuk itu melalui artikel ini kita akan membahasa keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk karir anda sebagai pendidik. 

1. Meningkatkan 60% peluang untuk terangkat menjadi PNS/ASN


Berdasarkan Permen PAN-RB tahun 2018 dijelaskan bahwa :
" Pendaftar formasi umum jabatan Guru yang memiliki sertifikat pendidik yang dikeluarkan Kementrian pendidikan dan kebudayaan, tidak diperlukan mengikuti seleksi kompetensi Bidang" .

Dengan artian lain peserta CPNS yang lolos SKD dan mempunyai setifikat pendidik yang diperoleh dari PPG mendapat point penuh untuk seleksi Kompetensi Bidang tanpa harus tes SKB.

Karena hitungan Point Tes CPNS 40 % SKD dan 60% SKb berabrti anda yang sudah mengikuti PPG sudah mengantongi 60% peluang untuk lulus dan menjadi PNS.

2. Mendapat Ilmu dan Gelar Tambahan


Pendidikan Profesi Guru bagi anda yang mengikutinya tentu akan di bekali dengan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang tenaga pendidik yang handal. Pendidik akan difokuskan pada materi bagaimana mengefektifkan pembelajaran melalui bimbingan praktek lapangan selama 6 bulan.

Anda akan dibimbing oleh tenaga ahli yang sudah professional dibidangnya tentang metoted, pendekatan, model pembelajran, teknik sampai ke pada tahap dasar sebagai pendidik yaitu bagaimana menyusun RPP yang baik dan benar.

Selain itu bagi and ayang telah menyelesaikan studi PPG ini, nantinya akan memperoleh gelar tambahan yaitu gelar Gr. 

3. Mempermudah Urusan Sertifikasi


Lebih jauh dalam jalan karir seorang pendidik adalah tunjangan khusus berupa sertifikasi. Sertifikasi atau sering dikonotasikan sebagai doubel gaji merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah kepada para guru.

Salah satu syarat bagi para pendidik baik itu PNS ataupun Honorer adalah mempunyai sertifikat pendidik. Dimana sertifikat pendidikan hanya dapat diperoleh setelah mengikuti PPG (pendidikan profesi keguruan). Jadi mau tidak mau seroang pendidik pasti mengikuti PPG.

4. Peluang lapangan Kerja lebih Banyak


Skill dan pembuktian de jure melalui gelar Gr yang anda terimah sebagai bukti telah menyelesaikan Studi Profesi Guru (PPG) dapat meningkatkan prospek peluang kerja untuk anda yang belum yang Non-PNS. 

Misalnya dengan setifikat pendidik yang anda pegang dapat digunakan untuk mendaftar Sebagai GGD dan SILD. GGD adalah singkatan untuk guru garis depan yaitu pendidik yang ditempatkan di daerah 3T. Sementara itu SILD adalah singkatan dari Sekolah Indonesia di Luar Negeri,anda bisa mengabdikan diri anda untuk mengajar di luar negeri. 

Nah Bagaimana ? sekarang setidaknya anda sudah punya prospek tentang potensi yang bisa anda peroleh dari PPG.

Semoga bermanfaat dan tinggalkan komentar anda sebagai jejak kehadiran anda di blog kami sekian dan terimah kasih. Semoga Allah subehana wataala senang tiasa menlimpahkan reski bagi pembaca sekalian.

Artikel Terkait

3 komentar

Terima kasih untuk ilmunya kak.
Bismillah semoga nanti bisa ikut juga PPG.
AAMIIN

Apakah kah kalo sudah PPG berarti langsung di gaji sertifikasi


EmoticonEmoticon